Doa untuk anak

Kumpulan Doa untuk Anak agar Shaleh, Sembuh dari Sakit hingga Sukses

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Meski bukan hal yang diwajibkan, agama Islam sangat menganjurkan pemeluknya untuk mendoakan anak. Dalam Al-Quran, Allah SWT menyebutkan, orang tua harus berdoa untuk anak-anak mereka dan memohon perlindungan dan keberkahan untuk mereka. 

Surah Al-Furqan ayat 74 menyatakan:

"Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."

Selain itu, dalam hadis, Rasulullah SAW juga memerintahkan untuk mendoakan anak-anak. Hadis riwayat Tirmidzi menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Tiga doa yang akan dijawab oleh Allah, yaitu doa orang tua untuk anak-anaknya, doa orang yang berpuasa pada waktu berbuka, dan doa orang yang dizalimi."

Nah, bagi ayah-bunda yang ingin mendoakan anaknya, berikut adalah kumpulan doa untuk anak yang dapat dijadikan referensi.

Doa untuk Anak Sholeh

Doa berikut ini berisi permohonan untuk menjadi orang yang senantiasa menjalankan ibadah shalat dan memohon agar keturunan kita senantiasa melaksanakan shalat serta doa kepada Allah SWT.

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij-’alni muqimas-solati wa min zurriyyati, Rabbana wa taqabbal du’aa.

(Surah Ibrahim, 14:40)

Berikut arti dari doa tersebut:

"Ya Allah, jadikanlah aku dan keturunanku orang yang senantiasa melaksanakan shalat. Ya Allah, terimalah doaku."

Doa ini dapat dipanjatkan sebagai permohonan agar Allah memberikan kekuatan dan keistiqomahan dalam menjalankan ibadah shalat serta doa agar keturunan kita juga senantiasa melaksanakan shalat dan ibadah lainnya. 

Berikut ini alternatif lainnya:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hab lii minas-solihiin.

(Surah As-Saffat, 37:100)

Berikut adalah arti dari doa tersebut:

"Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang saleh."

Doa ini menunjukkan bahwa sebagai manusia kita memiliki keinginan untuk memiliki keturunan yang baik dan saleh. Ketika kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kita keturunan yang saleh, kita juga berharap agar keturunan kita dapat menjadi kebanggaan dan amal jariyah bagi kita dan agama Islam. 

Doa untuk Anak yang Sedang Sakit

Doa ini dapat dipanjatkan ketika anak sedang sakit. 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ البَأْسَ رَبَّ النَّاسِ، اشْفِ وَأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا 

Allahuma Rabban-nas, azhibil-ba’sa, isyfi wa anta asy-syafi, la syifa’a illa syifa-uka, syifa-an laa yughadiru saqama.

(Sahih Al-Bukhari)

Berikut adalah arti dari doa tersebut:

"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah wabah ini (penyakit, bencana, dll.) dari umat manusia. Ya Allah, berikanlah kesembuhan, karena Engkau adalah penyembuh dan tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu. Kesembuhan yang tidak meninggalkan kesakitan."

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk menghilangkan bencana atau penyakit tersebut, serta memohon kesembuhan bagi mereka yang terkena dampaknya. Doa ini menunjukkan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya sumber kesembuhan dan pertolongan dalam segala hal, dan bahwa kita sebagai hamba-Nya perlu bergantung sepenuhnya pada-Nya dalam menghadapi segala cobaan dan musibah.

Doa untuk Anak yang Berulang Tahun

Meski tidak terdapat dalam Al-Quran atau hadis, berikut ini doa yang sering dipanjatkan saat ulang tahun anak.

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada anakku yang hari ini genap berumur satu tahun. Jadikanlah dia anak yang sholeh/sholehah, diberkahi umurnya, dilapangkan rezekinya, dan menjadi kebanggaan bagi keluarga dan agama. Lindungilah dia dari segala keburukan, bahaya, dan fitnah. Amin."

Doa ini dapat dipanjatkan saat ulang tahun anak sebagai bentuk ucapan syukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan anak tersebut kepada keluarga. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan rahmat-Nya kepada anak kita, meminta agar anak tersebut menjadi anak yang sholeh/sholehah, dan diberkahi umur dan rezeki. Doa ini juga menunjukkan harapan bahwa anak kita dapat menjadi kebanggaan bagi keluarga dan agama serta dilindungi dari segala keburukan dan fitnah yang ada.

Doa agar Anak Sukses

اللَّهُمَّ يَسِّرْ لَهُ أَمْرَهُ، وَلاَ تَجْعَلْهُ فِي ضَيْقٍ وَلَكِنْ وَفِّقْهُ وَاجْعَلْهُ فِي نَفْسٍ مُؤْمِنَةٍ

"Allahumma yassir lahu amrahu, wa la taj'alhu fi thalamin walakan wa fi nafsin mu'minah."

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah urusannya baginya, dan janganlah Engkau jadikan dia menjadi beban dan jadikanlah dia sebagai seorang mukmin."

Doa ini dapat dipanjatkan untuk memohon kemudahan dan kesuksesan bagi anak-anak kita dalam segala urusan kehidupan mereka. Doa ini juga mengajarkan untuk memohon agar anak-anak kita selalu berada dalam perlindungan Allah SWT dan menjadi seorang mukmin yang baik.

Nah, itulah sejumlah doa yang dapat ayah-bunda panjatkan untuk anak tercinta. Anak adalah berkah yang diberikan Allah pada kita. Oleh karenanya, kita harus mendidik dan mendoakannya agar si kecil tumbuh menjadi manusia yang sholeh, sehat dan sukses. Yuk rutin doakan si kecil untuk kebaikannya.

Artikel Terkait

Lihat Semua