BIlingual

Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Bilingual? Simak Faktanya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, M.Psi, Montessori Dipl

Tahukah Ayah Bunda bahasa inggris menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia 25% (1.75 milyar) populasi dunia menguasai bahasa ini, baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Ini berarti mulai banyak orang tua yang menginginkan anaknya piawai dalam berbahasa asing, salah satunya bahasa inggris.

Untuk itu kita akan mengupas kapan waktu yang tepat, manfaat dari mengajarkan anak dua bahasa sejak dini, serta menunjukkan bagaimana membaca buku pada video di atas berjudul READ ALOUD SHARING.

Yuk, simak videonya dan praktikan caranya di rumah!

Usia yang Tepat Ajarkan Anak Dua Bahasa

Di era globalisasi seperti saat ini, kebutuhan menggunakan bahasa inggris semakin meningkat baik dalam bidang pendidikan atau masa depan si Kecil nanti. Lalu, kapan ya usia yang tepat untuk belajar dua bahasa atau menjadi bilingual?

Setiap anak memang lahir dengan bahasa yang dibawa oleh kedua orang tuanya, tetapi tidak menjadi sebuah penghalang untuk AyBun memaparkan bahasa kedua bahkan sejak bayi. Hal ini karena menurut penelitian semakin dini anak terpapar bahasa kedua, ia akan semakin mudah menyerap bahasa kedua tersebut.

Selanjutnya, manfaat dari belajar dua bahasa sekaligus menstimulasi kinerja otak si Kecil. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan anak-anak bilingual menunjukkan keunggulan dalam hal mengingat sesuatu dan dalam memecahkan masalah. Pada studi tahun 2017 oleh Morales, dkk menemukan anak-anak bilingual yang berusia lebih muda sama unggulnya dengan anak-anak monolingual atau yang berusia di atasnya.

Nah, jadi Bunda tidak lagi bingung kapan anak mulai bisa dipaparkan dua bahasa. Namun, saat menerapkan hal tersebut penting Ayah Bunda perhatikan supaya si Kecil lebih optimal menyerap dan mudah mempraktikannya sehari-hari.

Hal yang Perlu Diketahui saat Ajarkan Dua Bahasa

1. Bilingual Tidak Menyebabkan Kebingungan Penggunaan Bahasa

Tak jarang terdengar imbauan atau larangan ajarkan anak dua bahasa karena dapat menyebabkan kebungunagn atau bahkan speech delay. Eits… tidak ya Ayah Bunda, memang wajar jika si Kecil memerlukan waktu untuk memproses kosakata-kosakata tersebut. Namun, jika terbiasa dan digunakan dalam kegiatannya sehari-hari si Kecil akan lebih mudah menyerap kata-kata tersebut.

2. Gunakan buku atau produk edukasi bilingual

Buku bergambar adalah salah satu pilihan tepat, Ayah Bunda bisa membacakan cerita tersebut dan mentranslasi sambil menunjuk gambarnya. Ayah Bunda bisa menggunakan buku A Day with Me yang menggambarkan sosok anak beraktivitas seharian dan didampingi Ayah Bundanya.

3. Lakukan dengan Konsisten

Jika Ayah Bunda hanya memaparkan si Kecil dengan kosakata asing belum cukup, lho. Inilah poin penting yang membuat anak semakin mahir dalam menggunakan dua bahasa, yaitu berkomunikasi dengan bahasa kedua secara utuh dan konsisten. 

Maksud dari utuh dan konsisten yaitu, penggunaan kedua bahasa tersebut jangan sering dibersamai. Misalnya ketika Ayah Bunda akan menggunakan bahasa Inggris di rumah pastikan hari itu penuh menggunakan bahasa inggris atau berkomunikasi dengan kalimat bahasa inggris dengan utuh. 

Contohnya lakukan:  “Jason, do you see a ball?” “I want to play soccer with you, but I lost my ball”  dan tidak mengatakan “Hi Jason, apa kamu lihat ball under the bed?” “Aku ingin play with you, but I tidak lihat dia di mana”



Untuk, itu Tentang Anak ingin membantu si Kecil belajar dua bahasa melalui buku dan video read aloud buku “ A DAY WITH ME” yang bisa AyBun perdengarkan di rumah. Yuk, simak cara baca untuk menarik perhatian si Kecil di sini

Foto: Freepik

Sumber:

https://raisingchildren.net.au/babies/connecting-communicating/bilingualism-multilingualism/bilingualism

https://modules.ilabs.uw.edu/module/language-development/sensitive-period-language/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6168212/

https://www.parents.com/bilingual/benefits-of-learning-a-second-language-as-a-child/

https://www.nct.org.uk/baby-toddler/your-childs-development/18-24-months/raising-bilingual-baby-or-child-8-tips-for-how-do-it

https://www.parents.com/bilingual/benefits-of-learning-a-second-language-as-a-child/

https://bilingualkidspot.com/2017/06/27/how-teach-child-foreign-language/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3508395/

Artikel Terkait

Lihat Semua