ART Mudik

TIPS Efisien Bersihkan Rumah saat ART Mudik

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Perayaan hari raya idulfitri tak pernah lepas dari tradisi pulang kampung atau mudik, biasanya menjelang hari lebaran banyak Asisten Rumah Tangga yang mudik dan membuat tugas merawat rumah sepenuhnya pada AyBun.

Tak jarang, tumpukkan pekerjaan rumah yang terbengkalai dapat menambah beban dan membuat AyBun kewalahan bahkan stress. Di sisi lain, ini sebenarnya bisa menjadi kesempatan Ayah Bunda berkumpul dan memberikan perhatian penuh kepada keluarga. Sehingga libur lebaran terasa menyenangkan.

Untuk mengurangi pekerjaan rumah saat ART mudik, berikut tips yang bisa AyBun lakukan

6 TIPS Bersihkan Rumah saat ART Mudik

1. Membagi tugas membersihkan rumah bersama pasangan dan anak

Pembagian tugas terkait pekerjaan rumah tangga akan membuat pekerjaan semakin cepat selesai, misalnya ibu memasak, adik menyapu, kakak mengepel, dan ayah membersihkan sofa.

Kegiatan ini juga dapat merekatkan bonding antara anak dan AyBun, lho!

2. Mencicil pekerjaan yang belum terselesaikan

Menyelsaikan pekerjaan rumah tangga memang membutuhkan waktu, sehingga agar tidak terlalu lama selesai AyBun bisa memulai dari pekerjeaan yang ringan atau menyelesaikan yang sudah dilakukan ART sebelumnya.

3. Tidak menunda pekerjaan sekecil apapun

Kebiasaan menunda pekerjaan merupakan akan menghambat efisiensi waktu, sehingga jika AyBun telah memutuskan untuk melakukan sebuah pekerjaan rumah tangga lakukan sesegera mungkin hingga selesai.

4. Menggunakan alat bantu untuk meringankan pekerjaan

Di jaman era serba menggunakan teknologi, tidak memungkiri AyBun dapat menggunakan alat bantu yang sesuai dengan pekerjaan rumah tangga dengan pertimbangan efektivitas dan efisiensi tenaga. Misalnya menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan sofa dan alat pembersih jendela.

5. Putar musik/ lagu favorit saat sedang membersihkan rumah

Melakukan pekerjaan rumah pasti terasa berat dan terkadang membosankan, tapi AyBun juga bisa mencoba cara ini untuk menaikkan suasana hati ketika sedang bekerja, ketika suasana hati yang dibangun senang maka pekerjaan akan lebih ringan dikerjakan sehingga lebih cepat selesai.

6. Memasak makanan yang praktis

Salah satu kegiatan rumah tangga yang cukup memakan banyak waktu adalah memasak. Nah, AyBun bisa mencoba masak masakan yang mudah diolah misalnya menggoreng ayam fillet, membuat omelet, atau memesan makanan secara online.

Perihal ART mudik memang menjadi sebuah pekerjaan tersendiri apalagi di saat momen lebaran. Jika AyBun tidak pandai mengaturnya hal tersebut bisa membuat stress dan berdampak pada kesehatan AyBun sendiri. 

Setelah melakukan ke enam tips di atas, jangan lupa untuk berisitirahat ya AyBun!

Foto: Designed by freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua