anak pilih-pilih makanan

Anak Suka Pilih-Pilih Makanan, Picky Eater Atau Selective Eater?

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Reza Fahlevi Sp.A

Kegiatan makan tidak jarang dihindari oleh si Kecil ya Ayah Bunda, ketika hendak disuapi tiba-tiba ia lari atau menutup mulutnya. Ayah Bunda juga pasti pernah mengalami saat menyuapi si Kecil dengan beberapa makanan, lalu ia mengatakan tidak suka. Apakah ini tanda dari picky eater atau selective eater? Yuk, kenali lebih lanjut mengenai keduanya!

Penyebab anak Picky Eater

Anak yang memilih makanan dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal, ada apa saja ya? simak keduanya di bawah ini!

Faktor eksternal

1. Maternal Depression / Anxiety

Faktor ini yang paling memengaruhi yaitu maternal depression atau kecemasan. Kecemasan Bunda atau depresi dari Bunda.

2. Pengasuhan Otoriter

Ayah Bunda yang mengasuh terlalu keras atau otoriter

3. Pemberian Reward

Orang tua yang suka memberi penghargaan setiap kali anak makan, misalnya setelah adk menghabiskan makan Ayah Bunda membolehkannya bermain mainan A.

4. Tidak Konsisten

Ayah Bunda tidak konsisten dan tidak memiliki struktur yaitu tidak menetapkan jadwal makan harian yang tetap.

Faktor internal

  • Anak yang terlalu sensitif terhadap bau dan tekstur makanan
  • Tinggi risiko pada anak pertama, anak laki-laki
  • Anak bertemparemn sensitif dan lebih kaku
  • Makan sambil menonton televisi

Perbedaan Ciri Anak Picky Eater dan Selective Eater

Jika dilihat dari definisi keduanya Picky eater terjadi saat anak hanya mau/memilih makan yang itu-itu saja. Kemudian tandanya diikuti saat ia masih mau makan kurang lebih 30 jenis makanan dan dari kelompok makanan yang berbeda.

Sedangkan selective eater adalah saat anak menolak semua jenis dan/atau kelompok makanan tertentu. Serta si Kecil hanya mau kurang dari 20 jenis makanan dan tetap bisa menolak meski makanan sudah dicampur dengan kelompok makanan lain. Kemudian apa yang bisa Ayah Bunda lakukan?

Cara Atasi Anak Picky Eater dan Selective Eater

Picky eater

Umumnya masih dapat ditangani oleh Ayah Bunda.

Selective eater

Perlu dikonsultasikan ke DSA karena umumnya terkait gangguan medis atau perilaku.

Picky eating merupakan fase normal pada perkembangan anak dan umumnya membaik seiring waktu. Studi menunjukkan picky eating pada anak usia dini tidak berefek pada perkembangan jangka panjang selama ditangani dengan tepat.

Selain itu, apa yang harus dilakukan?

6 TIPS Cegah Anak Pilih-Pilih Makanan

  1. Ajak anak makan bersama dengan menu makanan yang sama.
  2. Jangan hanya menyediakan makanan yang disukai anak agar mau makan, tetapi menyediakan makanan yang bervariasi dan mengolah makanan menjadi bentuk yang lebih menarik. Studi menunjukkan perlu 8-15 kali menawarkan makanan baru pada anak. Jika hanya disediakan makanan yang itu-itu saja, hal tersebut akan membatasi ia mendapatkan asupan nutrisi yang lain sehingga memengaruhi tumbuh kembang.
  3. Libatkan anak untuk menyiapkan makanan.
  4. Tidak marah dan memaksa saat anak tetap menolak makanan yang ia belum suka, membuat suasana menyenangkan.
  5. Tetap tenang dan apresiasi proses makan anak karena tekanan dalam proses makan akan membuat ia semakin menolak makanan!
  6. Beri afirmasi agar ia merasa lebih nyaman, misalnya“Adik masih lebih suka telur ya daripada ikan? Besok Bunda buat lebih enak lagi ya biar suka..” atau “Terima kasih Adik sudah mau coba 1 suap dagingnya!” dan AyBun juga bisa mengatakan “Adik belum mau habiskan wortelnya karena kenyang ya? Nanti malam coba lagi ya..”

PENTING untuk Ayah Bunda ketahui juga, bahwa Ayah Bunda adalah role model si Kecil, sehinggapreferensi AyBun sangat berpengaruh terhadap sikap anak, jadi pastikan untuk menyempatkan diri makan bersama anak dan berikan contoh bahwa AyBun suka makan berbagai makanan.

Makan bersama anak juga dapat Meningkatkan rasa penasaran dan ketertarikan ia untuk mencoba.

Foto: 
www.pexels.com 

Sumber:

Chilman L, Kennedy-Behr A, Frakking T, Swanepoel L, Verdonck M. Picky Eating in Children: A Scoping Review to Examine Its Intrinsic and Extrinsic Features and How They Relate to Identification. Int J Environ Res Public Health. 2021 Aug 27;18(17):9067. doi: 10.3390/ijerph18179067. PMID: 34501656; PMCID: PMC8431657.

Taylor CM, Emmett PM. Picky eating in children: causes and consequences. Proc Nutr Soc. 2019;78(2):161-169. doi:10.1017/S0029665118002586 

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pilih-pilih-makanan 

Artikel Terkait

Lihat Semua