fakta-mitos-pusar-bodong

Video: Fakta & Mitos: Seputar Pusar Bodong

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr Ayudya Soemawinata, BMedSc (Hons), IBCLC

AyBun panik ketika lihat pusar Si Kecil menonjol (bodong)? Apa AyBun juga turut melakukan berbagai upaya, seperti menempelkan koin atau memakaikan gurita? Atau AyBun menggunakan cara lain yakni membersihkan pusar dengan alkohol ataupun minyal? Mulai dari sekarang STOP! Semua tindakan di atas dapat meningkatkan risiko iritasi dan gangguan tiroid.

Perawatan yang Tepat

Pusar bayi cukup dibersihkan dengan kapas steril dan air bersih. Penjepitan tali pusar saat lahir juga tidak berpengaruh pada bentuk pusar ketika dewasa lho, bun.

Kapan Harus Khawatir?

Pusar menonjol biasanya hilang pada usia 12-18 bulan. Jika masih menonjol pada usia 3 tahun, segera konsultasikan ke dokter karena mungkin ada indikasi hernia umbilikalis, yaitu kondisi di mana usus menonjol keluar dari pusar karena otot perut tidak menutup sempurna. Hernia ini bisa terjadi pada semua usia.

Penutup

Pusar menonjol pada bayi biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan tidak memerlukan perawatan khusus selain membersihkannya dengan kapas steril. Jika pusar masih menonjol setelah usia 3 tahun, segera konsultasikan dengan dokter.

AyBun juga bisa lho bertanya mengenai kondisi kesehatan Si Kecil dengan DSA dan Psikolog  berpengalaman secara gratis memanfaatkan fitur Tanya Ahli di Aplikasi Tentang Anak!

Sumber:

Sumber Foto: Google

Artikel Terkait

Lihat Semua