Rekomendasi Holiday Program Anak

Rekomendasi Holiday Program yang Anak Bisa Ikuti Selama Libur Sekolah

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Hai AyBun! Liburan sekolah sudah di depan mata nih. Pastinya kita pengen dong anak-anak bisa mengisi waktu libur dengan kegiatan seru, bermanfaat, dan tentunya bikin mereka happy. Daripada Si Kecil bosen di rumah, coba ikut holiday program aja bun. 

Apa sih Holiday Program?

Holiday program adalah rangkaian kegiatan seru dan edukatif yang dirancang khusus untuk anak-anak selama liburan sekolah. Tujuannya adalah supaya anak-anak bisa mengisi waktu libur mereka dengan hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan.

Biasanya holiday program terdiri dari berbagai macam kegiatan antara lain seni dan kerajinan, memasak, olahraga, ataupun mengeksplor alam. Bukan sekedar hanya mengisi waktu luang lebih dari itu, manfaat ikut holiday program yakni:

  1. Mengasah kemampuan interaksi sosial si kecil dalam hal kerja sama tim
  2. Mengasah kreativitasnya
  3. Melatih keterampilan motorik halus dan kasar. 

Dalam holiday program, anak-anak akan dibimbing oleh instruktur berpengalaman, memastikan mereka belajar dan bermain dengan aman. Simak beberapa rekomendasi holiday program yang bisa diikuti si kecil selama liburan kali ini. Dijamin seru dan edukatif!

Ganara Art

ganara art holiday program

Sumber: instagram.com/ganaraartspace/

  • Lokasi: Rumah Wijaya
  • Periode: 24 Juni - 11 Juli 2024
  • Biaya Kelas harian: Rp 150.000 per kelas | Paket bundling: Rp 500.000 untuk 4 kelas

Kalau Si Kecil suka menggambar atau membuat kerajinan tangan, Ganara Art bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini, mereka bisa ikut kelas Painting, Art & Craft, dan Pottery Handbuilt. Ada dua kelas yang tersedia: Junior Class untuk usia 4-7 tahun dan Kids Class untuk usia 8-11 tahun.

Kebun Kumara: Kumara Holiday Program

kebun kumara holiday program

Sumber: instagram.com/kebunkumara/

  • Lokasi: Halaman Tujuh, Pondok Cabe
  • Periode: 20 Juni - 6 Juli 2024
  • Biaya: Rp 185.000 - Rp 999.000 (Tergantung sesi yang diambil).

Buat AyBun yang ingin Si Kecil lebih dekat dengan alam tanpa harus keluar Jakarta, Kebun Kumara bisa jadi pilihan yang pas. Ada tiga program yang ditawarkan: Little Green Thumb (2-6 tahun), 3 Day Garden Camp (4-6 tahun), dan 3 Day Garden Camp (7-12 tahun). 

Anak-anak akan diajarkan untuk mengeksplorasi tanaman pangan, bunga, dan bumbu dapur, lalu memanen dan mengolahnya jadi makanan dan minuman. Sayangnya dalam setiap program, slot sangat terbatas untuk 15 orang saja. Hal ini sengaja dilakukan agar setiap anak dapat terpantau dengan baik.

Kekoci: Holiday Cooking Class

kekoci holiday cooking class

Sumber: instagram.com/kekoci/

  • Lokasi: Sekolah Kembang, Jalan Kemang II No 1, Jakarta Selatan
  • Periode: 25 - 27 Juni & 2 - 4 Juli 2024
  • Biaya: Rp 250.000 per kelas | Rp 650.000 untuk 3 kelas.

Si kecil suka masak-masak? Yuk, ajak mereka ke Kekoci Holiday Cooking Class. Di sini, mereka bisa belajar bikin chocolate chips cookies, bakso goreng ayam, rainbow cupcakes, smoked beef & cheese muffin, pizza roll, dan sate donat. 

Selain itu, mereka juga bisa bawa pulang hasil masakannya. Semua bahan dan peralatan masak disediakan, termasuk celemek dan topi koki yang lucu. Pasti seru banget deh, AyBun lihat anak-anak belajar masak.

Nuartpark: Family Days Out

Nuartpark: Family Days Out

Sumber: instagram.com/nuartpark/ 

  • Lokasi: NuArt Sculpture Park, Bandung, Jawa Barat
  • Periode: Minggu, 23 Juni 2024

Ini dia acara seru buat menambah bonding antara AyBun dengan Si Kecil! Ajak anak-anak piknik di taman dan berpartisipasi dalam kegiatan outdoor lainnya yang membuat mereka bergerak aktif dan menikmati alam. 

Sebagai acara yang berbasis seni dan kerajinan, mengajak Si Kecil ke Nuartpark juga akan mengembangkan mengembangkan kreativitas Si Kecil. Mereka bisa mencoba berbagai teknik dan media seni, sehingga imajinasi mereka bisa berkembang lebih luas.

AyBun juga bisa belanja di pop-up market selama di NuArt Sculpture Park. Jangan lupa juga kunjungi pameran Hocus-pocus yang menggunakan objek-objek temuan sebagai bahan karya seni.

Rumah Giera: Holiday Program

Rumah Giera: Holiday Program

Sumber: instagram.com/nuartpark/

  • Lokasi: Rumah Giera, Cempaka Putih Barat 21 No 2, Jakarta Pusat
  • Periode: Selasa - Jumat, 2 - 5 Juli 2024.

Untuk AyBun yang ingin Anak memiliki regulasi emosional yang baik, ngga ada salahnya mengikuti Holiday Program dari Rumah Giera yang menawarkan program liburan berbasis psikologis untuk anak usia 5-12 tahun. 

Kegiatannya meliputi storytelling, teamwork, fun creativity games, mindfulness activities, practical skills, art & craft, dan social emotional learning. Semua kegiatan dilakukan dengan pendekatan bermain dan edukasi oleh tim psikolog anak dan pendidikan.

Terdiri dari 4 hari, setiap hari membahas topik yang berbeda. RIncian kegiatannya yakni:

  • Hari ke-1: Edukasi Seksualitas - Menghargai dan menjaga tubuh
  • Hari ke-2: Meregulasi Emosi - Mengenali dan mengatur emosi
  • Hari ke-3: Mencegah Bullying - Memahami kasih sayang dan pertemanan yang tulus
  • Hari ke-4: Melatih Grit & Growth Mindset - Menghadapi tantangan dengan sikap positif

Anak-anak ngga hanya bermain, tapi juga belajar banyak hal penting yang bisa membantu mereka menghadapi berbagai tantangan di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Penutup

Dengan mengikuti program-program ini, diharapkan Si Kecil bisa mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, dan keterampilan motorik mereka. Selain itu, mereka juga bisa belajar banyak hal baru sambil bermain dan bersenang-senang.

Selama mengikuti holiday program yang dilakukan outdoor, gunakan physical sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit Si Kecil. Mengandung bahan yang direkomendasikan oleh DSA seperti Titanium Dioxide & Zinc Oxide, seperti Expert Care Physical Sunscreen SPF 50+ PA+++.  Beli di sini.

Jadi, daripada si kecil hanya di rumah dan bosan, yuk ajak mereka untuk ikut holiday program. Dijamin liburan kali ini akan jadi momen yang tak terlupakan dan penuh manfaat. Selamat menikmati liburan, AyBun! 🌟

Sumber:

Sumber Foto: Freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua