Mencoret Gambar

Jangan Larang Anak Mencoret-Coret, Ternyata Ini Manfaatnya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, M.Psi, Montessori Diplm

Kebiasaan si Kecil mencoret di rumah merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu pikiran AyBun sesekali, tapi tahukah AyBun Anak-anak adalah makhluk kreatif alami. Mereka memiliki imajinasi yang luar biasa dan dorongan untuk mencoba hal-hal baru. Salah satu cara ekspresi kreatif yang umum adalah melalui menggambar dan mewarnai. Sayangnya, seringkali orang dewasa cenderung melarang anak-anak untuk mencoret-coret, menganggap itu sebagai "kegiatan berantakan" atau "mengotori barang-barang." 

Namun, dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa sebaiknya jangan melarang anak mencoret-coret dan mengapa kreativitas adalah penting dalam perkembangan mereka.

Mengizinkan anak-anak untuk mencoret-coret adalah cara bagi mereka untuk mengungkapkan diri. Ini adalah salah satu bentuk ekspresi yang mudah diakses bagi anak-anak yang belum memiliki kemampuan berbicara atau menulis dengan baik. Ketika anak-anak menggambar atau mewarnai, mereka mengungkapkan perasaan, ide, dan impian mereka dengan cara yang mereka pahami dan nikmati.

Beberapa studi menjelaskan manfaat coret-coret bagi si Kecil, yuk simak penjelasannya di bawah ini

Manfaat Coret-Coret Bagi Anak

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Plymouth terdapat dua kelompok mendengarkan pesan suara monolog dan monoton yang mencantumkan nama-nama orang yang menghadiri pesta. Salah satu kelompok diinstruksikan mencoret-coret sambil mendengarkan. 

Studi tersebut menemukan bahwa kelompok ini mengingat 29% lebih banyak pada kuis memori yang tidak terduga dibandingkan kelompok yang hanya mendengarkan dan tidak mencoret-coret. 

Studi lain dari Universitas Nottingham menemukan bahwa mencoret-coret atau membuat catatan visual saat mempelajari materi sains dapat membantu meningkatkan pembelajaran, keterlibatan, dan penalaran.

Selain itu, menurut penelitian tahun 2021 oleh Drake menggambar dapat membangkitkan suasana hati pada anak usia 6-12 tahun, mengubah perasaan sedih ke senang, atau membuat gambar yang mengalihkan perhatian mereka saat kecewa

Tipe Coretan / Gambar yang Dibuat Si Kecil

Tahukah AyBun anak memiliki periode dan tipe coretan berbeda sieiring bertambahnya usia, perkembangan yang baik akan menunjukkan progress yang baik pula

Coretan Anak 15 Bulan

Ini adalah periode ketika anak-anak baru menyadari bahwa gerakan mereka menghasilkan garis dan coretan yang mereka lihat di halaman. Coretan-coretan ini biasanya merupakan hasil gerakan besar dari bahu, dengan krayon atau spidol dipegang di tangan anak. Ada kegembiraan dalam menciptakan karya seni di segala usia, tetapi khususnya pada tahap ini, banyak anak menikmati umpan balik yang mereka peroleh dari indra mereka: rasa krayon, aroma cat, kelicinan tanah liat.

Bagi anak-anak lain, informasi sensorik ini mungkin terlalu banyak dan mereka mungkin tidak menikmati aktivitas seni pada tahap ini (seperti melukis dengan jari). Saat mereka semakin bisa menoleransi masukan sensorik, Anda dapat secara bertahap memperkenalkan kembali aktivitas seni ke dalam rutinitas mereka.

Coretan Anak 2 Tahun

Ketika anak-anak mengembangkan kontrol yang lebih baik terhadap otot-otot di tangan dan jari mereka, coretan mereka mulai berubah dan menjadi lebih terkontrol. Balita mungkin membuat tanda berulang-ulang di halaman—lingkaran terbuka, garis diagonal, melengkung, horizontal, atau vertikal. Seiring berjalannya waktu, anak-anak beralih memegang krayon atau spidol di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Coretan Anak 3,5 Tahun

Anak-anak sekarang memahami bahwa menulis terdiri dari garis, kurva, dan pola yang berulang. Mereka mencoba meniru hal ini dalam tulisan mereka sendiri. Jadi meskipun mereka tidak menulis huruf sebenarnya, Anda mungkin melihat komponen huruf dalam gambar mereka. Ini mungkin termasuk garis, titik, dan kurva. Ini adalah saat yang menyenangkan ketika seorang balita menyadari bahwa gambarnya mengandung makna! Misalnya, dia mungkin menulis sesuatu dan kemudian memberi tahu Anda kata apa yang tertulis di dalamnya. Ini adalah langkah penting menuju membaca dan menulis.

Coretan Anak 3 Tahun

Banyak orang dewasa menganggap “gambar” sebagai gambaran sesuatu. Kemampuan untuk menyimpan gambaran dalam pikiran Anda dan kemudian menampilkannya di halaman adalah keterampilan berpikir yang membutuhkan waktu untuk berkembang. Pada awalnya, anak-anak menyebutkan ciptaan mereka yang tidak direncanakan. Artinya, mereka menyelesaikan gambarnya dan kemudian memberi label pada karyanya dengan nama orang, hewan, atau benda yang mereka kenal. Hal ini berubah seiring berjalannya waktu.

Segera Anda akan melihat anak itu merencanakan dengan jelas sebelum menggambar apa yang akan dia buat. Anda juga akan melihat lebih banyak detail pada gambar, lebih banyak kontrol dalam cara anak menangani krayon atau spidol, dan penggunaan lebih banyak warna. Apa lagi yang harus diwaspadai? Gambar pertama anak-anak sering kali berbentuk lingkaran. Jadi, Anda mungkin melihat matahari—sebuah lingkaran tidak beraturan, dengan banyak “sinar” tongkat yang memancar keluar—atau seseorang (biasanya sebuah lingkaran dengan ciri-ciri manusia yang dapat dikenali secara kasar).

Cara Asah Keterampilan Seni pada Si Kecil 

Tidak perlu instruksi

Biarkan anak bereksploras dengan caranyai. Kreativitas berarti memiliki kekuatan untuk mengekspresikan diri dengan caranya sendiri (Lagoni et al., 1989). Dengan mengenali dari dalam dirinya inilah yang dicari oleh balita yang sedang tumbuh agar merasa percaya diri, kompeten, dan pintar. 

Perhatikan prosesnya, bukan hanya produknya

Sebagai orang tua, kita sering kali cenderung memuji anak atas keberhasilannya:  Gambaran apa itu? Kucing? Wah, hebat!  Dan terkadang sebagai Ayah Bunda hanya terpaku pada realita bahwa pohon harus berwarna hijau, bukan ungu. 

Juga kita bertanya-tanya:  Apa nama warna itu? Tapi anak-anak belajar lebih banyak ketika kita tidak terlalu fokus pada apa yang mereka gambar, tapi pada apa yang mereka pikirkan tentang gambar mereka. 

Bereksperimenlah dengan berbagai bahan seni saat anak usia 3 tahun.

Biarkan anak-anak melukis dengan bola kapas, kapas pentul, spons, tali—sebut saja. Berikan krayon kepada anak dan gosokkan pada permukaan bertekstur (seperti koin atau layar). Menggambar dengan kapur di luar di trotoar; lihat bagaimana air mengubah warna kapur. 

Gunakan seni untuk membantu anak mengekspresikan perasaan yang kuat.

Apakah anak sedang tantrum? Tawarkan adonan mainan atau siapkan spidol dan kertas dan sarankan dia membuat gambar yang sangat, sangat marah. Aktivitas kreatif terkadang dapat membantu anak-anak mengekspresikan dan memahami perasaan yang terlalu kuat untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Doronglah upaya anak untuk menulis.

Jika anak mencoret-coret sesuatu dan kemudian memberi tahu apa yang “ditulisnya”, tanggapilah dengan serius. Biarkan dia membawa “daftar belanjaannya” ke supermarket atau mengirimkan surat (yang ditulis) ke Nenek. Inilah cara anak-anak belajar bahwa kata-kata mempunyai kekuatan dan makna.

Perlihatkan karya seni dan tulisan si Kecil.

Inilah cara seorang anak mengetahui bahwa pekerjaannya dihargai dan penting.

Kegiatan kreatif membantu anak-anak belajar bagaimana memecahkan masalah, menemukan jawabannya sendiri, menemukan sebab-akibat dari tindakan mereka, dan merasa yakin dengan pilihan yang mereka buat. Pengalaman seni membantu anak-anak mengembangkan kemandirian dalam batas tertentu, dan memberi mereka kesempatan untuk menyampaikan ide-ide mereka di atas kertas atau dalam format lain. Yang paling penting, ekspresi kreatif memungkinkan anak-anak memanfaatkan keajaiban imajinasi mereka sendiri—yang merupakan inti dari masa kanak-kanak.



Nah, kita sebagai orang bisa mendukung si Kecil dengan menstimulasi dan menyediakan berbagai kegiatan coret-coret yang interaktif untuk si Kecil, salah satu cara yang AyBun lakukan bisa dengan mengeksplor fitur ide stimulasi SENI di aplikasi Tentang Anak. Yuk, unduh sekarang!



Foto: Freepik

Sumber: 

https://www.health.harvard.edu/blog/the-thinking-benefits-of-doodling-2016121510844

https://www.ohiohistory.org/the-many-benefits-of-doodling/

https://www.zerotothree.org/resource/distillation/learning-to-write-and-draw/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7884745/

Artikel Terkait

Lihat Semua