perkembangan bayi 11 bulan

Perkembangan Bayi 11 Bulan: Motorik, Kognitif & Pertumbuhan Fisiknya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Ulang tahun pertama bayi Ayah Bunda sudah dekat, dan melihat perkembangannya membuat perasaan Ayah Bunda bercampur gembira juga haru karena berusia 11 bulan telah menciptakan banyak perubahan yang membuat Ayah Bunda kagum. 

Umumnya, bayi 11 bulan semakin aktif bergerak di sekitar rumah. Ia semakin mengenali lingkungan sekitarnya dan mulai mencoba untuk berdiri sebagai awalan latihan berjalan. Pada tahap ini, Ayah Bunda tentu harus ekstra hati-hati dalam memberikan pengawasan demi keselamatan si kecil. Nah, apa saja perkembangannya saat bayi berusia 11 bulan dan apa stimulus yang tepat seperti bisa diberikan? Simak artikel berikut ini sampai tuntas. 

Milestone Bayi 11 Bulan 

Bayi Ayah Bunda akan mengalami banyak perkembangan pada usia 11 bulan yang terlihat dari: fisik, motorik, bahasa, dan sosial. Masuk dalam tahapan latihan berjalan, bayi Ayah Bunda juga sudah memperlihatkan minatnya bergerak lebih aktif dengan berdiri tanpa bantuan. 

Apa saja perkembangan lainnya? Berikut milestone bayi saat berusia 11 bulan yang Ayah Bunda perlu ketahui. 

1. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik

Semakin besar! Itulah fisik yang terlihat pada bayi Ayah Bunda yang berusia 11 bulan. Umumnya berat badan bayi berusia 11 bulan berkisar antara antara 6,9 kg sampai 10 kg dan tinggi badannya mencapai 67 cm-79 cm. 

Sejalan dengan pertumbuhan fisiknya, gerakannya juga semakin bermacam-macam. Bayi 11 bulan mungkin sudah bisa duduk tanpa bantuan, merangkak atau bahkan berdiri dengan bantuan. Beberapa bayi mungkin sudah mulai berjalan dan mampu memegang objek dengan lebih baik.

2. Perkembangan Motorik

Bayi Ayah Bunda mungkin sudah bisa memegang dan menggenggam benda dengan baik pada usia 11 bulan. Bahkan sudah bisa melempar benda dengan baik. Minatnya untuk mengambil benda kecil dengan jari-jari semakin besar, juga mulai memainkan barang tersebut. 

3. Kemampuan Bahasa

Pada usia 11 bulan, bayi Ayah Bunda mungkin sudah bisa mengeluarkan suara-suaranya sendiri. Mereka mungkin sudah mulai mengucapkan beberapa kata pertama mereka seperti "mama" atau "papa" atau kata-kata sederhana lainnya. Bayi Ayah Bunda juga mungkin mulai memahami kata-kata yang Ayah Bunda ucapkan.

4. Sosialisasi

Bayi Ayah Bunda mungkin sudah mulai menunjukkan minat dalam interaksi sosial dan lebih memperhatikan orang lain. Mereka mungkin tertawa, senang bergaul, dan mencoba meniru apa yang dilakukan orang dewasa.

5. Kognitif

Bayi Ayah Bunda mungkin mulai dapat memahami hubungan sebab-akibat dan dapat memecahkan masalah sederhana. Mereka juga mungkin mulai memahami peran objek dan bagaimana objek berinteraksi satu sama lain.

Stimulasi yang Tepat untuk Bayi 11 Bulan 

Stimulasi sangat penting untuk anak, melakukannya dengan rutin membantu anak belajar tentang dunia serta berkomunikasi dan membentuk keterikatan dengan orang lain. Pada usia 11 bulan, bayi Ayah Bunda akan memerlukan stimulus yang baik untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan motorik, sosial, bahasa, dan kognitif mereka. 

Ayah Bunda bisa melakukannya saat sedang bermain, mengganti popok, sedang memandikannya atau ketika menggendongnya. Selain itu ada beberapa contoh stimulus yang bisa membantu perkembangan bayi 11 bulan. 

1. Bermain Balok

Kegiatan ini membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus bayi Ayah Bunda. Bayi akan belajar mengambil, memegang, melempar, dan menumpuk dengan bermain balok.

2. Membaca Buku

Membaca buku bersama bayi Ayah Bunda dapat membantu memperkuat hubungan sosial dan bahasa. Pilih buku yang memiliki gambar-gambar cerah dan menarik untuk membantu menarik perhatian bayi Ayah Bunda.

3. Bermain dengan Mainan

Bermain dengan mainan dapat membantu stimulasi kognitif dan motorik bayi Ayah Bunda. Pilih mainan yang aman dan sesuai usia bayi Ayah Bunda seperti bola, boneka, atau mainan yang berbunyi.

4. Bernyanyi dan Menari

Bernyanyi dan menari bersama bayi Ayah Bunda dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa. Pilih lagu-lagu anak-anak yang menyenangkan dan mudah diingat untuk membantu memperkuat hubungan bahasa.

5. Bermain dengan Air

Bermain dengan air dapat membantu stimulasi motorik dan kognitif bayi Ayah Bunda. Cobalah memberikan mainan air seperti mangkuk atau botol plastik untuk memungkinkan bayi Ayah Bunda mengeksplorasi dengan tangannya dan merasakan sensasi air.

6. Menjelajahi Lingkungan

Mengizinkan bayi Ayah Bunda untuk menjelajahi lingkungan sekitar mereka dengan pengawasan yang ketat dapat membantu stimulasi motorik dan sosial mereka. Biarkan mereka memegang objek, mengeksplorasi permukaan yang berbeda, dan berinteraksi dengan orang dan hewan peliharaan di sekitar mereka.

Merawat Bayi Berusia 11 Bulan

Perkembangan yang pesat pada bayi berusia 11 bulan membuat Ayah Bunda harus ekstra hati-hati dalam merawat bayi dan memantau setiap pergerakannya. Berikut sejumlah petunjuk dalam merawat bayi berusia 11 bulan: 

1. Berikan Makanan yang Sehat

Bayi berusia 11 bulan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak karena perkembangannya yang pesat. Pastikan untuk memberikan makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan, dan biji-bijian.

2. Jangan Memaksakan Bayi untuk Makan

Bayi Ayah Bunda mungkin mulai menunjukkan keinginan untuk memegang sendiri makanannya pada usia 11 bulan, jadi biarkan bayi Ayah Bunda mencoba makan sendiri. Namun jika anak menolak untuk makan, jangan memaksanya karena akan membuatnya makin rewel ganti dengan cara memberikan makanan yang terlalu banyak sekaligus.

3. Berikan Banyak Kesempatan untuk Bermain dan Eksplorasi

Bayi Ayah Bunda mungkin sudah mulai merangkak, berdiri atau bahkan berjalan pada usia 11 bulan, Ayah Bunda perlu memberikan kesempatan untuk bermain dan bereksplorasi di sekitar mereka, sambil mengawasinya pastikan kalau lingkungan sekitar mereka aman dan tidak terdapat benda tajam atau berbahaya.

4. Berbicara dengan Bayi Ayah Bunda

Sering mengajak bayi berbicara membantu memperkuat hubungan sosial dan bahasa. Ayah Bunda bisa memulainya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh bayi Ayah Bunda dan berbicara dengan nada yang lembut dan menyenangkan.

5. Pastikan Bayi Ayah Bunda Tidur yang Cukup

Bayi Ayah Bunda membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mendukung perkembangan otak dan tubuh mereka. Jadi, pastikan bayi Ayah Bunda tidur yang cukup setiap hari dan buatlah rutinitas tidur yang konsisten.

6. Konsultasikan dengan Dokter Anak atau Ahli Perkembangan Anak

Jika Ayah Bunda memiliki kekhawatiran tentang perkembangan bayi Ayah Bunda atau membutuhkan saran tentang perawatan dan pengasuhan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli perkembangan anak.

Setiap bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda, Ayah Bunda tidak perlu khawatir jika bayi Ayah Bunda mengalami kemajuan yang berbeda dengan bayi lain seusianya. Ayah Bunda hanya perlu selalu memberikan dukungan dan kasih sayang terbaik kepada bayi Ayah Bunda dan nikmati setiap momen bersama mereka.

Foto: designed by freepik

Sumber:

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old

Artikel Terkait

Lihat Semua