bayi-sering-kaget-saat-tidur

Bayi Sering Kaget saat Tidur, Normal atau Tidak?

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Yuni Astria, Sp.A

Sejak lahir bayi memiliki beberapa refleks, salah satunya si Kecil yang sering kaget. Refleks ini disebut dengan Moro Reflex, sebuah respon bayi yang ketika mendengar suara berisik atau merasakan gerakan tiba-tiba, misalnya ia akan menundukkan kepala, menjulurkan tangan dan kaki, atau menangis.

Tak jarang dari AyBun mencemaskan si Kecil yang sering kagetan karena takut hal ini dapat memengaruhi kesehatan bayi. Lalu, apakah bayi sering kaget saat tidur adalah normal atau tidak? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Kenapa Bayi Sering Kaget saat Tidur?

Kenapa bayi sering kaget saat tidur? Jawabannya, bayi memiliki Moro Reflex, yakni sebuah respons alami bayi sejak lahir ketika mendengar suara atau gerakan tiba-tiba. Hal ini menjadi salah satu tanda perkembangan bayi yang normal.

Dilansir Stanford Children Health, bayi akan merentangkan kedua tangan dan menggerakan kakinya bersamaan saat kaget. Refleks ini terjadi saat bayi tidur dengan gerakan tiba-tiba seperti kaget yang dapat disertai tangisan atau tidak.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan moro reflex, yakni gerakan tiba-tiba, suara yang cukup kencang, dan transisi dari digendong dan diletakkan oleh ibu.

Kapan Bayi akan Tidur secara Normal

Bayi memiliki Moro Reflex atau gerakan kaget yang cukup berbeda-beda. Umumnya, hal ini akan berlangsung sekitar 2 bulan dan akan hilang pada usia bayi 4-6 bulan. Seiring berjalannya waktu, bayi sudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan Bayi juga semakin kuat untuk menopang kepala dan badannya.

Namun, apabila bayi di atas 6 bulan masih sering terkejut saat tidur, Ayah dan Bunda bisa mengkonsultasikan ke dokter anak. Ingat, Moro Reflex adalah suatu respons yang alami ya, AyBun.

Apakah Kaget saat Tidur Berbahaya?

Moro Reflex tidak berbahaya karena refleks ini menjadi respons alami si kecil sejak lahir. Dengan refleks yang baik, bayi dapat berkembang dengan normal karena dapat merespons segala sentuhan dan suara di sekitarnya.

Refleks yang satu ini dapat berbahaya apabila bayi tidak menggerakan tangan atau kakinya secara bersamaan. Jika refleks belum terjadi atau terlihat kurang nyata, hal ini dapat terjadi akibat masalah medis yang dialami oleh bayi. Saat hal ini terjadi, jangan lupa untuk membawa anak ke dokter, ya!

____________________________________________________________________________

Itu dia penjelasan lengkap mengenai bayi sering kaget saat tidur atau yang disebut juga dengan Moro Reflex. Refleks ini merupakan suatu respons yang normal dialami oleh bayi baru lahir.

Ayah dan Bunda dapat selalu memantau bayi apabila refleks ini berlangsung terlalu lama. Jadi, tetap perhatikan Si Kecil ya, AyBun!

Foto: Photo by Pexels

Sumber:

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Newborn-Reflexes.aspx

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=newborn-reflexes-90-P02630

Sumber:

Foto: Photo by Pexels

Sumber:

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Newborn-Reflexes.aspx

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=newborn-reflexes-90-P02630

Ditinjau oleh:

dr. Yuni Astria, Sp.A

Artikel Terkait

Lihat Semua