Mengenal Hewan

Mengenalkan Hewan pada Anak: Lakukan 7 Cara Mudah dan Efektif Ini!

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, M.Psi, Montessori, Dipl

Mengenalkan hewan kepada anak merupakan salah satu langkah awal untuk mengajarkan mereka tentang lingkungan sekitar. 

Anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang besar. Saat memperkenalkan mereka pada berbagai hewan, Ayah Bunda dapat membantu anak memperluas pengetahuan. Terutama, tentang keanekaragaman hayati. 

Selain itu, perkenalan anak dengan binatang bisa membantu mereka mengembangkan rasa empati terhadap makhluk hidup lainnya. 

Mengenalkan tentang hewan juga sangat menyenangkan dan mengagumkan untuk anak usia dini. Salah satu cara untuk menarik perhatiannya, yaitu dengan membuat permainan dan aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah.

7 Cara Menyenangkan Mengenalkan Hewan pada Anak

Berikut adalah beberapa cara yang menyenangkan dan efektif untuk mengajarkan anak-anak mengenal hewan:

1. Buku Bergambar dan Cerita tentang Hewan

Buku bergambar tentang hewan dari berbagai habitat dan ceritanya dapat menjadi cara menarik untuk memperkenalkannya kepada anak. 

Bacakan cerita-cerita yang melibatkan hewan-hewan tersebut secara ekspresif. Dengan demikian, anak dapat membayangkan dan tertarik mendengarkan ceritanya karena merasa dekat bersama hewan-hewan dalam cerita tersebut.

2. Kunjungan ke Kebun Binatang

Mengajak anak-anak untuk mengunjungi kebun binatang merupakan cara yang praktis dan menyenangkan untuk memperkenalkan berbagai jenis hewan. 

Selama kunjungan, bicarakan tentang ciri-ciri unik dari masing-masing hewan, jenis makanan, dan habitat asli mereka. 

Jangan lupa untuk jelaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan habitat alami hewan-hewan tersebut.

3. Permainan dan Aktivitas Interaktif

Ayah Bunda bisa manfaatkan permainan kartu gambar hewan atau menempel gambar hewan ber-velcro. Kegiatan ini membantu anak-anak mengenali nama, ciri hewan, fakta unik dan habitatnya.

Selain itu, aktivitas sederhana seperti menyusun puzzle bergambar hewan juga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan nama-nama hewan baru.

4. Video dan Film tentang Hewan

Ayah Bunda juga dapat memberikan video atau film yang mengandung unsur pendidikan tentang hewan. Aktivitas ini bisa pilihan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak. 

Pastikan kontennya sesuai dengan usia dan kematangan mereka. Beberapa film dokumenter bisa memberikan wawasan yang menakjubkan tentang kehidupan hewan di alam liar.

5. Proyek Kolase atau Gambar Hewan

Ajak anak-anak untuk membuat proyek kolase berisikan gambar hewan favorit mereka. Dorong mereka untuk menjelaskan tiap binatang, termasuk ciri fisik dan keunikan dari masing-masing hewan tersebut.

6. Observasi Hewan di Lingkungan Sekitar

Mengamati hewan di sekitar rumah atau sekolah juga merupakan cara efektif untuk mengenalkan anak-anak pada hewan lokal. 

Kenalkan mereka pada hewan, seperti burung, serangga, atau binatang peliharaan tetangga.

7. Bernyanyi Lagu tentang Hewan

Lagu-lagu bertemakan hewan dapat membantu anak-anak mengingat nama-namanya dengan lebih mudah. 

Bernyanyi bersama sambil melakukan gerakan-gerakan yang sesuai juga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Mengenalkan anak tentang hewan pada usia dini adalah salah satu langkah mengenal makhluk hidup di lingkungan di sekitar anak.

Kemudian anak akan mengerti kebutuhan hewan misalnya hewan tersebut mendiami habitat mana dan makan apa, bukan hanya itu anak juga dapat mengembangkan rasa empatinya.

Dengan demikian, anak bisa mempelajari ciri-ciri perbedaan hewan dan mengerti habitat serta tingkah laku mereka. 

Jangan lupa juga ya, AyBun, untuk selalu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung saat mengajarkan binatang pada anak.

Perhatikan minat dan reaksi mereka terhadap berbagai kegiatan dan gunakan momen-momen tersebut untuk menginspirasi rasa ingin tahu tentang dunia hewan.

Foto: Freepik

Sumber: 

https://abbottfamily.com.sg/articles/pre-school/teach-animals

https://sains.kompas.com/read/2012/09/20/18243463/4.langkah.mengenalkan.hewan.pada.anak

https://www.pbs.org/parents/thrive/7-creative-ways-to-learn-about-animals

Artikel Terkait

Lihat Semua