mainan bayi dua bulan

Rekomendasi Mainan Bayi 2 Bulan untuk Stimulasi Tumbuh Kembang si Kecil

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, M.Psi, Mont. Diploma

Memberikan mainan untuk anak adalah hal yang umum dilakukan orangtua. Selain menyenangkan anak, mainan juga memberikan berbagai manfaat penting bagi si Kecil seperti membantu mengembangkan keterampilan motorik, sensorik, dan kognitif mereka. Namun, memilih mainan tidak boleh sembarangan ya, Ayah-Bunda. Pastikan untuk selalu memberikan mainan yang aman dan sesuai dengan usia anak Ayah Bunda.

Bagi Ayah Bunda yang sedang mencari mainan untuk bayi, artikel ini akan fokus membahas tips memilih mainan untuk bayi usia 2 bulan dan rekomendasi mainan yang baik untuk menstimulasi tumbuh kembangnya.

Sebelum membahas rekomendasi mainannya, mari kita ulas dulu sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mainan untuk bayi.

Tips Memilih Mainan Bayi 2 Bulan

1. Pilih Mainan yang Aman untuk Bayi

Hal pertama yang harus dipastikan adalah mainan yang Ayah Bunda berikan aman bagi bayi. Coba cek apakah mainan yang akan Ayah Bunda berikan bisa tertelan oleh bayi atau mengandung bahan berbahaya seperti zat kimia, cat, atau bahan yang dapat memicu alergi pada bayi. Untuk mengetahuinya, Ayah Bunda harus teliti untuk membaca kandungan yang tertera di kemasan mainan. Jika tidak ada keterangan yang pasti, lebih baik urungkan niat Ayah Bunda untuk memberikan mainan tersebut.

2. Pilih Mainan Sesuai Usia Anak

Mainan harus sesuai dengan usia bayi Ayah Bunda. Sebab, mainan yang tidak sesuai usia bukan hanya tidak menstimulasi anak melainkan juga berbahaya bagi bayi. Sebelum memilih mainan, lihat terlebih dahulu label usia yang biasanya disertakan oleh produsen mainan di bungkusnya. Jika Ayah Bunda bingung, tanyakan pada admin atau penjaga toko mengenai informasi yang Ayah Bunda butuhkan.

3. Pilih Mainan yang Mengembangkan Keterampilan

Mainan harus membantu bayi Ayah Bunda mengembangkan keterampilan motorik, sensorik, dan kognitif mereka. Mainan yang bisa dipegang dan digigit dapat membantu memperkuat keterampilan motorik dan sensorik. Sedangkan, mainan yang mengeluarkan suara atau menyala dapat mengasah keterampilan kognitif. 

4. Pilih Mainan yang Mudah Dibersihkan

Sebelum membeli, pastikan mainan yang Ayah Bunda pilih mudah dibersihkan. Mainan yang sulit dibersihkan dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan bayi Ayah Bunda.

5. Mainan Bukan Pengganti Orang Tua

Meskipun mainan dapat membantu mengembangkan keterampilan bayi Ayah Bunda, pastikan Ayah Bunda memberikan waktu dan perhatian yang cukup pada anak. Kemampuan Interaksi sosial, kemampuan bahasa dan etika hanya bisa diperoleh dari orang tua.

Mainan yang Cocok untuk Bayi 2 Bulan

1. Mainan Gantungan Bayi

Pada usia 2 bulan, bayi mulai belajar mengembangkan koordinasi tangan dan mata mereka. Mainan gantungan warna warni dapat membantu mereka melatih gerakan tangan dan koordinasi mata. Mainan ini juga dapat membantu merangsang indra pendengaran karena suara-suara yang keluar dari mainan tersebut.

2. Mainan Rattle

Rattle dapat membantu merangsang indra pendengaran dan membantu bayi mengembangkan perhatian pada suara. Selain itu, mainan rattle juga dapat membantu melatih gerakan tangan dan koordinasi mata, serta membantu memperkenalkan konsep cause-and-effect pada bayi.

3. Mainan Musik Boks

Mainan musik juga direkomendasikan bagi bayi usia 2 bulan. Selain dapat menenangkan bayi, musik yang dihasilkan dari mainan ini dapat membantu merangsang indra pendengaran dan membangkitkan perhatian serta minat si Kecil pada suara. 

4. Buku

Buku dengan gambar menarik dan warna yang colorful juga cocok untuk bayi usia 2 bulan. Namun, pastikan untuk memilih buku dengan bahan yang lembut dan bertekstur sehingga aman dan bermanfaat untuk menstimulasi sensorik si Kecil.

Foto: Fabrikasimf from Freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua