Asah Kecerdasan Anak dengan Bercerita Senandung Kejora

Liburan di rumah aja? Yuk, Asah Kecerdasan Anak dengan Bercerita

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Grace E. Sameve, M.A, M.Psi

Dalam suasana liburan di rumah, tak ada yang lebih menarik daripada mengisi waktu bersama keluarga dengan aktivitas yang bermanfaat. Salah satu kegiatan yang dapat memberikan pengalaman mengesankan sekaligus merangsang kecerdasan anak adalah aktivitas bercerita. 

Manfaat Cerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak

Meskipun terdengar sederhana, bercerita memiliki potensi besar untuk merangsang imajinasi,  meningkatkan kemampuan bahasa dan memperkuat ikatan emosional dengan si kecil. Berikut manfaat bercerita dalam mengasah kecerdasan anak:

Pengembangan Kosakata dan Bahasa

Membacakan cerita kepada anak-anak secara signifikan meningkatkan kosakata dan kemampuan bahasa mereka. Saat mendengarkan cerita, anak-anak terpapar pada kata-kata baru dan struktur kalimat yang lebih kompleks.

Hal ini membantu mereka memahami dan menguasai bahasa dengan lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering mendengarkan cerita memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik dibandingkan dengan yang jarang mendengar cerita.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Imajinasi

Bercerita dapat merangsang imajinasi anak dan membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Saat mendengarkan atau membaca cerita, anak-anak belajar membuat prediksi, memahami alur cerita, dan mengenali karakter serta motif mereka. Hal ini merupakan dasar untuk membentuk keterampilan berpikir kritis.

Mengembangkan Empati dan Pemahaman Sosial

Cerita sering kali mencakup berbagai karakter dan situasi yang mengajarkan anak-anak tentang beragam jenis emosi, hubungan sosial, dan nilai moral yang berlaku. Dengan memahami perasaan dan tindakan karakter dalam cerita, anak-anak belajar mengenali dan memahami emosi mereka sendiri serta orang lain. Ini membantu mereka mengembangkan empati dan keterampilan sosial yang lebih baik.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Cerita

Beberapa cara yang bisa dilakukan AyBun untuk meningkatkan kecerdasan anak melalui bercerita ialah: 

Membacakan Cerita Secara Teratur

Luangkan waktu setiap hari untuk membacakan cerita kepada anak-anak. Pilih berbagai jenis buku yang sesuai dengan usia dan minat mereka. Libatkan anak-anak dalam cerita dengan mengajukan pertanyaan tentang alur cerita dan karakter. Ini akan membantu mereka berpikir lebih dalam tentang apa yang mereka dengar dan lihat.

Menggunakan Buku Bergambar dan Interaktif

Memanfaatkan buku bergambar interaktif sangat efektif untuk menarik minat anak-anak dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam aktivitas bercerita. Buku-buku dengan ilustrasi yang menarik dan teks yang interaktif membantu anak-anak untuk lebih memahami cerita dan membuat proses membaca juga menjadi lebih menyenangkan.

Khususnya untuk anak-anak usia dini yang sedang mengenal di tahap eksplorasi, buku bergambar dengan warna-warna cerah dapat sangat membantu menarik perhatian mereka. Penting juga untuk memilih teks yang sesuai dengan pemahaman anak-anak.

Memilih buku cerita dengan beragam aktivitas juga dapat meningkatkan antusiasme anak. Aktivitas seperti menggambar garis, mencari objek tersembunyi, dan menebalkan huruf serta gambar, tidak hanya membuat anak lebih terlibat, tetapi juga melatih keterampilan motorik mereka.

Aktivitas ini juga membantu dalam mengintegrasikan kemampuan visual-motor, yang sangat penting untuk persiapan belajar, khususnya dalam menulis.

Berdiskusi Mengenai Isi Buku 

Selama maupun setelah selesai membaca cerita, ajaklah anak untuk berdiskusi tentang cerita yang dibaca. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka sukai dari cerita itu, apa yang akan ia lakukan jika di situasi tersebut dan ajak ia untuk membayangkan kelanjutan cerita berdasarkan yang sudah dibaca.

Penutup

Bercerita bukan hanya sebagai aktivitas menyenangkan, dengan membacakan cerita Aybun dapat merangsang perkembangan berbagai aspek kognitif anak, termasuk memahami narasi kompleks, mengenali karakter, menangkap tema cerita, dan memperluas kosakata mereka. 

Dari bercerita, Anak juga jadi memiliki pemahaman emosi dan kemampuan menyelesaikan konflik yang lebih baik, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis mereka.

AyBun juga dapat menggunakan Buku Senandung Kejora dari Tentang Anak yang berisikan sejumlah aktivitas bermanfaat bagi si Kecil. Mulai dari mengikuti pola, menggambar bentuk, dst.

Buku Senandung Kejora - Tentang Anak

Penulis: Rizki Ayu W.P. Ilustrator: Ismedy Prasetya. Penyunting: Grace Sameve, Mesty Ariotedjo, dan Gianti Amanda

Sinopsis:

Hari ini, Swara, Aluna, Gema, dan Nada akan bertualang. Ada lebih dari 10 tantangan menanti, mulai dari mencari jalan ke desa, menggambar burung di hutan cemara, sampai menebalkan garis di langit berbintang. Yuk, ikuti perjalanan seru mereka bersama-sama!

Buku ini diterbitkan oleh Tentang Anak, sebuah ekosistem pendukung orang tua dalam mengasuh anak hingga tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan buku aktivitas ini, diharapkan si Kecil dapat bersenang-senang, sekaligus mendukung perkembangan kognitif, motor, dan emosi sosial.

Dapatkan di marketplace kesayangan AyBun atau langsung beli di FITUR BELANJA Aplikasi Tentang Anak!

Sumber:

Sumber: Foto dari Freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua