makanan-dianggap-tinggi-nutrisi

Video: 4 Makanan yang Masih Dianggap Tinggi Nutrisi sama Banyak Orangtua

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr Nadhira Nuraini Afifa, MPH

Meskipun banyak makanan yang dipercaya oleh orangtua memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, beberapa di antaranya sebenarnya tidak sebaik yang mereka kira. Berikut adalah empat makanan yang sering disalahpahami:

1. Abon

Abon, khususnya abon sapi, sering dianggap sebagai makanan tinggi nutrisi. Namun, proses pembuatan abon menggunakan suhu yang sangat tinggi. Warna coklat pada abon menandakan bahwa protein dan vitamin dalam daging sapi telah mengalami kerusakan. Selain itu, abon juga mengandung banyak minyak karena digoreng. Beberapa cemilan yang mengklaim mengandung abon sebenarnya hanya mengandung rasa abon, bukan daging abon asli.

2. Sereal Siap Saji atau yang Diseduh

Sereal siap saji sering menjadi pilihan praktis untuk sarapan. Namun, faktanya 87% sereal siap saji mengandung lebih dari 15 gram gula per porsi, bahkan ada yang mencapai 30 gram. Padahal, batasan harian gula untuk anak hanya 25 gram. Konsumsi sereal semacam ini secara rutin bisa menyebabkan kelebihan asupan gula pada anak.

3. Jus Kemasan

Jus kemasan biasanya hanya mengandung 2 hingga 18 persen buah asli, jauh lebih rendah dibandingkan jus segar. Kandungan gula dalam jus kemasan bisa mencapai 25 gram per porsi, yang sudah memenuhi batasan harian gula anak. Ini berarti jus kemasan tidak jauh berbeda dengan minuman manis lainnya yang harus dihindari.

4. Madu

Walaupun ada tulisan "madu original" pada kemasan, bukan berarti madu tersebut murni. Jika ada kata-kata "dengan madu", Anda harus waspada, karena komposisi utama kemungkinan bukan madu. Untuk memastikan madu yang Anda pilih berkualitas, pastikan komposisi urutan pertama adalah madu, bukan fruktosa, glukosa, atau air.

Apakah Aman untuk terus Dikonsumsi?

Makanan-makanan ini tidak berbahaya secara langsung dan masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang dengan nutrisi lain. Penting untuk tidak hanya fokus pada gambar susu, daging pada kemasan, atau klaim mengandung serat dan tinggi protein.

Baca juga: Booster Penting Buat Tinggi Anak Sesuai Grafik WHO

Penutup

Inget aja Moms satu telur mengandung 6 gram protein, 1 pisang mengandung 3 gram serat, segelas susu mengandung 300 kalsium. Penting untuk selalu cek selalu label kemasan dan utamakan real food ya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan harian Vitamin D dari Si Kecil percayakan pada Expert Boost. Vitamin D juga membantu Si Kecil agar tidak mudah sakit. Beli di ecommerce kesayangan AyBun. 

Sumber:

Sumber Foto: Google

Artikel Terkait

Lihat Semua