air-kaldu-jadi-bb-booster

Kupas Tuntas, Mitos atau Fakta Air Kaldu atau Bone Broth Bisa Jadi BB Booster untuk Anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Agatha Febrina Sp.A

Hai, AyBun!

Pasti sering dengar, kan, akhir-akhir ini lagi rame banget dibicarakan tentang informasi seputar manfaat air kaldu atau bone broth yang katanya bisa meningkatkan berat badan Si Kecil.

Nah, ada baiknya sebelum mencoba memberi Si Kecil air kaldu, AyBun coba cari tau dulu, apa benar air kaldu sudah terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan berat anak? Kandungan apa sih yang membuat ia begitu ampuh?

Kali ini, Tentang Anak coba kupas, apa benar air kaldu atau bone broth bisa jadi BB booster alias penambah berat badan untuk anak. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Air Kaldu atau Bone Broth?

Mungkin sebagian dari AyBun sudah tahu kalau air kaldu merupakan hasil rebusan tulang, daging, atau sayuran yang dimasak dalam waktu lama. 

Kaldu ini kaya akan nutrisi karena selama proses pemasakan, berbagai zat gizi dari bahan-bahan tadi larut ke dalam air. Rasanya yang gurih dan lezat juga bisa jadi penambah cita rasa makanan untuk nikmat buat makanan si kecil.

Manfaat Air Kaldu atau Bone Broth

Meskipun banyak yang bilang kalau kaldu tulang atau bone broth bagus buat kesehatan usus, tapi hasil penelitian belum bisa mendukung klaim ini. Apalagi klaim bahwa kaldu tulang bisa bantu mengurangi risiko peradangan di usus, perlu penelitian lebih lanjut tentang itu.

Lebih lanjut, air kaldu atau bone broth juga punya beberapa kandungan yang secara ilmiah terbukti baik untuk tubuh, antara lain:

1. Sumber Protein yang Mantap

Kaldu tulang itu kaya akan protein, lho! Hasil studi tahun 2018 di International International Journal of Sports Medicine and Exercise Metabolism menunjukkan bahwa kaldu tulang punya nutrisi penting yakni kolagen untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Kaldu tulang juga punya asam amino seperti glisin dan prolin, yang membuat otot Makin kuat dan bisa cepat pulih. Jadi, kaldu tulang itu bagus banget buat Anak yang gemar berolahraga agar bisa bergerak lebih kuat dan cepat pulih!

2. Bisa Bantu Jaga Hidrasi

Kaldu tulang gak hanya kaya akan nutrisi protein dan kolagen, tapi juga membantu menjaga hidrasi berkat kandungan cairan dan elektrolitnya. Elektrolit seperti garam sangat penting dalam menjaga keseimbangan hidrasi tubuh dengan memperlancar aliran air dalam tubuh.

Manfaat kaldu tulang sangat signifikan terutama bagi ibu hamil dan pasca persalinan karena kemampuannya dalam menjaga hidrasi. Cairan kaya kolagen ini juga mendukung perkembangan tulang dan sendi janin.

3. Bisa Bantu Perbaiki Luka dan Kulit Lebih Elastis

Kaldu tulang, yang kaya akan kolagen, sudah terbukti bisa bantu proses penyembuhan luka dan kesehatan sendi. Selain itu, kandungan kolagen membuat kulit jadi lebih kencang dan elastis. WHoops! Tapi ini perlu juga didukung dengan perawatan kulit lain ya, AyBun.

4. Bisa Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Nutrisi dalam kaldu tulang bantu banget jaga kesehatan tulang dan sendi karena mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang jadi kontributor utama untuk menambah kekuatan tulang. 

Proses memasak kaldu tulang yang lama bisa bantu melepaskan nutrisi tambahan dan senyawa seperti glukosamin dan kondroitin, yang juga udah dikenal bantu jaga kesehatan sendi.

Benarkah Air Kaldu atau Bone Broth Bisa Menambah Berat Badan?

Lalu dari manfaat yang dijelaskan di atas terkait dengan manfaat air kaldu, apa benar air kaldu bisa menambah berat badan anak?

Faktanya, belum ada studi yang menyatakan bahwa air kaldu dapat bermanfaat langsung meningkatkan BB anak. Studi terbaru 2024 menunjukkan bahwa asumsi umum yang menyatakan bahwa “kaldu merupakan sumber nutrisi esensial” belum memiliki bukti ilmiah yang cukup.

Sampai saat ini pun belum ada rekomendasi dari buku KIA sebagai panduan nasional atau dari WHO sebagai panduan global untuk memasukkan kaldu sebagai salah satu komponen dari MPASI.

Namun, karena kaldu bisa meningkatkan nafsu makan dan memberikan tambahan nutrisi yang penting, ini bisa membantu anak mencapai berat badan ideal secara gak langsung. Intinya, air kaldu bisa jadi bagian dari pola makan sehat yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Kalau BB anak seret yang penting orang tua paham akar masalahnya, apakah ada masalah pada fisik anak atau mungkin lagi tumbuh gigi, hingga masalah neurologis yang mungkin sedang mengganggu nafsu makan anak. 

Jadi sampai saat ini belum ada jalan pintas untuk mengatasi masalah meningkatkan BB anak, termasuk memberikan kaldu. AyBun gak sendiri kok, mari kita perjuangkan bersama BB yang ideal itu 🥹🤗

Baca juga: Cara Cegah Anak Menjadi Picky Eater Sebelum Mulai MPASI

Penutup

Itulah penjelasan mengenai fakta tentang air kaldu atau bone broth, jadi perlu diingat bahwa air kaldu belum terbukti secara ilmiah bisa menambah berat badan anak. 

Nah untuk AyBun yang tertarik mencari resep kaldu yang sehat dan lezat untuk Si Kecil, jangan lupa cek fitur aplikasi resep yang kaya akan ide-ide resep bergizi dan bermanfaat. Atau untuk AyBun yang ingin memantau pertumbuhan Anak bisa ke fitur tumbuh.

Yuk berjuang besama kita usahakan berat badan yang ideal untuk Si Kecil

Artikel Terkait

Lihat Semua