Anak Takut Keramaian

Anak Takut dengan Keramaian? Siapkan 5 Cara Ini Jelang Lebaran

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Pertemuan keluarga di momen Lebaran merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Ayah Bunda menantikan masa-masa ini demi melepas rasa rindu dengan keluarga besar.

Seiring menambah usia Ayah Bunda kini kumpul keluarga besar dengan membawa si Kecil. Membawa anak untuk bertemu dengan keluarga besar saat Lebaran berarti Ayah Bunda harus siap dengan anak yang pastinya semakin aktif. Namun, tak jarang ada anak yang malu, bingung, atau bahkan tidak nyaman berada di keramaian hingga bisa membuatnya tantrum.

Lalu, bagaimana ya agar lancar mengajak Si Kecil bersilaturahmi? Yuk, siapkan dengan menyimak di bawah ini

5 Cara Siapkan Anak di Keramaian

1. Pastikan Fisik dan Psikis Anak Sehat

Kondisi tubuh dan psikis anak harus berada dalam kondisi yang fit saat akan bertemu dengan orang banyak atau keluarga besar saat Lebaran, karena bila anak kurang sehat, maka ia akan menjadi lebih rewel dari biasanya.

2. Siapkan Pakaian Anak yang Aman & Nyaman

Dalam pertemuan keluarga besar yang terdiri dari banyak orang penting untuk kita bahkan si Kecil mengenakan pakaian yang nyaman ,misalnya yang menyerap keringat, tidak terlalu banyak aksessoris, dan tidak terlalu sempit ukurannya.

3. Ajarkan Sopan Santun

Kebiasaan sopan dimulai dengan Ayah Bunda mencontohkan terlebih dulu, misalnya ketika bertemu orang menyapa, bersalaman, dan tersenyum. Kemudian bisa mengajak anak melakukan hal tersbeut secara perlahan tapi tidak memaksa.

4. Buat Jadwal Aktivitas Anak saat Lebaran

Walaupun di tengah padatnya silaturahim bersama keluarga, tetapi tidak ada salahnya, lho mempersiapkan jadwal anak, karena tetap penting bagi pertumbuhannya. Misal Ayah Bunda menetapkan jam 10 bermain, jam 12 anak tidur siang jam 2 makan siang jam 4 minum susu, dan seterusnya.

5. Jangan Tinggalkan Anak

Ketika baru mengenalkan orang atau mengajak si Kecil di tengah banyak orang, jangan tinggalkan ia dampingi dan jaga kontak fisik dengan si Kecil saat bertemu orang baru. Gandengan tangannya atau minta anak duduk di pangkuan di dekat orang-orang baru.

Perihal Setelah melakukan kelima tips di atas, jangan lupa untuk berisitirahat ya AyBun! Yuk, tetap pantau pertumbuhannya di momen lebaran untuk tumbuh kembang yang optimal dengan unduh dan gunakan aplikasi Tentang Anak!

Foto: Designed by freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua