Anak Berani dan Percaya Diri

Manfaat dan Tips Melatih Anak Jadi Percaya Diri

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, M.Psi, Montessori Dipl

Ayah Bunda menginginkan anak yang berani dan percaya diri? Tentunya karakter tersebut dipersiapkan supaya si Kecil siap menghadapi masa depannya. Lalu, apa sih makna berani dan percaya diri, serta bagaimana cara melatih supaya ia berani dan percaya diri?

Yuk, simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Melatih Anak Menjadi Pemberani

Berani adalah sikap saat menghadapi tantangan, ancaman, atau kesulitan apapun. Hal ini melibatkan penilaian terhadap suatu tujuan atau keyakinan dan bertindak atas dasar tujuan tertentu. Yang perlu diingat menjadi pemberani ini utamanya adalah menghadapi, bukan menghindari rasa takut.

Ada tiga jenis keberanian (seseorang mungkin memiliki salah satu dari ini atau kombinasinya):

  • Keberanian fisik merupakab keberanian yang berkaitan dengan aktivitas fisik beresiko, misalnya petugas pemadam kebakaran. 
  • Keberanian psikologis adalah keberanian menghadapi ancaman terhadap kesejahteraan dalam diri (misalnya menghadapi aspek menyakitkan dari diri sendiri)
  • Keberanian moral yaitu keberanian untuk melindungi, membela orang lain dan kelompok, dalam berbagai situasi sosial yang sulit. (misalnya, menyuarakan apa yang benar, meskipun pendapat tersebut merugikan suatu kelompok)

Pentingnya Berani pada si Kecil

Menurut beberapa penelitian manfaat melatih membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Ketika anak merasa mampu mengatasi kesulitan dan takut, mereka akan memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Selanjutnya anak-anak yang pemberani cenderung lebih mandiri. Mereka tidak cemas dan tidak takut mencoba hal-hal baru atau berjuang melawan rintangan, yang membantu mereka menjadi individu yang lebih mandiri.

Selain itu, anak-anak yang pemberani lebih mampu menghadapi kegagalan dan kembali bangkit. Mereka belajar bahwa kegagalan adalah bagian dari proses, dan mereka memiliki kemampuan untuk mengatasinya.

Dan tentunya dengan sikap Berani anak memiliki kreativitas lebih, karena hal tersebut merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Mereka merasa lebih bebas untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru, yang berkontribusi pada perkembangan kreativitas mereka.

Cara Melatih Anak Menjadi Berani dan Percaya Diri

Ayah Bunda bisa mengenalkan anak dengan sikap Berani melalui beberapa cara, misalnya dengan membacakan buku ilustrasi anak yang bercerita tentang Keberanian hingga mempraktikan langsung di kehidupan sehari-hari.

1. Baca Buku Tentang Keberanian

Buku-buku anak tentang keberanian dapat menjadi sumber inspirasi yang hebat. Bacalah buku cerita COURAGE dari Tentang Anak yang dapat memberikan contoh bagi si Kecil, cara menjadi anak yang pemberani dalam situasi apapun.

AyBun bisa dapatkan buku tersebut di aplikasi Tentang Anak dengan klik di bawah artikel ini, atau beli di e-commerce kesayangan!

2. Berikan Dukungan Emosional

Selanjutnya, setelah sudah mengilustrasi dan bercerita melalui buku, pastikan anak tahu bahwa Ayah Bunda selalu ada di samping mereka, siap memberikan dukungan dan pengertian ketika mereka merasa takut atau cemas.

3. Biarkan Anak Mencoba Hal Baru

Dorong anak untuk mencoba hal-hal baru, bahkan jika mereka merasa takut atau ragu. Ini bisa termasuk kegiatan bermain, belajar, atau aktivitas yang belum pernah mereka mainkan sebelumnya.

4. Beri Anak Tanggung Jawab

Memberikan anak tanggung jawab yang sesuai dengan usia mereka dapat membantu mereka merasa lebih pemberani. Misalnya, biarkan mereka merawat hewan peliharaan kecil atau memberi mereka tanggung jawab dalam pekerjaan rumah tangga.

Orang tua memiliki peran kunci dalam melatih anak-anak mereka menjadi pemberani dengan memberikan dukungan, contoh, dan kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Dengan panduan dan perhatian yang tepat, Ayah Bunda dapat membantu anak-anak Ayah Bunda menjadi pribadi yang lebih pemberani dan siap untuk menghadapi dunia dengan kepercayaan diri. 

Selain itu, AyBun bisa menemukan ide-ide seru tentang melatih keberanian anak di menu STIMULASI pada aplikasi Tentang Anak! Buruan unduh aplikasinya dan gunakan sekarang!

Foto: Freepik

Sumber: 

https://www.researchgate.net/profile/Neriman-Aral/publication/357399203_An_investigation_of_preschool_children%27s_creativity_in_terms_of_their_courage_value_and_competition/links/64217b09315dfb4cceb2097d/An-investigation-of-preschool-childrens-creativity-in-terms-of-their-courage-value-and-competition.pdf

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17405629.2020.1822161?scroll=top&needAccess=true

Artikel Terkait

Lihat Semua