Mainan Anak 1 Tahun

Rekomendasi 8 Mainan Terbaik untuk Anak 1 Tahun

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh GIanti Amanda, Montessori Dipl.

Mainan dan permainan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan anak. Mainan berkontribusi terhadap perkembangan kognitif, motorik, psikososial, emosional hingga kemampuan bahasa anak. Mainan juga memiliki peran vital dalam menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas hingga kebahagiaan anak.

Sebagai orang tua, ayah-bunda wajib menyediakan mainan dan permainan bagi si kecil. Namun, memilih mainan tidak boleh sembarangan. Terlebih jika si kecil masih berada di usia 1 tahun. Pastikan untuk memberikan mainan yang memang sesuai dengan usianya agar terhindar dari risiko sekaligus memberikan manfaat yang benar-benar dibutuhkan si kecil. Untuk membantu ayah-bunda menemukan mainan yang tepat buat si kecil, berikut ini rekomendasi  mainan yang bisa dipertimbangkan:

9 Mainan untuk Anak 1 Tahun

1. Blok Kayu

Blok kayu dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar, serta kognitif. Anak dapat belajar tentang bentuk, ukuran, dan warna sambil merakit dan menghancurkan bangunan dari blok kayu.

2. Mainan Susun

Mainan susun seperti balok susun atau ring susun dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar, serta kognitif. Anak dapat belajar tentang urutan, ukuran, dan warna sambil menumpuk dan menarik susunan mainan.

3. Mainan Musikal

Mainan musikal seperti kolintang atau gitar kecil dapat membantu anak mengembangkan kemampuan sensorik dan emosional. Anak dapat belajar tentang suara dan ritme sambil mengekspresikan diri dan merasakan perasaan bahagia melalui musik.

4. Puzzle

Mainan puzzle dapat membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus dan kognitif. Anak dapat belajar tentang bentuk dan ukuran sambil mencocokkan dan merakit potongan-potongan puzzle.

5. Push Bike

Memberikan push bike (sepeda dorong) untuk anak usia 1 tahun dapat dilakukan jika anak tersebut telah memiliki kemampuan motorik kasar yang cukup untuk dapat menahan keseimbangan dan sedang dalam tahap belajar berjalan. Namun, sebaiknya saat bermain push bike anak selalu diawasi oleh orang dewasa.

6. Mobil-mobilan

dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus dan kognitif anak, serta memberikan rangsangan sensorik melalui berbagai bentuk dan warna yang ada pada mobil-mobilan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa pada usia ini, anak masih sangat rentan terhadap risiko tersedak, jadi pastikan untuk memilih mobil mobilan yang tidak memiliki bagian-bagian mudah lepas atau terlalu kecil.

7. Boneka

Mainan boneka dapat diberikan kepada anak usia 1 tahun, namun sebaiknya pilihlah jenis boneka yang aman untuk anak, terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Boneka dapat membantu mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak, serta dapat menjadi teman main yang menyenangkan

8. Buku Feel and Touch

buku touch and feel sangat baik untuk anak usia 1 tahun. Buku ini memungkinkan anak untuk merasakan berbagai tekstur dan benda yang berbeda di dalam buku, sehingga membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan sensorik anak.

Selain itu, buku touch and feel juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan kosakata anak dengan memperkenalkan berbagai kata dan objek baru. Anak dapat belajar mengenali bentuk, warna, dan sifat fisik lainnya dari benda-benda yang dijelaskan dalam buku.

Foto: designed by freepik

Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8430366/

https://www.forbes.com/sites/forbes-personal-shopper/article/best-toys-for-1-year-olds/?sh=6bc026d6e14d

Artikel Terkait

Lihat Semua