tips-memilih-daycare

Tips Memilih Daycare yang Nyaman dan Aman untuk Anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Gianti Amanda, S.Psi, Mont. Diploma

Daycare atau tempat penitipan anak merupakan salah satu pilihan yang dapat dipilih ketika AyBun harus bekerja. Pemilihan daycare tentu harus selektif karena daycare memberikan pendidikan serupa seperti di sekolah.

Banyaknya kejadian anak di daycare yang cukup beragam tentunya membuat AyBun bingung dalam memilih daycare yang berkualitas. Untuk itu, Ayah dan Bunda wajib mencari tahu atau melakukan riset untuk memastikan kualitas daycare yang akan dipilih, terutama dalam memenuhi kebutuhan anak.

Agar anak memiliki perkembangan yang baik dan bisa dibimbing oleh pihak tertentu saat AyBun bekerja, berikut ini pengertian daycare dan tips memilih daycare yang nyaman dan aman untuk anak.

Daycare dan Keuntungannya

Daycare merupakan tempat penitipan anak yang dikelola oleh pihak tertentu. Tempat ini dipilih oleh Ayah dan Bunda yang bekerja demi menggantikan mereka untuk mengurus anak dalam kegiatan sehari-hari. 

Tempat ini memiliki beberapa jenis, mulai dari tempat khusus daycare sehari-hari, daycare setelah sekolah, daycare di rumah, hingga daycare di kantor untuk anak para karyawannya. Daycare tentu memiliki banyak kelebihan karena membuat segala hal mengurus anak menjadi mudah, berikut ini beberapa keuntungannya:

  • Anak dapat bersosialisasi dengan anak lainnya di daycare.
  • Anak akan mendapatkan makanan pagi, siang, dan snack secara teratur sehingga AyBun tidak perlu khawatir mengenai kecukupan makanan harian anak.
  • Di daycare, anak dapat belajar untuk melakukan hal-hal kecil secara mandiri, seperti makan sendiri, antri, belajar cuci tangan, belajar berbagi, dan berkenalan dengan anak lain.
  • Pendamping atau guru daycare merupakan orang profesional yang dapat memastikan anak mendapatkan pengetahuan sesuai dengan usianya.
  • Kegiatan anak terstruktur, anak bisa latihan untuk menjadi pribadi yang disiplin.
  • AyBun bisa berkonsultasi dengan daycare secara berkala untuk memantau perkembangan anak.

Daycare memiliki dampak positif dan negatif bagi tumbuh kembang anak. Ada banyak kekhawatiran Ayah dan Bunda saat menitipkan anak di daycare, mulai dari porsi makan yang kurang, pendamping yang kurang ahli, kurangnya edukasi, hingga tempat yang tidak ramah anak.

Sebelum menentukannya, AyBun harus cermat dalam memilih daycare yang bagus untuk anak dengan pola pengasuhan yang berkualitas.

Cara Memilih Daycare yang Bagus

Ayah dan Bunda harus cermat dalam memilih daycare yang bagus untuk anak karena sebagian besar waktu anak akan dihabiskan di tempat tersebut. Edukasi, kurikulum, hingga pengasuh daycare perlu diperhatikan oleh Ayah dan Bunda. Selain itu, perhatikan juga beberapa hal berikut ini.

1. Melihat Review Daycare

Review daycare yang baik biasanya memiliki reputasi yang baik pula, misal tanyakan langsung ke teman atau cek review di website atau laman media sosial, seperti facebook, Instagram, web/blog.

2. Memperhatikan Review Daycare

Memiliki lingkungan yang ramah, peduli, dan edukatif. AyBun dapat melakukan survei langsung untuk melihat kondisi daycare untuk melihat kenyamanan dan kebersihan.

Perhatikan apakah memiliki lingkungan yang sesuai dengan usia anak seperti memiliki ruangan untuk bayi dengan lantai yang luas untuk tummy time; tempat duduk ukuran anak untuk toddler berkegiatan.

Observasi aktivitas dan keterlibatan anak. Observasi apakah lingkungan mendorong anak untuk mandiri memilih aktivitas yang diinginkan.

3. Perhatikan Kurikulum Daycare

Memiliki kurikulum yang bervariasi dan menarik. Perhatikan bagaimana aktivitas yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan anak dan proses belajar anak serta didukung dengan kemampuan guru yang mampu mendukung hasil belajar anak. Perlu dilihat apakah terdapat program kerjasama antara orang tua dan guru/sekolah dalam menambah pengalaman belajar anak. Berikut ini rasio pola pengasuhan daycare dalam satu kelompok. Usahakan untuk tidak memasukkan anak ke dalam daycare yang terlalu ramai.

  • Bayi baru lahir-12 bulan: maksimal 6 bayi dalam 1 grup, rasio 1:3
  • Toddler usia 13-30 bulan maksimal 8 bayi dalam 1 group 1:4
  • 31-35 bulan maksimal 10 anak dalam 1 grup, rasio 1:5
  • Preschool/ PAUD usia 3 tahun: maksimal 14 anak dalam 1 grup, rasio 1:7

4. Kualifikasi Pengasuh Daycare harus Tepat

Pengasuh memiliki kualifikasi yang tepat, memiliki sertifikasi dasar untuk menangani anak-anak. Para pengasuh pernah atau sedang mendapatkan pelatihan yang berkaitan dengan anak. Selain itu, perhatikan apakah kualifikasi pendidikan yang berkaitan dengan psikologi anak atau pendidikan anak usia dini.

5. Memiliki Standar Keamanan yang Baik

Memiliki standar keamanan, mulai dari childproofing (colokan listrik yang tertutup, terdapat pagar pada tangga), keamanan makanan, penyimpanan dan perawatan mainan, dan pengawasan yang konstan. 

Perhatikan juga apakah penyimpanan bahan-bahan berbahaya dan beracun jauh dari jangkauan anak. Pastikan tidak terdapat benda kecil yang tercecer, terutama di area bayi, yang berpotensi membuat anak tersedak. 

6. Kebijakan dan Peraturan Daycare Tertulis sesuai SOP

Memiliki kebijakan dan peraturan yang jelas dan tertulis jadwal aktivitas yang rapi dan teratu, mulai dari SOP mengajar, SOP penerimaan dan penjemputan siswa, jadwal makan, hingga SOP terkait keamanan dan situasi darurat.

7. Memiliki Akreditasi Resmi

Daycare memiliki izin (hingga terakreditasi) resmi dan terdaftar di otoritas yang berwenang dengan memastikan bahwa daycare aman dan diselenggarakan sesuai dengan peraturan yang sah yang dikeluarkan oleh otoritas Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

____________________________________________________________________________

Meski cukup tricky dan harus selektif, Ayah dan Bunda harus meluangkan waktu untuk memilih daycare yang nyaman dan aman untuk anak. Hal ini demi perkembangan anak berkualitas sejak dini.

Usahakan untuk melihat review dan terjun secara langsung untuk melihat pola asuh dari daycare tersebut. Semangat AyBun!

Ditinjau oleh:

Gianti Amanda, S.Psi, Mont. Diploma

Artikel Terkait

Lihat Semua