ART Mudik

ART Mudik? Wajib Coba 5 Hal untuk Ajarkan Anak Membantu Pekerjaan Rumah

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Asisten rumah tangga sudah mudik dan buat Ayah Bunda panik? Bagaimana jika buat aktivitas bersama si Kecil supaya membuat ia tidak menjadi tantrum atau rewel, Ayah Bunda bisa mulai emngajaknya dengan hal yang sederhana misal ajar ia menata meja, menyapu rumah, hingga menyuci piring. Namun, perlu Ayah Bunda ketahui juga seorang anak memiliki daya serap yang berbeda-beda dengan cara yang berbeda pula. Ada anak yang langsung menangkap atas apa yang diajarkan Ayah Bunda ada juga yang harus selalu dituntun.

Bagi Ayah Bunda yang baru pertama kali akan mengajak anak membersihkan rumah simak tipsnya berikut ini

Cara Ajarkan Anak Membantu Pekerjaan Rumah dengan TIPS Berikut

1. Berikan Pengertian Pentingnya Menjaga Kebersihan Rumah

Pembagian tugas terkait pekerjaan rumah tangga akan membuat pekerjaan semakin cepat selesai, misalnya mencuci piring dan menata piring.

2. Ajarkan dengan Mencontohkan

Ayah Bunda bisa melakukan pekerjaan rumah dengan mencontohkan langsung sambil mengajak misalnya melipar selimut selepas bangun tidur, menyapu lantai, atau meletakkan kembali barang pada tempatnya.

3. Berikan Instruksi yang Jelas

Saat meminta anak melakukan sebuah pekerjaan, pastikan arahan dan perkiraan waktu yang jelas pada si Kecil sehingga tidak menghambat aktivitas rutin anak lainnya.

4. Putar musik/ lagu favorit saat sedang membersihkan rumah

Meminta anak membantu menyelesaikan pekerjaan rumah pasti terasa berat dan terkadang membosankan, tapi AyBun juga bisa mencoba cara ini untuk menaikkan suasana hati ketika sedang bekerja, ketika suasana hati yang dibangun senang maka pekerjaan akan lebih ringan dikerjakan sehingga lebih cepat selesai.

5. Memasak makanan yang praktis

Salah satu kegiatan rumah tangga yang cukup memakan banyak waktu adalah memasak. Nah, AyBun bisa mencoba masak masakan yang mudah diolah misalnya menggoreng ayam fillet, membuat omelet, atau memesan makanan secara online.

Perihal ART mudik memang menjadi sebuah pekerjaan tersendiri apalagi di saat momen lebaran. Jika AyBun tidak pandai mengaturnya hal tersebut bisa membuat stress dan berdampak pada kesehatan AyBun sendiri. Setelah melakukan ke lima tips di atas, jangan lupa untuk berisitirahat ya AyBun!

Foto: Designed by freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua