Asah Kecerdasan Anak dengan Mendengarkan Musik

Asah Kecerdasan Anak dengan Lagu Senandung Kejora

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Grace E. Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog

Mendengarkan musik bukan hanya sekadar hobi atau kegiatan menyenangkan bagi anak-anak, tetapi ternyata juga dapat memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan berbagai aspek kecerdasan mereka. Melalui artikel ini, Tentang Anak akan menjelaskan berbagai manfaat mendengarkan musik untuk anak-anak:

Manfaat Musik dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak

Banyak yang belum tahu bahwa musik bisa menjadi instrumen efektif untuk meningkatkan kecerdasan anak. Berikut beberapa manfaatnya:

Meningkatkan Keterampilan Perseptual, Bahasa, dan Literasi

Mendengarkan musik dapat meningkatkan jumlah kosakata dan mengasah kemampuan verbal anak. Musik mampu meningkatkan kesadaran fonemik yang membantu anak dapat membedakan pola nada, ritme, dan harmoni. Kemampuan dalam mengidentifikasi suara dan penggalan lirik dalam lagu akan membentuk dasar kemampuan membaca dan mengeja.

Merangsang Perkembangan Otak

Mendengarkan musik berperan penting dalam memicu perkembangan otak anak. Ketika anak lebih sering mendengarkan musik, otak akan lebih mampu memahami berbagai pola intonasi linguistik. Hal ini penting untuk perkembangan kemampuan membaca dan pengucapan kata. 

Hasil penelitian tahun 2016 di Brain and Creativity Institute, University of Southern California, menemukan bahwa mendengarkan musik sejak dini dapat membantu perkembangan area korteks otak  yang terlibat dalam pemrosesan suara, keterampilan mendengarkan, dan kemampuan berbahasa sehingga perkembangan anak, terutama dalam hal kemampuan bahasa dan membaca, menjadi lebih unggul.

Melatih Kemampuan Attentive Listening

Kemampuan attentive listening sering diartikan sebagai kemampuan mendengar dengan penuh perhatian. Mendengarkan musik membantu anak fokus dalam membedakan suara, mengikuti instruksi, dan memperkuat memori auditori. 

Memasukkan aktivitas mendengarkan musik ke dalam rutinitas harian anak dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan attentive listening yang berharga sebagai dasar dalam berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Lewat Musik

Berikut berbagai cara yang dapat AyBun terapkan untuk meningkatkan kecerdasan anak lewat musik dengan efektif:

Memperkenalkan Berbagai Jenis Musik

Perkenalkan anak-anak pada berbagai jenis musik, dari klasik hingga pop, jazz, dan musik tradisional. Hal ini akan membantu mereka mengenal instrumen musik yang luas dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenali berbagai pola dan ritme.

Mengikuti Kelas Musik atau Bermain Alat Musik

Mendaftarkan anak-anak ke kelas musik atau mengajarkan mereka bermain alat musik adalah cara yang baik untuk meningkatkan kecerdasan mereka. Pilih alat musik yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Belajar bermain alat musik tidak hanya meningkatkan keterampilan musik tetapi juga kemampuan kognitif dan motorik mereka.

Menyanyikan Lagu dan Menari Bersama

Sertakan waktu untuk menyanyi dan menari bersama anak-anak. Lagu-lagu dengan lirik yang sesuai untuk anak dan mudah diingat serta gerakan tarian yang sederhana membantu anak-anak mengembangkan kemampuan bahasa, motorik, dan koordinasi. Ini juga merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama dan memperkuat ikatan emosional.

Penutup

Musik telah terbukti dalam meningkatkan berbahasa, melatih kemampuan attentive listening, dan merangsang perkembangan otak. Oleh karena itu, menciptakan lingkungan yang kaya dengan musik menjadi penting untuk mendukung perkembangan optimal anak.

Aybun dapat merangsang kecerdasan anak dengan mendengarkan lagu sesuai usianya, salah satunya Madley Senandung Kejora dari Tentang Anak yang berisikan 3 lagu anak terkenal ciptaan AT Mahmud, yaitu:

  • Paman Datang
  • Cemara
  • Bintang Kejora.

Composer: Abdullah Totong Mahmud. Lyricist: Abdullah Totong Mahmud. Arranger: Andreas Arianto. Producer: Andreas Arianto

Ingatlah bahwa mengembangkan kecerdasan anak adalah proses yang panjang. Oleh karena itu, perlu terus menstimulasi kemampuan auditorinya termasuk intonasi, serta pelafalan huruf vokal dan konsonan, sejalan hingga Anak tumbuh dewasa.

Sumber:

Referensi: 

  • Craft Music. (n.d.). The Power of Music in Child Development. Retrieved from (https://www.craft-music.com/resources/articles/the-power-of-music-in-child-development/)
  • Hallam, S. (2010). The power of music: Its impact on the intellectual, social, and personal development of children and young people. International Journal of Music Education, 28(3), 269-289. 
  • Kinderpedia. (2022, October 22). Music: An important element in children's development. Retrieved from (https://www.kinderpedia.co/musica-childrens-development.html?format=html)
  • Terry D Bilhartz, Rick A Bruhn, Judith E Olson, The Effect of Early Music Training on Child Cognitive Development,
    Journal of Applied Developmental Psychology, Volume 20, Issue 4, 1999, Pages 615-636.
  • Braga, A. (2024, March 12). The power of music on children’s well-being. Humanium. 
  • Shakhnoza. 2024. Improving Listening Skills of Elementary School Students through Music and Songs. Western European Journal of Linguistics and Education, 2(4), pp. 61–65. 
  • Moradi, F., & Shahrokhi, M. (2014). The effect of listening to music on Iranian children’s segmental and suprasegmental pronunciation. English Language Teaching, 7(6), 128-142. Canadian Center of Science and Education.
  • Cho, E., & Ilari, B. S. (2021). Mothers as home DJs: Recorded music and young children’s well-being during the COVID-19 pandemic. Frontiers in Psychology, 12, Article 637569. 

Sumber Foto: Freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua