tips potong kuku kaki bayi dan anak

Video: Tips Potong Kuku Kaki yang Benar untuk Bayi dan Anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Amanda Wardani Sp.DV

Potong kuku kaki sebaiknya menjadi kegiatan yang rutin dilakukan untuk menjaga kesehatan kaki, terutama pada bayi dan anak. Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu AyBun perhatikan agar proses potong kuku kaki menjadi aman dan nyaman bagi mereka:

1. Potong Secara Lurus, Bukan Oval

Penting untuk memotong kuku kaki secara lurus dan tidak oval. Mengapa? Potongan oval dapat meningkatkan risiko pinggiran kuku yang menancap ke dalam kulit, yang dapat menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi. Hindari memotong terlalu dalam karena dapat menekan kulit di bawah kuku.

2. Jangan Terlalu Pendek

Pastikan kuku tidak dipotong terlalu pendek karena dapat mengakibatkan kutikula sebagai lapisan pelindung di sekitar kuku akan terpotong. Jika kutikula rusak, bakteri dapat dengan mudah masuk dan menyebabkan masalah seperti cantengan.

3. Gunakan Alat yang Tepat

Pilih gunting kuku yang tajam dan sesuai ukuran untuk kaki bayi atau anak Anda. Memilih gunting kuku yang tepat dapat membantu untuk memotong kuku dengan tepat tanpa merusak atau mengiritasi kulit di sekitarnya.

4. Cek Kuku secara Rutin

Selalu periksa kuku Si Kecil secara rutin, AyBun. Ini membantu Anda mengidentifikasi kapan waktu yang tepat untuk memotongnya sebelum tumbuh terlalu panjang.

Artikel Terkait

Lihat Semua