Susu UHT

Bolehkah Anak Minum Susu UHT? Kenali Kapan Waktu yang Tepat

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Radhian Amandito, Sp.A

Pada masa pemenuhan gizi si Kecil, tak luput dari adanya susu. Berbagai jenis susu yang ada membuat Ayah Bunda tentunya menjadi lebih selektif untuk pertumbuhan si Kecil yang lebih optimal. Salah satunya pemberian susu UHT, amankah diberikan pada si Kecil?

Setelah berusia 1 tahun, kebutuhan gizi anak sudah tidak lagi seluruhnya bergantung pada ASI. Umumnya beberapa dari AyBun bingung mau memberikan susu apa yang tepat untuk anak, susu formula atau susu UHT.

Sebelum memutuskan kenali keduanya lebih lanjut yuk AyBun!

Perbedaan Susu Formula dan Susu UHT

Susu Formula

Susu formula adalah Susu yang diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi tertentu karena kondisi atau penyakit tertentu.

Kandungan susu formula dibuat mengacu seperti kandungan ASI meski tidak akan pernah sama, sedangkan susu UHT kandungan nutrisinya sebagian besar sama dengan susu sapi/ binatang lain.

Kelebihan susu formula yaitu sudah difortifikasi untuk tetap memenuhi kandungan susu yang seharusnya. Namun, kekurangannya harga susu formula lebih mahal dan paparan gulanya dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Susu UHT

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang diproses pada suhu >135 derajat celcius selama 2-4 detik dan dikemas segera dalam kemasan steril, agar meminimalisir nutrisi yang hilang dan kesegarannya tetap terjaga.

Jika dibandingkan dengan susu segar dingin, susu UHT memiliki kadar tiamin, vitamin B12 dan B6 serta folat yang sedikit lebih rendah, tetapi susu UHT tetap merupakan makanan olahan susu yang sangat baik untuk balita.

Susu UHT tersedia dalam bentuk penuh lemak, rendah lemak, rendah lemak, termodifikasi, dan skim, namun balita hingga usia dua tahun hanya boleh minum susu penuh lemak sebagai tambahan kalori (atau kilojoule) dalam susu penuh lemak. membantu pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Nah, kelebihan dari susu UHT di antaranya praktis, mengandung protein berkualitas tinggi, sumber zat mikro penting dan kalsium. Susu UHT juga memiliki kekurangan yaitu kandungan zat besi dan vitamin cenderung rendah serta lemak jenuh tinggi.

Fakta Susu UHT

Jadi, manakah yang lebih baik?

Keputusan kembali lagi pada Ayah dan Bunda ya! Umumnya memang anak usia di atas 1 tahun direkomendasikan mengonsumsi susu formula yang telah difortifikasi zat besi. Apabila anak di atas 1 tahun dengan kenaikan BB sesuai usia dan status gizi cukup, maka susu UHT dapat menjadi pilihan.

Anak usia di atas 6 bulan dapat diberikan susu UHT hanya sebagai campuran makanan. Anak di atas 1 tahun yang tidak mendapatkan ASI dapat diberikan susu UHT jenis full cream sebagai alternatif.

Di usia 2 tahun ke atas boleh mendapatkan susu UHT low fat dan usia 5 tahun ke atas boleh UHT skim milk. Bisa juga dikombinasi dengan susu formula untuk mencapai target tertentu, seperti tinggi badan/berat badan karena susu UHT memiliki rasio protein-energi yang cukup tinggi 

Faktanya, UHT dilengkapi dengan kalsium, vitamin, dan mineral yang penting untuk anak (calcium, phosphorus, potassium, riboflavin, zinc, vitamins A and B12, magnesium, carbohydrate and protein—sebutin beberapa aja ya dok)

Penting yang harus diwaspadai adalah

  • Jangan pilih UHT dengan pewarna & rasa tambahan, utamakan yang plain.
  • Pilih dengan kandungan gula yang paling sedikit
  • Contekkan perbandingannya bisa dilihat di sini
  • Berikan susu UHT apabila asupan zat besi dari makanan utama sudah cukup, karena proses UHT sendiri mengurangi beberapa kadar nutrisi susunya termasuk zat besi. Nah, zat besi sering dibahas juga nih di aplikasi, silakan dicek ya.

Selain disesuaikan dengan preferensi, AyBun dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak masing-masing agar susu yang dipilih sesuai status kondisi gizi dan kesehatan anak.

Sumber:

https://www.fhs.gov.hk/english/news/recommend_to_parents/factsheet_for_parents.pdfhttps://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/what-to-feed-young-children/
https://www.dairy.com.au/dairy-matters/you-ask-we-answer/is-it-ok-to-give-my-toddler-uht-milk-instead-of-chilled-milk#:~:text=Like%20chilled%20milk%2C%20UHT%20milk,%2C%20magnesium%2C%20carbohydrate%20and%20protein.

Artikel Terkait

Lihat Semua