makanan-ganggu-kesuburan

3 Jenis Makanan yang Menyebabkan Gangguan Kesuburan Ayah Bunda

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Dinda Derda, Sp.OG

Siapa disini Calon Aybun atau Para Aybun yang sedang menantikan kehadiran buah hati? Kehamilan merupakan perjalanan yang kompleks. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kemampuan pasangan untuk hamil.

Makanan menjadi faktor penting dalam kehidupan sehari-hari karena tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga kesuburan. Bagi Calon Aybun atau Para Aybun yang sedang merencanakan kehamilan, penting untuk memahami dampak makanan tertentu terhadap kesuburan. 

Dalam artikel ini, Sismin akan membahas dengan lebih mendalam jenis makanan yang dapat mengganggu kesuburan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang makanan-makanan ini, Aybun dapat membuat pilihan makanan yang lebih cerdas untuk mendukung perjalanan menuju kehamilan yang sehat.

Jenis Makanan yang Menyebabkan Gangguan Kesuburan

Tiga jenis makanan yang mungkin tidak Aybun sadari dapat mengganggu kesuburan, yakni:

1. Olahan Daging Merah

Menurut penelitian terkini, konsumsi tinggi daging merah olahan, seperti bacon, hot dog, dan sosis, kemungkinan besar berperan dalam masalah infertilitas baik bagi Calon Aybun ataupun Para Aybun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak daging olahan memiliki kualitas sperma, jumlah sperma, dan kemampuan gerak sperma yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang lebih memilih konsumsi ikan dan ayam.

Daging merah olahan juga cenderung mengandung tingkat lemak jenuh yang tinggi. Hal ini berhubungan dengan penurunan kesuburan akibat gangguan ovulasi. Studi lain menemukan bahwa wanita yang memiliki tingkat fertilitas atau kesuburan tinggi didominasi oleh wanita yang mengonsumsi lebih banyak protein nabati daripada protein hewani. 

Untuk mengatasi masalah ini, coba Aybun pertimbangkan untuk mengganti daging merah dan olahan dengan alternatif protein nabati seperti seitan, tofu, tempeh, kacang-kacangan, dan lentil.

2. Produk Goreng-Gorangan

Terutama yang digoreng dengan minyak atau menggunakan margarin. Seringkali margarin dan minyak mengandung lemak jenuh yang berpotensi dapat mengganggu kesuburan. Hal ini disebabkan saat penggorengan berlangsung, lemak jenuh akan terbentuk sehingga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Lemak jenuh meningkatkan risiko gangguan ovulasi hingga 73% yang lebih lanjut dapat menyebabkan masalah kesuburan karena lemak jenuh menyumbang lebih dari 1% dari total asupan kalori.

Walaupun lemak penting sebagai cadangan sumber tenaga, tapi pilihlah lemak tak jenuh tunggal. Aybun juga bisa memilih sumber lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, kacang, dan biji-bijian. 

3. Konsumsi Susu Sapi Murni Berlebihan

Konsumsi susu sapi murni secara berlebihan dapat mengurangi jumlah sperma sehat dan sperma bergerak menjadi lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena kontaminan kimia dalam lingkungan, yang menempel pada lemak susu.

Pilihan yang lebih baik: beralihlah ke susu rendah lemak. Studi menunjukan bahwa pria yang mengonsumsi beberapa porsi susu rendah lemak per hari memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi dan lebih bergerak. 

Susu rendah lemak dapat meningkatkan kadar hormon insulin growth factor-1, yang membantu produksi sperma. Terlebih lagi, sel pendukung sperma juga dapat terpengaruh oleh asupan makanan, seperti susu rendah lemak, yang berkontribusi pada kematangan sperma.

Baca juga:  Amankah Berhubungan Intim saat Haid? Simak Faktanya

Penutup

Dalam perjalanan merencanakan kehamilan, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting. Dengan menghindari jenis makanan yang dapat mengganggu kesuburan, Aybun dapat meningkatkan peluang untuk memiliki kehamilan yang sehat. 

Semoga informasi yang Tentang Anak bagikan dapat membantu Calon Aybun dan Para Aybun dalam membuat pilihan makanan yang lebih cerdas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan pribadi. 

Selamat menanti kehadiran buah hati dan semoga perjalanan menuju kehamilan berjalan lancar dan sehat! 🌟

Artikel Terkait

Lihat Semua