Melatih Mandiri

Latih Kemandirian Sejak Dini Dari Menyapih Hingga Mandi Sendiri, Ini Caranya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog

Memasuki usia 2-5 tahun, AyBun dapat mengajarkan kemandirian secara bertahap.

Tak jarang orang tua di Indonesia masih mandi bersama si Kecil karena khawatir apakah ia bisa membersihkan tubuhnya dengan baik? menyikat giginya sampai bersih?

Umumnya memang saat memasuki usia sekolah dasar si Kecil harus bisa mandi sendiri. 

Tahapan melatih kemandirian si Kecil

1. Dampingi Anak dengan Memberi Panduan

Yang perlu Ayah Bunda lakukan dalam melatih anak untuk mandiri, tidak dengan mengabaikan dan jarang memberi perhatian dengan dalih agar cepat mandiri. Namun, dampingi, beri panduan, dan tawarkan bantuan jika ia terlihat kesulitan.

2. Beri Waktu Anak untuk Mencoba

Saat Anak mulai melakukan sesuatu hal dengan sendiri misalnya mau sikat gigi sendiri, Ayah Bunda tidak mengambil alih dengan tujuan menghemat waktu, tetapi berikan anak waktu mencoba dan perluas kesabaran Ayah Bunda untuk menunggu pencapaiannya.

3. Pastikan Konsistensi Ayah Bunda saat Melatih Anak

Dalam proses ini pastikan AyBun konsisten, yakin dan terbuka agar ia semakin merasa mampu misalnya dengan mengatakan “Kakak sudah besar, dan perlu lebih banyak jenis asupan, jadi pelan-pelan kita kurangi menyusunya ya..”

4. Lakukan Sounding

Lakukan sounding & berikan gambaran. Gunakan media lain misalnya buku, mainan atau bermain peran.

Pada tahap mandi, beri panduan dan penjelasan selama fase ini “Saat mandi, kita membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel selama kita beraktivitas.” 

Melatih anak untuk membersihkan tubuh sendiri sejak dini bermanfaat untuk

  • Mendukung kemandirian
  • Menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan merawat diri
  • Membangun batasan fisik yang nyaman dengan orang lain

Proses mengajarkan kemandirian pada anak memang bukan hal yang mudah, Ayah Bunda perlu menerapkan keempat langkah di atas secara konsisten dan penuh kasih, sehingga anak juga akan melakukan dengan rasa senang.

Yuk, unduh aplikasi Tentang Anak dan sharing tips dukung kemandirian anak di Support Group Tentang Anak . Ada Konseling & Coaching Gratis. Gabung sekarang klik di sini!

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/parenting/toddler-year-and-beyond/what-is-the-right-age-for-kids-to-stop-bathing-together/articleshow/76797454.cms

https://www.fatherly.com/parenting/how-to-shower-naked-parents-teaching-bathroom/

Artikel Terkait

Lihat Semua