Lidah Bayi Putih

Lidah Putih Pada Bayi dan Anak-Anak, Tanda Infeksi Jamur?

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Jennie Dianita, Sp.A

Orang tua seringkali khawatir ketika melihat lapisan atau bercak putih di lidah bayi. Namun, ayah-bunda tidak perlu panik. Pada kebanyakan kasus yang ditemui, bercak putih ini adalah sisa susu yang dapat hilang setelah dibersihkan menggunakan kain yang dibasahi air matang. Namun, jika lidah si kecil tetap putih setelah dibersihkan, dan terlihat adanya penurunan nafsu makan, bisa jadi mulut si kecil terserang infeksi jamur kandida.

Gejala Infeksi Jamur

Anak yang terkena infeksi jamur kandida merupakan salah satu penyebab munculnya bercak putih pada lidah. Walaupun setiap lidah putih tidak disebabkan karena adanya sariawan. Hal yang dapat membedekannya yaitu pada bayi, infeksi thrush biasanya terlihat dari bercak putih pada lidah, bibir, langit-langit mulut, dan bagian dalam pipi. Bercak putih tersebut biasanya tidak dapat dihilangkan dengan menyikat atau menggosok lidah. Selain itu, bayi dan anak-anak dengan sariawan juga kerap mengalami rasa sakit atau kesulitan saat menyusui atau minum susu dari botol.

Penyebab Infeksi Jamur

Pada bayi dan anak-anak, infeksi candidiasis sering terjadi di area popok (ruam popok) dan mulut (thrush). Berikut ini adalah sejumlah faktor yang menyebabkan berkembangnya jamur pada lidah bayi:

1. Penggunaan Antibiotik 

Penggunaan antibiotik oleh ibu atau bayi dapat mengubah keseimbangan bakteri dalam tubuh dan memicu pertumbuhan jamur Candida.

2. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh 

Bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti bayi prematur atau bayi yang dilahirkan dengan berat badan rendah, lebih rentan terhadap infeksi jamur.

3. Dot Kotor

Penggunaan dot yang tidak bersih dapat menjadi sumber infeksi jamur. Usahakan untuk menjaga kebersihan dot dan menggantinya setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

4. Adanya Infeksi Jamur pada Puting

Jika ibu memiliki infeksi jamur pada puting payudara, si kecil juga dapat mengalami infeksi jamur pada lidah. Pastikan untuk rutin menjaga kebersihan puting dengan air hangat dan rajin mengganti bra.

5. Gula darah tinggi

Bayi dengan kadar gula darah yang tinggi lebih rentan terhadap infeksi jamur. Selain karena faktor keturunan (mewarisi diabetes), tingginya kadar gula pada anak juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti penggunaan obat tertentu seperti kortikosteroid.

Lakukan 2 Hal Ini saat Alami Lidah Putih 

Infeksi jamur Candida albicans pada lidah anak dapat diatasi dengan beberapa cara, antara lain:

1. Gunakan Obat Antijamur

Jika infeksi sudah membuat si kecil rewel dan menurunkan nafsu makannya, segera bawa ke dokter anak. Dokter dapat meresepkan obat antijamur seperti nistatin atau mikonazol yang dapat diaplikasikan ke lidah bayi untuk membunuh jamur Candida albicans.

2. Bersihkan Lidah Secara Teratur

Setelah memberikan obat, pastikan untuk membersihkan lidah bayi dan anak-anak secara teratur menggunakan kain lembut yang direndam pada air matang atau sikat gigi bayi dan anak-anak. Tujuannya untuk mencegah pertumbuhan jamur di kemudian hari.

Nah, demikianlah sejumlah informasi terkait lidah putih pada bayi dan anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan ayah-bunda sekalian.

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/white-tongue-on-baby

https://www.nhs.uk/conditions/sore-or-white-tongue/#:~:text=A%20white%20tongue%20can%20be,GP%20if%20you're%20worried.

Artikel Terkait

Lihat Semua