manfaat-asam-lemak-ikan

Manfaat Lemak Omega 3 pada Ikan bagi Anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Menambahkan ikan ke dalam menu asupan si Kecil merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting. Sebab, ikan serta sebagian makanan laut lainnya seperti kepiting, kerang, tiram, dan remis menyediakan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh serta baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Tidak hanya sebagai opsi untuk makanan yang sehat, ikan serta banyak makanan laut lainnya juga menjadi alternatif pilihan untuk makanan yang enak serta aman dimakan.

Lemak Omega 3 pada Ikan dan Manfaatnya

Selain protein, ikan juga menjadi opsi untuk mendapatkan sumber lemak sehat, yaitu omega-3 dan omega-6. Omega-3 dan omega-6 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk mendapatkannya, kita perlu mengonsumsi makanan yang memang mengandung asam lemak baik ini atau dari suplemen.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kedua lemak sehat tersebut memiliki peran penting untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan si Kecil.

Selain itu, konsumsi omega-3 dan omega-6 juga baik untuk menjaga tekanan darah juga mengelola kadar trigliserida. Rajin mengkonsumsi omega-3 dan omega-6 sejak dini dapat mengurangi potensi penyakit yang disebabkan alergi seperti asma dan eksim.

Begitu pula dengan risiko serangan jantung dan stroke, dapat ditekan dengan rajin mengkonsumsi omega-3 dan omega-6. Sebab, asam lemak ini dapat menahan pembentukan plak lemak yang dapat menyumbat pembuluh arteri atau aterosklerosis.

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa manusia berusia 65 tahun ke atas yang teratur memakan ikan, rata-rata hidup 2 tahun lebih lama dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi makan laut sama sekali.

Ikan dengan Lemak Omega 3 Terbaik

Asam lemak omega-3 dan omega-6 dapat ditemukan pada sejumlah ikan laut, khususnya pada jenis ikan yang berlemak seperti salem, tongkol, pecak, sarden, haring, juga salmon. Kandungan asam lemak baik itu juga bisa diperoleh dari ikan kembung, tuna, teri, cakalang, bawal air laut, kakap, tenggiri, dan kerapu.

Kendati begitu, tidak semua ikan bagus untuk asupan si Kecil. Sebab, beberapa jenis ikan cenderung memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi, sehingga alih-alih baik, justru menjadi bumerang bagi kesehatan si Kecil. Tilefish, ikan hiu, ikan pedang, ikan raja makarel, ikan marlin, ikan tuna sirip biru dan tuna mata besar sebaiknya dihindari karena cenderung mengandung merkuri.

Selain soal kandungan merkuri, kontaminasi lokal di wilayah air tempat ikan tersebut tumbuh juga perlu menjadi perhatian.

Nah, untuk si Kecil, konsumsi ikan atau seafood dapat dilakukan setidaknya 1-2 kali per minggu. Untuk takaran penyajian, AyBun dapat menyimak tabel di bawah ini:

Usia Anak

Takaran per Satu Kali Sajian (Gr)

6 bulan – 3 tahun

30

4 – 7 tahun

60

8 – 10 tahun

90

di atas 11 tahun

120

Tabel: Rekomendasi Asupan Ikan untuk Anak

Selain dari ikan, omega-3 juga bisa didapatkan dari beberapa produk nabati seperti chia seed, flax seed, juga kacang kedelai. Untuk memenuhi kebutuhan protein si Kecil, AyBun memang sebaiknya menyediakan variasi dari sumber lainnya.

Tidak kalah penting, berikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia si Kecil, sehingga proses tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya menjadi lebih optimal.

Yuk AyBun, manfaatkan kekayaan laut yang ada untuk si Kecil kesayangan, sambil menjaganya supata berkelanjutan. AyBun juga bisa mengintip berbagai resep ikan supaya pilihan asupan bagi si Kecil semakin lezat dan bervariasi.

Sumber:

Foto: www.pexels.com 

Sumber:

https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/all-around/Pages/Protecting-Your-Children-From-Contaminated-Fish.aspx

Apa manfaat Omega 3 ? - Direktorat P2PTM (kemkes.go.id)

Ditinjau oleh:

dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Artikel Terkait

Lihat Semua