Pencapaian 8 bulan

4 Pencapaian yang Bisa Dilakukan Bayi 8 Bulan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Jennie Dianita, Sp.A

Orang tua tentu saja khawatir jika bayi mereka mengalami keterlambatan tumbuh kembang jika dibandingkan dengan anak seusianya. Misalnya, ketika bayi lain sudah dapat merangkak bahkan berdiri, si kecil justru masih belum dapat duduk tanpa bantuan orang lain. 

Karena minimnya informasi dan pengetahuan seputar perkembangan bayi, tidak jarang orang tua mengambil kesimpulan dan tindakan yang salah. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap perkembangan anak, cara yang paling tepat adalah memperkaya informasi dari sumber yang terpercaya dan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Sebagai referensi terbaik dan terpercaya seputar ibu, bayi dan parenting, kali ini Tentang Anak membahas mengenai perkembangan bayi 8 bulan. Di usia 8 bulan, bayi memang memiliki banyak sekali pencapaian yang signifikan baik secara motorik, kognitif, sosial hingga bahasa.

Artikel ini juga akan menjelaskan sejumlah tanda keterlambatan tumbuh kembang yang patut diamati dan diwaspadai. Selain itu, ada juga rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan untuk menstimulasi bayi 8 bulan. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kita mulai pembahasannya satu per satu.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

1. Tepuk Tangan, Melambaikan Tangan, Menunjuk

Pada usia ini, bayi sudah memiliki koordinasi tangan yang cukup baik sehingga mampu melakukan tepuk tangan, melambaikan tangan, dan menunjuk bila menginginkan sesuatu.

Meskipun begitu, perlu dipahami bahwa tidak semua bayi bisa melakukan semua hal tersebut pada usia 8 bulan. Setiap bayi berkembang pada tempo yang berbeda-beda. Jika bayi belum bisa melakukannya pada usia 8 bulan, tidak perlu khawatir. Batasan usia untuk tepuk tangan adalah 11 bulan, melambaikan tangan 14 bulan, dan menunjuk 12 bulan.  

2. Berdiri Sambil Berpegangan

Sebagian besar bayi usia 8 bulan sudah mampu untuk berdiri sambil berpegangan.  Berdiri sambil berpegangan merupakan tanda-tanda awal bahwa bayi sedang dalam proses belajar berjalan. Pada tahap ini, bayi sedang mencoba memperkuat otot-otot kaki dan panggul agar nantinya si kecil bisa berjalan dengan stabil.

3. Merangkak

Jika bayi Anda sudah dapat merangkak pada usia 8 bulan atau lebih awal, itu adalah tanda positif bahwa tumbuh kembangnya baik. Namun, jika si kecil belum mulai merangkak pada usia 8 bulan, tidak perlu dikhawatirkan apabila tanda-tanda perkembangan motorik lainnya terlihat seperti duduk dengan stabil tanpa bantuan atau berguling dari posisi duduk ke posisi telentang dan sebaliknya.  Perlu ayah-bunda ketahui juga, usia antara 7-11 bulan merupakan rentang waktu normal bagi bayi untuk belajar merangkak.

4. Mengucapkan papa mama

Pada usia 8 bulan, kemampuan berbahasa bayi semakin meningkat dan ditandai oleh sejumlah kemampuan seperti berikut ini:

  • Pada usia ini bayi dapat mengeluarkan berbagai macam suara, seperti mengoceh.
  • Pada umumnya, bayi 8 bulan juga sudah dapat mengucapkan beberapa kata sederhana, seperti "mama" atau "papa" meskipun kadang si kecil belum memahami artinya.

Jenis-Jenis Permainan untuk Stimulasi Bayi 8 Bulan

Memberikan stimulasi pada bayi sangat efektif untuk membantu tumbuh kembangnya. Sebab, stimulasi yang tepat dapat mempercepat perkembangan bayi dalam berbagai aspek perkembangan mulai dari kognitif, motorik, sosial, dan bahasa. Berikut ini adalah sejumlah ide aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama si kecil untuk menstimulasi perkembangannya.

  1. Bermain Petak Umpet

Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan, bermain petak umpet dapat mengembangkak kemampuan Object Permanence anak. Object Permanence adalah konsep pemahaman bahwa sebuah objek atau manusia dapat tetap eksis meski kita tidak melihatnya. Ini merupakan milestone kognitif yang penting untuk dicapai si kecil. Bermain petak umpet juga terbukti mengasah kemampuan visual si kecil.

  1. Crawling Games

Permainan ini dapat melatih bahu, lengan dan koordinasi antara bagian kanan dan kiri dari tubuh bayi. Selain itu, bermain merangkak dapat merangsang kemampuan visual, meraba dan proprioceptive bayi. Permainan ini bisa dilakukan dengan menempatkan bayi di sebuah ruangan di mana benda-benda favoritnya kita simpan secara berjauhan. Cara ini bisa memancing bayi untuk merangkak dan mengambil benda-benda tersebut.

  1. Membaca Buku

Untuk merangsang kemampuan bahasanya, membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang disarankan. Saat membacakan buku, gunakan berbagai macam intonasi dan tone suara serta ekspresi wajah dan suara untuk berbagai karakter. Biarkan juga mereka mengeksplorasi buku untuk merangsang kemampuan motoriknya.

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/8-month-old-baby-milestones-and-development_725

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-8-month-old

Frankenburg WK, Dodds J, Archer P, Bresnick B, Maschka P, Edelman N, dkk. Denver II: training manual. Denver: Denver Developmental Materials, Inc, 1992.  

Artikel Terkait

Lihat Semua