manfaat-probiotik-untuk anak

6 Manfaat Probiotik untuk Anak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Jennie Dianita, Sp.A

Probiotik merupakan salah satu jenis bakteri baik yang dapat hidup alami di dalam tubuh manusia. Bakteri ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan anak.

Produk probiotik yang dapat AyBun dapatkan di pasaran adalah yogurt, susu formula, hingga suplemen. Saat dikonsumsi sesuai dosis yang tepat, probiotik dapat membuat tubuh anak lebih sehat dan menunjang tumbuh kembang anak.

Bakteri baik seperti Lactobacillus, Bifidobacterium, atau Saccharomyces ini akan melawan bakteri jahat dan mengembalikan jumlah bakteri yang hilang. Lalu, apa itu probiotik dan apa manfaat probiotik untuk anak? Simak selengkapnya berikut ini.

Apa itu Probiotik

Probiotik merupakan bakteri yang membawa manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan saluran pencernaan. Probiotik dapat ditemukan dalamLactobacillus, Bifidobacterium, atau Saccharomyces.

Lactobacillus merupakan mikroorganisme yang seringkali muncul di minuman yogurt. Bakteri yang satu ini dapat dikonsumsi oleh anak yang mengalami intoleransi laktosa.

Selain itu, Bifidobacterium bisa kamu temukan dalam ragi, dan Saccharomyces menghasilkan probiotik tambahan pada produk roti, susu atau buah-buahan.

Apa saja Manfaat Probiotik untuk Anak

Probiotik sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anak. Bakteri baik yang satu ini memberikan dampak yang baik juga bagi anak. Berikut ini manfaat probiotik untuk anak:

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Anak-anak masih senang untuk mencoba segala makanan, terutama hidangan yang baru pertama kali mereka coba. Namun, situasi ini bisa saja mengakibatkan keluhan saluran pencernaan.

Solusinya, Ayah dan Bunda dapat memberikan probiotik agar penyerapan makanan di dalam tubuh anak dapat berjalan secara optimal dan nutrisi tetap terjaga. Yogurt dengan aneka rasa bisa menjadi solusi untuk memberikan probiotik kepada anak.

2. Meningkatkan Perkembangan Otak Anak

Selain melancarkan saluran pencernaan, probiotik dapat membuat neurotransmitter yang menghubungkan otak dengan usus secara baik sehingga proses komunikasi anak menjadi lebih efektif.

Probiotik yang cukup di otak akan menghasilkan hormon serotonin dan melatonin yang dapat membuat anak lebih rileks, tenang, dan tidak mengalami kelelahan. Dalam pemilihan makanannya, AyBun dapat memiliki makanan dengan ragi, roti, keju, atau yogurt.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Selanjutnya, probiotik dapat meningkatkan imunitas tubuh anak. Bakteri baik ini dapat melindungi anak dari segala gangguan kesehatan. Dengan pemberian probiotik secara rutin, tubuh anak bisa memiliki respons cepat saat melawan bakteri jahat di tubuhnya. Kondisi ini akan meningkatkan imunitas tubuh anak sehingga tidak mudah sakit.

4.  Mencegah Peradangan pada Usus

Menurut Ghosh (2018), probiotik dapat mencegah peradangan pada usus karena komponen bakteri baiknya yang dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Wah, ternyata probiotik sangat bermanfaat ya AyBun bagi kesehatan kita.

5. Mencegah Terjadinya Diare pada Anak

Tak hanya imunitas tubuh, probiotik juga dapat mencegah terjadinya diare pada tubuh anak. Probiotik dapat menurunkan risiko diare dan mengurangi gejala perut yang dirasakan.

Untuk mengatasinya, AyBun dapat memberikan probiotik kepada anak bersamaan dengan antibiotik agar menurunkan terjadinya diare pada anak akibat antibiotik.

6. Menurunkan Gejala Penyakit Kolik

Kolik merupakan kondisi ketika bayi terus menangis tanpa sebab yang jelas dan sulit dikendalikan. Kolik terjadi pada bayi sehat yang berusia 2 minggu sampai 4 bulan, dan seringkali menangisnya lebih dari 3 jam sehari, 3 kali seminggu, bahkan terjadi lebih dari 2 minggu. 

Namun, jangan khawatir, terdapat Studi menunjukkan durasi tangisan anak akibat kolik dapat berkurang signifikan dengan pemberian probiotik Lactobacillus reuteri 5 tetes per hari hingga 3 minggu.

Cara Memberikan Probiotik yang Tepat

Probiotik dapat diberikan pada bayi usia minimal 3 bulan ke atas. Tidak ada anjuran khusus untuk mengkonsumsi probiotik setiap harinya. Baik pagi, siang, atau malam, semuanya dapat ditentukan sesuai selera.

Meski tidak memiliki panduan, probiotik biasanya akan diberikan kepada akan saat sebelum makan atau setelah makan. Keduanya tidak memengaruhi hidangan atau minuman yang mengandung probiotik. Namun, jika probiotik berbentuk suplemen, kamu bisa membaca anjuran yang ada di luar kemasan.

Makanan atau minuman yang mengandung probiotik memberikan banyak manfaat pada anak baik secara psikis dan mental. Bakteri baik ini dapat menahan segala serangan yang dapat mengganggu kesehatan anak.

Memiliki harga yang cukup murah dan mudah untuk ditemukan, aneka produk probiotik dapat diberikan secara rutin kepada anak. Jadi, jangan lupa untuk memberikan probiotik pada si kecil, ya!

Foto: www.pexels.com 

Sumber: 
Zermiani APD, Soares ALP, de Moura BL, Miguel ERA, Lopes LDG, Santana NCS, dkk. Evidence of Lactobacillus reuteri to reduce colic in breastfed babies: systematic review and meta-analysis. Complement Ther Med. 2021 Dec;63:102781.

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kolik-pada-bayi-bagian-1

Sumber:

Zermiani APD, Soares ALP, de Moura BL, Miguel ERA, Lopes LDG, Santana NCS, dkk. Evidence of Lactobacillus reuteri to reduce colic in breastfed babies: systematic review and meta-analysis. Complement Ther Med. 2021 Dec;63:102781.

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kolik-pada-bayi-bagian-1
Foto: www.pexels.com

Ditinjau oleh:

dr. Jennie Dianita, Sp.A

Artikel Terkait

Lihat Semua