buah untuk bayi 6 bulan

Buah yang Bisa Dikonsumsi Bayi 6-8 Bulan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Jennie Dianita, Sp.A

Bayi usia 6 hingga 8 bulan sudah siap untuk menerima makanan padat pertamanya. Selain karena pencernaanya yang sudah lebih kuat, bayi usia 6-8 bulan bisa mengalami defisit energi jika hanya menerima susu, baik ASI maupun formula, tanpa adanya asupan lain. 

Mengingat pentingnya makanan pendamping ASI bagi bayi yang sudah masuk usia 6 bulan ke atas, ayah-bunda perlu untuk menyusun menu makanan atau camilan yang bisa diberikan pada si Kecil. Buah-buahan menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan.

Namun, ayah-bunda tidak boleh memberikan buah sembarangan. Hindari jenis buah yang dapat mengakibatkan bayi tersedak dan pastikan untuk mengolah buah jika teksturnya tidak cukup lunak untuk bayi. Lantas, buah apa saja yang baik untuk bayi 6-8 bulan? Berikut ini rekomendasinya.

6 Buah yang Bagus untuk Bayi 6 Bulan

1. Pisang

Pisang merupakan sumber yang baik untuk kandungan kalium, serat, dan vitamin C. Selain itu, tekstur pisang yang lembut dan mudah dicerna membuatnya menjadi salah satu pilihan yang baik untuk bayi. 

Cara penyajian: Pisang dapat dipotong-potong atau dihancurkan dengan sendok untuk membuat teksturnya lebih halus dan mudah dikonsumsi oleh bayi.

2. Apel

Apel kaya akan serat dan vitamin C. Ayah Bunda dapat memilih apel yang lebih lembut dan matang untuk bayi.

Cara penyajian: Kupas kulit apel dan iris menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, rebus hingga empuk dan hancurkan menggunakan blender atau food processor. Jika sudah halus, tambahkan sedikit air jika diperlukan.

3. Mangga

Mangga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan bayi. Pilih mangga yang matang untuk memastikan teksturnya lembut dan mudah dikonsumsi oleh bayi. 

Cara penyajian: Kupas kulit mangga dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, blender atau hancurkan mangga menggunakan garpu hingga halus.

4. Pir

Pir kaya akan serat dan vitamin C, serta merupakan buah yang mudah dicerna oleh bayi.

Cara penyajian: Kupas kulit pir dan iris menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, rebus hingga empuk dan lembutkan menggunakan blender atau food processor. Jika sudah halus, tambahkan sedikit air jika diperlukan.

5. Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak sehat dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C dan K. Kandungan lemak sehat yang ada pada alpukat baik untuk perkembangan otak bayi. 

Cara penyajian: Kupas kulit alpukat dan lembutkan daging buah dengan garpu atau blender.

6. Buah Naga

Buah naga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi, seperti vitamin C, serat, magnesium, dan kalium. Vitamin C dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sedangkan serat dan magnesium dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan bayi. Begitu juga dengan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf bayi.

Cara penyajian: kupas kulit buah naga dan potong kecil-kecil atau dihaluskan menjadi puree. Perlu diingat untuk menghilangkan biji kerasnya sebelum diberikan pada bayi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan Buah pada Bayi

Sebelum ayah-bunda memberikan buah pada si kecil, ada beberapa hal terkait kesehatan bayi yang harus diperhatikan. Pertama, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu untuk memastikan jumlah yang diberikan sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi, serta aman bagi bayi.

Kedua, kenali reaksi alergi. Beberapa jenis buah dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi. Oleh karena itu, perkenalkan buah-buahan dalam jumlah kecil secara bertahap dan awasi gejala alergi yang mungkin timbul.

Ketiga, pilih buah yang matang dan segar. Selain rasanya lebih enak, buah-buahan matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik. Selain itu, buah yang matang lebih mudah dicerna oleh bayi. Jangan lupa untuk membersihkan dan mencuci buah sebelum diberikan pada bayi.

Keempat, sesuaikan. Untuk bayi usia 6-8 bulan, buah dapat dihaluskan menjadi puree agar lebih mudah dikonsumsi atau dipotong kecil-kecil menjadi finger food asal teksturnya mudah hancur ketika diremas tangan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, memberikan buah-buahan pada bayi usia 6-8 bulan dapat dilakukan dengan aman dan sehat. Perhatikan dengan baik cara memberikan makanan dan pastikan makanan yang diberikan sudah memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Dengan memberikan makanan yang sehat dan seimbang, bayi akan tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.nhs.uk/start4life/weaning/what-to-feed-your-baby/around-6-months/ 

https://www.gov.nl.ca/healthyeating/baby/offering-healthy-foods/what-foods-should-i-offer-my-baby/vegetables-and-fruit/

https://www.newkidscenter.org/Fruits-for-6-Months-Babies.html 

https://solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/#:~:text=Is%20dragon%20fruit%20healthy%20for,babies%206%20months%20and%20up.

https://www.mango.org/featured-blog-5-benefits-of-mango-for-kids-plus-a-nutritious-mango-chia-pudding-recipe/

Artikel Terkait

Lihat Semua