perkembangan-bayi-7-bulan

Capaian Perkembangan Bayi 7 Bulan: Motorik, Bahasa, Sosial dan Fisiknya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Jennie Dianita, Sp.A

Sebagai orang tua yang memiliki bayi, Aybun wajib memperhatikan tumbuh kembang anak kita. Hal ini termasuk pola makan dan kualitas asupan yang diberikan, kesehatan bayi secara umum hingga perkembangan motorik, kognitif, perkembangan bahasa dan sosialnya.

Memperhatikan tumbuh kembang bayi sangat penting untuk memastikan si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, masih banyak orang tua yang belum mengetahui milestone yang harus dicapai anak di usianya. 

Untuk membantu Aybun mengawasi tumbuh kembang anak dengan lebih baik lagi, artikel ini memaparkan capaian bayi usia 7 bulan baik dari segi kesehatan umum hingga kemampuan motorik, kognitif dan bahasanya.

Milestone Bayi 7 Bulan

Bayi usia 7 bulan bisa apa? Pada usia 7 bulan, si kecil sudah mengembangkan kemampuan motorik seperti merangkak dan duduk. Namun, perlu dipahami bahwa perkembangan motorik dapat berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, mari baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perkembangan Motorik: Merangkak, Berguling hingga Duduk

  1. Merangkak 

Pada usia 7 bulan, si kecil sudah mencapai tahap merangkak. Pola merangkak tidak harus bergerak maju dengan menumpu pada lutut dan tangan, tetapi dapat juga berupa gaya lain, termasuk berguling (rolling crawlI), ke belakang atau menyamping seperti kepiting (crab crawl), bergerak dengan pantat (bottom scooter), perut menempel di lantai (commando crawl), menumpu pada tangan dan kaki, sementara lutut diluruskan seperti beruang (bear crawl).

  1. Duduk Tanpa Pegangan

Pada umumnya, bayi usia 7 bulan juga sudah bisa duduk tanpa pegangan dan bermain dalam posisi duduk. 

  1. Memegang dan Mengambil Benda

Bayi usia 7 bulan dapat memegang dan mengambil benda dengan jari-jari mereka, dan mulai memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain. Kemampuannya dalam mengendalikan tangan ini juga disebabkan oleh koordinasi mata dan tangan yang semakin membaik.

Perkembangan Sosial: Membedakan Wajah, Tertawa & Merengek

  1. Mengenali Wajah Ayah-Bunda

Bayi usia 7 bulan sudah dapat membedakan wajah orang asing serta orang-orang di sekitarnya seperti ayah-bunda, pengasuh dan keluarga.

  1. Menunjukkan emosi

Bayi usia 7 bulan juga mulai menunjukkan berbagai jenis emosi saat berinteraksi dengan orang di sekitarnya, seperti senang, sedih, marah, bosan atau bahkan frustasi. Mereka juga dapat menangis atau merengek untuk menarik perhatian dan ketika merasa tidak nyaman. Misalnya saat popok basah atau kepanasan.

  1. Memiliki Minat pada Sesuatu

Di usianya yang sekarag, si kecil juga mulai menunjukkan minat pada benda-benda yang menarik perhatiannya seperti mainan, binatang peliharaan, selimut atau benda-benda lain.

Perkembangan Bahasa: Bersuara dan Menggunakan Bahasa Tubuh

  1. Membuat suara dan bunyi

Bayi usia 7 bulan mulai dapat membuat berbagai suara dan bunyi, seperti bubbling atau mengeluarkan suara seperti 'ma', 'pa', atau 'ba'. Mereka juga mulai meniru suara yang didengarnya sehari-hari

  1. Memahami Arti Kata

Bayi usia 7 bulan mulai dapat memahami arti kata sederhana, seperti "mama" dan "papa", dan intonasi suara yang digunakan orang dewasa. Mereka juga mulai menunjukkan respons ketika dipanggil dengan nama mereka.

  1. Menggunakan bahasa tubuh

Pada usia 7 bulan, bayi belum dapat mengatakan kata-kata secara jelas dan terstruktur seperti "minum" atau "makan". Namun, pada usia ini si kecil sudah dapat menunjukkan ketertarikan pada makanan dan minuman, serta mulai belajar menggunakan bahasa tubuh dan suara untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Contohnya seperti mengangkat tangan ketika ingin digendong atau meminta benda yang diinginkan. 

Perkembangan Fisik

  1. Berat Tubuh

Median berat bayi laki-laki usia 7 bulan adalah sekitar 8,3 kg dengan rentang normal antara 6,7-10,3 kg. Sedangkan, median berat bayi perempuan usia 7 bulan adalah sekitar 7,6 kg dengan rentang normal antara 6-9,8 kg.

  1. Panjang

Median panjang bayi laki-laki usia 7 bulan adalah sekitar 69,2 cm dengan rentang normal antara 64,8-73,5 cm. Sedangkan, median panjang bayi perempuan usia 7 bulan adalah sekitar 67,3 cm dengan rentang normal antara 62,7-71,9 cm.

Namun, perlu dipahami juga bahwa perkembangan berat dan panjang bayi dapat bervariasi antar bayi, tergantung pada faktor genetik, nutrisi, dan kesehatan.

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-development/art-20047086

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Crawling-Styles.aspx

https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/

Artikel Terkait

Lihat Semua