Ikan

10 Jenis Ikan yang Baik Dikonsumsi untuk Pertumbuhan Anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Radhian Amandito, Sp.A

Makanan adalah sumber zat gizi penting bagi tumbuh kembang anak, ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung protein dan DHA. 

Protein penting untuk pertumbuhan anak sedangkan DHA berperan dalam perkembangan organ, khusus pada bayi terutama sel saraf, otak, dan indera penglihatan.

Biasanya AyBun memilih ikan salmon untuk dikonsumsi oleh anak karena memiliki kandungan protein dan DHA yang baik, ternyata ada 10 ikan lokal yang juga bergizi dan lebih terjangkau untuk membuat menu MPASI, lho!

Yuk, kenali 10 ikan pilihan untuk menyajikan menu MPASI yang lebih bervariasi!

10 Ikan Jenis Ikan untuk Pertumbuhan Anak

1. Ikan Kembung

Ikan kembung adalah ikan lokal yang memiliki harga murah dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Ternyata dengan harga yang murah, ikan kembung tinggi protein dan mengandung zat gizi lain seperti omega-3 dan DHA yang bagus untuk perkembangan kognitif anak. Kemenkes RI bahkan menyebutkan bahwa kandungan omega-3 ikan kembung 1,5 kali lebih banyak daripada ikan salmon. 

2. Ikan Teri

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan Teri memang kaya akan gizi, karena mengandung protein, lemak, zat besi, dan kalsium. Ikan ini memiliki kadar kalsium tinggi yaitu 972 (gr) per 100gr saji.

Fungsi utama kalsim adalah untuk bantu pembentukan tulang dan gigi. Di dalam kalsium terdapat Fosfor juga memainkan peran penting dalam bagaimana tubuh si Kecil menggunakan karbohidrat dan lemak secara lebih efisien sebagai energi.

Selain itu, fosfor dibutuhkan untuk membuat protein yang mendukung proses pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan sel dan jaringan dalam tubuh.

Cara penyajiannya juga mudah, ikan teri bisa digoreng tepung atau sajikan dengan nasi hangat.

3. Ikan Bandeng

Ikan bandeng bisa jadi salah satu pilihan Ayah Bunda untuk menyajikan lauk makan yang tinggi protein dan mudah diolah untuk si Kecil. Ikan bandeng mengandung 20 (gr) per 100 gr saji.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot serta tinggi badan. Ikan bandeng juga kaya akan kandungan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor yang juga bagus untuk pertumbuhan si Kecil.

Magnesium juga membantu pembentukan antibodi yang mendukung sistem kekebalan tubuh, dan diperlukan untuk membangun otot yang kuat dan sehat.

Namun, Bunda perlu hati-hati mengolah bandeng untuk lauk makan anak karena durinya cukup banyak dan halus. Supaya lebih aman, Bunda bisa mengolahnya dengan cara presto agar durinya lunak dan aman dikonsumsi anak.

4. Ikan Salmon Liar

Ikan salmon liar termasuk ikan yang baik dikonsumsi si Kecil, ia mengandung tinggi protein dan kalsium dibandingkan ikan salmon ternak. Tentunya ikan salmon mengandung omega 3 yang baik untuk mendukung perkembangan kognitif si Kecil.

5. Ikan Salmon Ternak

Pastinya Bunda tahu kalau ikan salmon termasuk ikan yang baik untuk dikonsumsi si Kecil, kan? Ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan perkembangan mata.

Berikut perbedaan kandungan yang ada pada ikan salmon liar dan ikan salmon ternak

6. Ikan Cakalang

Ikan cakalang juga baik untuk dikonsumsi anak, Bun. Ikan yang khas dengan kuliner Manado ini memiliki kandungan protein yang lengkap, serta asam lemak omega 3.

Manfaatnya beragam, seperti dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ikan cakalang juga bisa mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah.

Ikan cakalang memiliki rasa yang lezat dan durinya tidak terlalu banyak. Bunda bisa mengolahnya menjadi abon, yang pasti disukai si Kecil.

7. Ikan Selar

Ikan selar memiliki kandungan protein cukup tinggi, yaitu setiap 100 gram ikan selar mengandung 18,8 (g) protein dan kalsium 40 (g).

Ikan selar hampir menyerupai ikan kembung, tetapi yang membedakan yaitu ikan ini memiliki garis kuning atau hijau di sisi tubuhnya. 

8. Ikan Tuna

Ikan tuna juga sering digunakan untuk campuran makanan si Kecil. Ikan tuna mengandung fosfor, omega-3, kalium, dan magnesium yang dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif si Kecil.

Kandungan protein ikan tuna juga termasuk yang tinggi pada 100 gram ikan tuna terdapat 23 gr protein. Menurut penelitian, ikan tuna mengandung tinggi protein tanpa banyak lemak jenuh di dalamnya.

9. Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah termasuk yang baik untuk dikonsumsi si Kecil. Di dalam ikan kakap merah mengandung vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A juga berperan penting untuk pertumbuhan tulang serta membantu tubuh terlindungi dari berbagai infeksi. Bunda bisa mengolah kakap merah menjadi gulai atau digoreng agar lebih mudah.

10. Ikan Patin

Ikan patin menjadi salah satu pilihan ikan yang bagus untuk MPASI anak. Pada 100 gram ikan patin, memiliki kandungan 17 gram protein, 6,60 gram lemak, dan 31 gram kalsium.

Manfaat dari mengonsumsi ikan patin, yaitu dapat membantu pembentukan otot, menjaga kesehatan tulang, serta mencegah penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Foto: Freepik

Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/print/18032900001/sumber-protein-bukan-hanya-susu.html

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/view/17051500001/ayo-makan-ikan-untuk-generasi-sehat-dan-cerdas.html

KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). Kkp.go.id. https://kkp.go.id/djpdspkp/artikel/41030-kaya-nutrisi-kkp-ajak-masyarakat-tak-sepelekan-ikan-lele

Landes, E. (2021, August 27). Everything You Need to Know About Introducing Your Baby to Fish. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/fish-for-babies

Artikel Terkait

Lihat Semua