Cara Membawa Anak Aman dan Nyaman

Cara Membawa Anak dengan Aman & Nyaman saat Kumpul Keluarga

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Perayaan hari raya Idul Fitri menjadi tradisi adanya kumpul wajib dengan keluarga besar. Momen kali ini mungkin menjadi istimewa karena dua tahun lalu lebaran masih dikabung dengan kabar Covid-19, nah kini Ayah dan Bunda dan anak bisa mulai melakukan saling berkunjung dan silaturahim untuk diperkenalkan kepada saudara jauhnya.

Meski si Kecil rentan masalah, Ayah Bunda tidak bisa terus-menerus menghindar dari ‘kewajiban’ membawanya bersilaturahmi atau bertemu dengan banyak orang. Berikut cara yang dan nyaman aman membawa bayi dan balita berkunjung ke keluarga besar yang bisa dipraktikkan.

Cara Membawa Anak saat Kumpul Keluarga

1. Ajak Berkenalan Tanpa Memaksa

Ketika bertemu dengan kerabat atau orang lain, tak jarang anak merasa tidak nyaman, malu, atau enggan melihat. Yang bisa dilakukan oleh Ayah Bunda yaitu mencontohkan dengan mendekat ke orang yang hendak disapa, tetapi tidak memaksa anak untuk menyapa, cukup ajak ia secara perlahan dan perkenalkan orang tersebut. Bila anak sudah memberanikan diri untuk menyapa atau berkenalan, Ayah Bunda bisa memberikan apresiasi si Kecil misalnya dengan peluk dan cium.

2. Ajarkan Mencuci Tangan

Bertemu banyak orang dan melakukan jabat tangan adalah salah satu hal rentan penyebaran virus dan kuman antar manusia, untuk itu setelah selesai melakukan berkunjung ajarkan anak mencuci tangan pakai sabun dan air. Supaya meminimalisir atau mencegah penyebaran virus, sehingga semua tetap sehat.

3. Melakukan Rutinitas

Demi menjaga pertumbuhan anak, Ayah Bunda tetap melakukan jadwal dari aktivitas yang sudah rutin dijalankan, misalnya makan pagi jam 10 makan siang jam 12 tidur siang jam 13, dan seterusnya. Hal ini jangan sampai membuat Ayah Bunda lupa a

4. Menggunakan Baju yang Nyaman

Suasana lebaran yang dipadati dengan mobilitas tinggi misalnya berkumpul dan mengunjungi rumah saudara, sebaiknya siapkan baju tipis dan menyerap keringat untuk anak supaya ia merasa nyaman dan tidak memicu ia menjadi rewel.

5. Siapkan Bekal Makanan, Susu, dan Vitamin

Melakukan perjalanan dan saling berkunjung memerlukan waktu yang tidak sebentar, pastikan Ayah Bunda menyiapkan stok makanan anak sesuai porsi, susu, serta vitamin untuk bantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil.

Setelah melakukan ke lima cara di atas, jangan lupa untuk mencukupi waktu istirahat ya AyBun! Yuk, unduh aplikasi Tentang Anak untuk tahu kebutuhan si Kecil sekarang!

Foto: Designed by freepik