manfaat-greek-yogurt

Manfaat Greek Yogurt untuk Bayi yang Masuk Tahap MPASI

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Bunda tahu tidak kalau ternyata yogurt menjadi salah satu pilihan camilan selingan untuk si Kecil yang sudah bisa dikenalkan sejak anak MPASI, lho! Ini karena yogurt mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A,B,C,D,E,K, riboflavin, folat, dan niacin yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Selain menjadi sumber probiotik yang baik untuk pencernaan, kandungan protein pada greek yogurt juga lebih tinggi dibandingkan es krim. Tidak hanya itu saja, greek yogurt juga memiliki tekstur yang halus dan mudah ditelan oleh si Kecil. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang manfaat greek yogurt berikut ini!

Apa itu Greek Yogurt dan Bedanya dengan Yogurt Biasa?

Greek yogurt, atau sering juga disebut sebagai ‘strained’ yogurt adalah yogurt yang dibuat dengan cara memfermentasi yogurt dalam tangki dan kemudian menyaring whey dan cairan lainnya selama langkah pemrosesan akhir. 

Proses tersebut akan menghasilkan produk yang lebih kental dengan kandungan protein yang lebih tinggi. Selain itu, beberapa produsen makanan yang memproduksi greek yogurt menambahkan protein susu ke dalam yogurt di awal atau akhir pemrosesan.

Di pasaran, greek yogurt tersedia dalam banyak variasi, termasuk lemak penuh, lemak rendah, dan bebas lemak, serta dengan rasa dan tanpa rasa. Jadi, meskipun greek yogurt mengandung banyak nutrisi dan sumber protein, lemak, dan karbohidrat yang baik, tapi ini akan tergantung pada merek yogurt apa yang Anda pilih.

Lalu, apa perbedaan greek yogurt dan yogurt biasa?

1. Protein

Rata-rata, greek yogurt mengandung protein sebanyak 17 gram, sementara yogurt biasa mengandung sekitar 9 gram protein. Artinya, kandungan protein di dalam greek yogurt 2x lipat lebih banyak dibandingkan yogurt biasa.

2. Konsistensi

Penghilangan whey (cairan encer yang ada di bagian atas yogurt biasa) membuat greek yogurt memiliki konsistensi yang lebih lembut dan mudah dicerna oleh bayi.

3. Gula dan Karbohidrat

Greek yogurt memiliki jumlah gula yang lebih rendah, sekitar 5-8 gram, dibandingkan dengan yogurt biasa yang memiliki 12 gram atau lebih gula di dalamnya. Selain itu, greek yogurt juga mengandung sekitar setangah karbohidrat dari yogurt biasa.

4. Lemak

Yogurt biasa bisa mengandung sekitar 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Sementara greek yogurt memiliki total 10 gram lemak dan 7 gram lemak jenuh.

Dibandingkan dengan yogurt biasa, greek yogurt lebih tinggi proteinnya dan lebih rendah karbohidratnya

Manfaat Greek Yogurt dan Kandungan Nutrisi yang Terkandung di Dalamnya

Greek yogurt baik untuk bayi karena kaya akan nutrisi seperti kalsium, potasium, protein, Vitamin D dan B12, serta magnesium, yang semuanya diperlukan untuk perkembangan optimal bayi. 

Meskipun greek yogurt menjadi pilihan yang sehat untuk bayi, namun ada baiknya Anda memilih yogurt tawar yang tidak dilengkapi dengan tambahan perasa atau pemanis. Ini karena yogurt dengan perasa dan pemanis memiliki kadar gula yang lebih tinggi dan dapat mengakibatkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Berikut adalah rincian nutrisi dari porsi 200 gram greek yogurt yang rendah lemak, tawar, dan tanpa pemanis:

  • Kalori: 146
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 3,8 gram
  • Karbohidrat: 7,8 gram
  • B12: 43% dari Nilai Harian (DV)
  • Riboflavin (B2): 35% dari DV
  • Asam pantotenat (B5): 19% dari DV
  • Vitamin A: 20% dari DV
  • Kalsium: 18% dari DV
  • Fosfor: 22% dari DV
  • Kalium: 6% dari DV
  • Seng: 11% dari DV
  • Selenium: 45% dari DV

Selain itu, greek yogurt juga mengandung lebih sedikit protein whey dan laktosa, sehingga akan lebih ringan bagi perut si Kecil. Tingkat whey dan laktosa yang lebih rendah juga menjadikan greek yogurt menjadi pilihan yang sempurna untuk bayi yang tidak toleran terhadap laktosa.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan kandungkan nutrisi pada greek yogurt dan es krim rasa vanilla. Berikut adalah tabel perbandingan kandungan greek yogurt dan es krim vanilla:

Tips Memberikan Greek Yogurt untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat greek yogurt, ini saatnya Anda untuk mengetahui bagaimana tips memberikan greek yogurt yang tepat untuk si Kecil.

Berikut adalah tips mengenalkan greek yogurt pada anak:

  1. Jumlah yogurt diberikan secara bertahap, mulai dari 2-3 sendok
  2. Campurkan greek yogurt dengan buah potong kesukaan anak
  3. Utamakan rasa plain guna mencegah anak mengonsumsi gula berlebih
  4. Pastikan Ayah dan Bunda menyediakan variasi camilan supaya menurunkan risiko picky eating pada anak. Misalnya dengan memberikan jadwal seperti:

  1. Pantau reaksi yang muncul di anak setelah makan yogurt jika ada, seperti:
  • Diare
  • Mual 
  • Muntah
  • Nyeri perut

Apabila anak Ayah dan Bunda mengalami reaksi di atas, maka segera konsultasikan kondisi si Kecil ke dokter dan minta penanganan dengan segera.

Itu dia pembahasan lengkap tentang manfaat greek yogurt untuk bayi yang masuk tahap MPASI. Bagaimana, apakah Ayah dan Bunda tertarik untuk memberikan si Kecil greek yogurt sebagai makanan pendamping asi? 

Jika iya, pastikan Ayah dan Bunda memilih yogurt yang tawar, rendak lemak, tanpa perasa, dan tanpa pemanis ya! Jangan lupa juga untuk memantau reaksi yang mungkin terjadi di tubuh si Kecil setelah mengonsumi greek yogurt.

Ayah dan Bunda bisa cek juga resep-resep MPASI bergizi untuk optimalkan tumbuh kembang si Kecil di menu gizi ya!

Sumber:

Foto: www.pexels.com

Sumber: 

  1. “Role of probiotics in health and disease: a review”, pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23894906/
  2. “Dairy products, yogurts, and bone health”, pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24695889/
Ditinjau oleh:

dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Artikel Terkait

Lihat Semua