peran-ayah-terhadap-kecerdasan-anak

Peran Ayah Terhadap Kecerdasan Anak Perempuan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog

Saat bermain di rumah siapa nih yang sering kompak sama si Kecil? Ayah atau Bunda? Dalam mengasuh anak perempuan umumnya sosok Bunda yang terlihat berperan banyak, padahal peran Ayah maupun Bunda dalam mengasuh anak perempuan sama pentingnya, lho!

Ayah dan Bunda tahu tidak, kalau ternyata Ayah juga memiliki peranan penting dalam mengembangkan kecerdasaran anak perempuan? 

Ayah memainkan peran dalam kehidupan setiap anak yang tidak dapat diisi oleh orang lain. Peran ini dapat berdampak besar pada seorang anak dan membantu membentuknya menjadi orang yang mereka inginkan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang peran ayah di bawah ini!

Manfaat Peran Ayah Terhadap Kecerdasan Anak Perempuan

Ayah, sama halnya seperti ibu, adalah pilar dalam perkembangan anak. Anak-anak akan bergantung pada ayah mereka untuk menetapkan peraturan dan menegakkannya. Mereka juga mengandalkan ayah mereka untuk memberikan rasa aman, baik secara fisik maupun emosional. 

Secama umum, anak-anak ingin membuat ayah mereka bangga, dan ayah yang terlibat dapat meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan batin si Kecil. 

Hal ini didukung dengan penelitian yang telah menunjukkan bahwa ketika ayah penuh kasih sayang dan suportif, maka itu akan sangat mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak. Peran Ayah juga dapat menanamkan rasa kesejahteraan dan kepercayaan diri secara keseluruhan kepada anak.

Tidak hanya itu saja, interaksi ayah dan anak perempuan ternyata juga memiliki beberapa manfaat lainnya, antara lain:

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri
  2. Meningkatkan ketangguhan saat menghadapi stres
  3. Meningkatkan kemampuan mengelola emosi yang efektif
  4. Mengurangi perilaku berisiko berbahaya
  5. Meningkatkan kemampuan kognitif
  6. Meningkatkan kompetensi sosial, terutama dengan lawan jenis

Apa Saja Peran Ayah dalam Mengasuh Anak Perempuannya?

Ternyata interaksi ayah dan anak bisa memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil ya. 

Lalu kalau sudah begini kira-kira apa saja peran Ayah dalam mengasuh anak perempuannya?

1. Hadir secara fisik dan emosional

Kehadiran ayah secara fisik dan emosional sangat penting karena dapat memberikan keamanan dan dukungan emosional bagi anak perempuannya. Untuk itu, seorang ayah perlu menunjukkan kepada putrinya seperti apa hubungan yang baik dengan seorang pria.

Ayah bisa hadir di pertandingan sekolah si Kecil, berada di samping tempat tidurnya untuk cerita dan doa di malam hari, atau menghadiri konferensi orang tua dan guru. 

2. Terlibat secara aktif dalam pengasuhan anak

Umumnya ibu yang akan terlibat aktif dalam pengasuhan anak, tetapi kenyataannya peran ibu dan ayah sama pentingnya. 

Ayah bisa mengajarkan putrinya keterampilan baru, mendukung anak untuk mengasah potensi yang dimilikinya, mengajarkannya tentang bagaimana cara untuk menjalin hubungan dengan orang lain, hingga membantunya menanamkan rasa percaya diri.

3. Menyediakan waktu secara rutin untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menstimulasi anak

Selain terlibat secara aktif, ayah juga perlu menyediakan waktu secara rutin untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bisa menstimulasi pertumbuhan kecerdasan anak. 

Ayah bisa mulai terlibat dengan melakukan hal-hal yang disukai si Kecil dan masuk ke dunianya. Menikmati apa yang dia sukai akan memvalidasinya dan memberinya rasa individualitasnya sendiri.

4. Menciptakan suasana rumah yang nyaman

Lingkungan rumah yang positif dapat menentukan bagaimana cara seorang anak berhubungan dengan apa yang mereka miliki dalam hidupnya. Apa yang diajarkan kepada anak dan hubungan apa yang dicontohkan adalah apa yang akan terima anak dalam diri mereka sendiri.

Oleh sebab itu, Ayah dan Bunda harus bekerja sama untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan aman untuk anak-anaknya.

Contoh Aktivitas yang Bisa Dilakukan Ayah dengan Anak Perempuan

Lalu, apa saja sih contoh aktivitas yang bisa dilakukan Ayah dengan si Kecil?

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan ayah dan putrinya untuk meningkatkan hubungan di antara keduanya. Berikut adalah beberapa contoh aktivitas yang bisa dilakukan ayah dan anak perempuan:

  1. Membaca buku bersama
  2. Memandikan si Kecil
  3. Bermain peran
  4. Menidurkan si Kecil
  5. Bermain sepeda dan aktivitas di lapangan
  6. Mencuci kendaraan/mainan bersama
  7. Menyapu taman
  8. Bermain balok/berolahraga
  9. Membeli es krim di toko favorit
  10. Menonton film yang disukai si Kecil

Apa Akibatnya Jika Ayah Tidak Berperan dalam Mengasuh Anak Perempuan?

Ayah dan Bunda tahu tidak kalau ternyata kurangnya peran ayah dalam pertumbuhan si Kecil dapat berdampak pada banyak hal, termasuk 3 (tiga) hal berikut:

1. Menjadi kurang sehat secara fisik

Penelitian yang dipublikasikan di The Linacre Quarterly menunjukkan bahwa 22% anak dari orang tua tunggal memiliki kesehatan yang buruk, dibandingkan dengan 12% anak yang dibesarkan dalam keluarga inti.

2. Memiliki perkembangan sosial-emosional yang kurang

 Penelitian yang diterbitkan dalam Annual Review of Sociology menemukan bahwa ada bukti kuat bahwa ketidakhadiran ayah berdampak negatif pada perkembangan sosial-emosional anak.

3. Mengalami ketidakstabilan keuangan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Linacre Quarterly, ibu asuh kehilangan hingga 50% dari pendapatan rumah tangga mereka dan lebih mungkin menerima bantuan publik. Pendapatan rata-rata ibu yang bercerai hanya 47% dari rumah tangga pasangan suami istri. 

Artinya, anak-anak yang hidup hanya dengan ibu mereka lebih cenderung berada dalam ketidakstabilan keuangan.

Itu dia pembahasan tentang pentingnya peran ayah dalam kecerdasan anak perempuan. Dalam hal ini, ibu dan ayah memiliki peran dan memberikan hal yang berbeda kepada anak-anak mereka, tetapi keduanya sama-sama penting.

Anak-anak membutuhkan peran dan dukungan dari kedua orang tua saat mereka tumbuh dewasa untuk memiliki kesempatan terbaik dan sukses dalam hidup. Oleh sebab itu, Ayah dan Bunda haru mempertahankan kekompakkan dan keharmonisan agar tercipata keluar yang sehat dan harmonis ya!

Foto: www.pexels.com 

Sumber: https://www.babycentre.co.uk/a539837/five-myths-of-fatherhood

https://www.researchgate.net/publication/270206190_Maternal_Gatekeeping_Mothers%27_Beliefs_and_Behaviors_That_Inhibit_Greater_Father_Involvement_in_Family_Work  

https://dadsforlife.sg/research/how-mothers-affect-the-quality-of-fathering/  

https://www.fatherhood.org/championing-fatherhood/maternal-gatekeeping-why-it-matters-for-children  

https://publications.aap.org/pediatrics/article/138/1/e20161128/52467/Fathers-Roles-in-the-Care-and-Development-of-Their 

Ditinjau oleh:

Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog

Artikel Terkait

Lihat Semua