manfaat-bermain-di-luar-ruangan-bagi-anak-anak

7 Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak-anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, S. Psi, Montessori Dipl.

Saat ini, banyak anak-anak yang lebih memilih untuk bermain game dan gadget di rumah dibandingkan ke luar. Padahal, bermain di luar sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan anak.

Agar anak dapat menyukai aktivitas di luar rumah, AyBun harus membiasakannya dari semenjak dia bayi. Dengan begitu, mereka akan terbiasa untuk bermain di luar rumah ketika memasuki tingkat usia prasekolah atau sekolah dasar.

Anak-anak yang aktif di luar rumah selama masa kecilnya, kemungkinan besar akan hidup sehat dan berolahraga teratur pada saat dewasa nanti. Selain itu, masih banyak lagi manfaat bermain di luar ruangan bagi anak-anak lainnya.

Cari tahu selengkapnya, di berikut ini!

Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan

Tahukah AyBun bermain di luar ruangan dapat membantu tumbuh kembang anak? Aktivitas ini juga mampu mendekatkan si kecil dengan alam. Ada beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini:

  1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari pagi mempunyai vitamin D yang sangat baik untuk perkembangan tulang dan daya tahan si kecil. Sinar matahari juga bisa bikin kualitas tidur dan suasana hati jadi lebih baik. Sehingga, daya tahan tubuh anak dapat terjaga dengan baik. 

  1. Bersosialisasi

Dengan anak bermain di luar ruangan, mereka akan bertemu dengan banyak orang. AyBun bisa ajak si kecil ke taman bermain untuk bertemu dengan teman-teman sebayanya, nantinya dia akan belajar untuk memiliki teman, bagaimana memperlakukan orang lain, hingga bekerja sama dengan orang lain.

  1. Mental lebih sehat

Anak yang sering bermain di luar akan dekat dengan alam. Dengan menghabiskan waktu bersama orang tua, teman sebayanya dan alam, suasana hati dan kebahagiaan anak akan membaik. Anak juga mampu untuk menjadi pribadi yang menghargai alam dan melindungi lingkungan.  

  1. Fisik jadi lebih kuat

Tak dipungkiri bahwa anak harus aktif selama satu jam sehari. Mereka mungkin dapat bermain di dalam rumah, tapi bermain di luar ruangan adalah hal yang lebih baik. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah dan lebih seru, bermain perosotan atau bersepeda misalnya.

Kegiatan bermain di luar ruangan membantu meningkatkan koordinasi dan kekuatan anak. Ketika bermain ayunan, mereka akan menggunakan semua otot untuk bertahan dan duduk. Ataupun ketika bermain perosotan, bersepeda, petak umpet hingga skuter akan memperkuat fisik dan ototnya pula.

  1. Kesadaran diri lebih besar

Anak-anak yang bermain di luar lebih mungkin mengembangkan keterampilan observasi dan penalaran. Berada di luar ruangan dapat memberikan mereka prespektif yang berbeda dalam melihat dunia. 

Contohnya, ketika anak kecil bermain ayunan. Mereka akan mempelajari konsep sebab dan akibat saat AyBun mendorong mereka di ayunan.  

  1. Meningkatkan konsentrasi

Lingkungan di luar rumah akan membuat anak lebih penasaran dan fokus untuk mengerjakan tugas lebih lama. Anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya dalam ruangan dengan sedikit aktivitas yang membutuhkan inisiasinya, mereka menunjukkan ketertarikan lebih rendah untuk memulai.

Di sisi lain, menurut penelitian pada anak yang mengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), peneliti menemukan bahwa anak dengan ADHD yang menghabiskan waktu di luar lebih lama, menunjukkan gejala ADHD yang lebih sedikit.  

  1. Lebih peduli pada lingkungan

Menurut penelitian University of British Columbia pada Februari tahun 2017, anak yang sering bermain di luar cenderung peduli dengan alam ketika mereka menginjak dewasa nanti. 

Ada alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Anak-anak belajar mencintai alam melalui pengalaman di luar rumah. Anak berinteraksi secara langsung dengan flora dan fauna di sekitarnya. Mereka mendengarkan kicauan burung dari pepohonan, menanam bunga, menjelajahi taman, hingga menyaksikan matahari terbenam. 

Permainan Outdoor yang Cocok untuk Anak-Anak

Bermain di luar ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk anak. Oleh karena itu, AyBun harus ajak mereka untuk bermain keluar. Ada beberapa permainan seru yang bisa anak mainkan dengan orang tua atau teman sebayanya, seperti berikut:

  • Bersepeda
  • Bermain pasir atau tanah
  • Petak umpet 
  • Benteng-bentengan
  • Bermain layangan
  • Berenang/bermain air
  • Lompat tali
  • Estafet
  • Engklek
  • Ular naga panjang
  • Bermain ayunan/prosotan di taman

Itulah deretan manfaat dan ide permainan yang seru yang bisa AyBun mainkan bersama anak. Mulai dari sekarang, AyBun sering ajak anak main keluar, jangan biarkan mereka bermain gadget terlalu lama di rumah. 

Dunia anak kecil adalah bermain, arahkan mereka untuk aktivitas di luar yang bermanfaat, ya, AyBun. Yuk, ajak anak bermain di luar sekarang juga!

Ditinjau oleh:

Gianti Amanda, S. Psi, Montessori Dipl.

Artikel Terkait

Lihat Semua