telur-untuk-mpasi

4 Jenis Telur Terbaik untuk MPASI dan Kandungan Gizinya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menjelaskan bahwa stunting, sebuah kondisi ketika tinggi badan anak lebih pendek daripada standar usianya, sebagian besar disebabkan karena gizi buruk, infeksi anak yang berulang, dan kemampuan kognitif juga motorik anak kurang memadai.

Tahukah AyBun? Indonesia tercatat sebagai Negara dengan anak-anak penderita stunting terbesar di ASEAN, lho. Namun, jangan khawatir, ada banyak cara untuk mencegah stunting pada anak, salah satunya adalah mengonsumsi telur.

Ayah dan Bunda bisa memperkenalkan bayi untuk memakan telur sejak dalam masa MPASI. Lalu, apa manfaat telur untuk MPASI dan apa saja jenis telur yang baik untuk anak? Simak penjelasan berikut.

Mengapa Telur Sangat Baik untuk MPASI?

Telur merupakan salah satu komponen makanan yang kaya akan nutrisi, mulai dari 6 gram protein setiap butirnya, 70 kalori, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, kolin yang dapat membantu fungsi hati, folat, asam lemak, kalsium, zat besi, kolesterol, dan tembaga.

Makanan ini sangat baik untuk pertumbuhan, kesehatan anak, dan juga sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI). Ayah dan Bunda dapat merebus telur tersebut, membuat bubur telur, hingga scrambled egg. Pastikan telur dalam keadaan matang sebelum diberikan kepada bayi

Manfaat Telur untuk Bayi

Sebagai makanan penuh nutrisi baik untuk bayi, telur memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi yang lebih optimal, yakni sebagai berikut.

1. Telur Memiliki Protein yang Tinggi

Telur dapat memenuhi protein harian yang dibutuhkan oleh bayi saat masa MPASI. Protein dapat mencukupi gizi dan  memberikan energi kepada tubuh bayi.

Dalam satu butir telur, terdapat 6 gram protein yang dapat membantu bayi untuk meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan, dan menunjang perkembangan jaringan tubuhnya.

2. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Berikutnya, telur memiliki nutrisi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh bayi, seperti kalsium, seng, dan selenium. Telur juga mengandung folat yang dapat mempercepat proses regenerasi sel pada  bayi.

Ayah dan Bunda bisa memberikan beberapa pilihan telur, seperti telur ayam kampung, telur puyuh, telur bebek, hingga telur ayam negeri.

3. Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Makanan murah dan mudah diperoleh oleh Ayah dan Bunda ini dapat menjaga kesehatan mata bayi karena memiliki kandungan antioksidan, seperti zeaxanthin dan lutein.

Kedua antioksidan ini dapat AyBun temukan dalam kuning telur. Selain itu, kandungan lutein dapat melindungi mata dari cahaya yang dapat membahayakan bayi, lho. 

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mata, menurut Journal of The American Academy of Pediatrics, kandungan kalsium pada telur dapat menjaga kesehatan tulang, gigi, dan jaringan pada tubuh bayi, lho.

Selain kalsium, terdapat juga vitamin D yang dapat menunjang pertumbuhan tulang, gigi, dan kesehatan otot bayi. Wah, sangat kaya akan manfaat, ya!

5. Mendukung Perkembangan Otak Bayi

Kandungan Kolin pada telur yang akan dikonsumsi oleh bayi dapat memicu perkembangan otak bayi dari segi fungsi kognitif otak bayi dan daya ingat bayi.

Sedangkan, Kolesterol dalam telur juga dapat membuat pencernaan lemak dan pembentukan hormon pada tubuh bayi berkembang dengan baik. 

6. Menjaga Fungsi Hati Bayi

Setiap nutrisi yang dimiliki oleh telur dapat menjaga kesehatan bayi luar dalam. Terakhir, telur juga dapat menjaga fungsi hati bayi, lho.

Kandungan sulfur yang ada di dalam telur dapat menyerap vitamin B12 yang dapat menjaga fungsi hati bayi. Sulfur juga dapat membantu pertumbuhan kuku dan rambut bayi.

Rekomendasi Telur yang Baik untuk MPASI 

Terdapat beberapa asupan telur yang baik dikonsumsi oleh anak. Ayah dan Bunda dapat memerolehnya dengan mudah di warung, pasar, hingga swalayan terdekat. Telur juga dapat dikonsumsi setiap hari karena kaya akan nutrisi. Berikut ini telur untuk MPASI dan kandungannya.

1. Telur Ayam Negeri

Telur ayam negeri sangat mudah Ayah Bunda dapatkan di toko telur terdekat. Telur ini memiliki 154 kalori, 12,4 gram protein, 0,7 gram karbohidrat 3 miligram zat besi, 86 miligram kalsium, 10,8 gram lemak, 1 miligram zinc, dan vitamin A dalam setiap 100 gram-nya.

2. Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung dipercaya lebih menyehatkan dan terbebas dari bakteri salmonella. Dalam 100 gram telur ayam kampung, terdapat 174 kalori, 10,8 gram protein, 1,2 gram karbohidrat, 4,9 miligram zat besi, 68 miligram kalsium, 14 gram lemak, 1,5 miligram zinc, dan vitamin A. 

3. Telur Puyuh

Meski ukurannya kecil, telur puyuh cukup baik untuk memenuhi nutrisi bayi. Dalam 100 gram telur puyuh, terdapat 116 kalori, 10,7 gram protein, 1,6 gram karbohidrat, 3,5 miligram zat besi, 65 miligram kalsium, 7 gram lemak, 1,2 miligram zinc, dan vitamin A. Telur puyuh dibanderol dengan harga 40 ribu per satu kilogram. 

4. Telur Bebek

Dalam 100 gram telur bebek, terdapat 187 kalori, 10,9 gram protein, 7,9 gram karbohidrat, 5,4 miligram zat besi, 64 miligram kalsium, 12,4 gram lemak, 1,8 miligram zinc, dan vitamin A. Telur bebek dibanderol dengan harga 60 ribu per satu kilogram. Telur ini dapat membantu tumbuh kembang bayi dan menambah berat badannya.

____________________________________________________________________________

Namun, perlu AyBun ketahui tentunya tidak ada satu asupan makanan paling super untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Pastikan AyBun sediakan asupan protein hewani lainnya dan divariasikan agar si Kecil lebih semangat makan ya. Semangat AyBun!

Sumber:

Foto: Paxels.com

Ditinjau oleh:

dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Artikel Terkait

Lihat Semua