Perfeksionis

Studi: Orang Tua Perfeksionis Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Sebuah penelitian yang menganalisi dari 20.000 anak di Amerika, Kanada, dan Inggris menemukan persepsi anak muda terhadap kritik dan harapan orang tua mereka meningkat 32% selama 32 tahun terakhir seiring dengan peningkatan perfeksionis orang tua mereka.

Selaras dengan hal tersebut, tahukah AyBun seorang peneliti bernama Thomas Curran, PhD profesor ilmu psikologi di London School of Economics & Political Science mengatakan “Perfeksionisme berkontribusi pada banyak kondisi psikologis, termasuk depresi, kecemasan, menyakiti diri sendiri, dan gangguan makan.

Perfeksionisme dalam mengasuh anak bisa mengurangi ikatan antara orang tua dan anak,  lho AyBun. Meskipun ini adalah usaha untuk menjadi ibu atau ayah yang sesempurna mungkin kelihatannya tidak berbahaya, tetapi ini adalah kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh orang tua.

Penelitian tahun 2022 memaparkan jika menjadi orang tua yang terlalu kritis terhadap diri sendiri meningkatkan risiko kelelahan orang tua itu sendiri, sehingga membahayakan hubungan emosional antara orang tua dan anak (Travers, 2022).

Faktanya, penelitian lain menunjukkan bahwa orang tua yang perfeksionis dan mereka yang memberikan tekanan pada diri sendiri mengalami tingkat kelelahan yang lebih tinggi (Sorkkila & Aunola 2020. Bukan hanya itu, dampak buruk dari kelelahan yang disebabkan oleh pengasuhan anak dapat menyebabkan ibu dan ayah menjauhkan diri secara emosional dari anak-anaknya (Abramson, 2021). 

Perfeksionis Membuat Parental Burnout

Seperti dilansir Abramson (2021), ketika orang tua mencapai tahap burnout, mereka sering kali mengatakan bahwa mereka menyayangi anak-anaknya, tetapi mereka benci berada di dekat anak-anaknya dan sama sekali tidak suka menjadi orang tua. 

Selain itu, orang tua yang mengalami burnout mengaku berfantasi meninggalkan peran mereka sebagai orang tua, memiliki keinginan untuk bunuh diri, dan menganiaya anak-anak mereka secara psikologis atau fisik (Koslowitz, 2019).

Para peneliti berpendapat bahwa orang tua yang terlalu perfeksionis berisiko mengalami beberapa, atau bahkan semua, gejala-gejala parental burnout berikut ini:

  • Kelelahan hebat yang hanya memikirkan apa yang harus dilakukan untuk atau bersama anak-anak tampak seperti sebuah gunung
  • Kejenuhan di mana mereka merasa tidak ingin lagi menjadi orang tua
  • Pemutusan hubungan emosional dari anak atau anak mereka
  • Rasa bersalah karena tidak menjadi orang tua seperti yang mereka inginkan atau inginkan

Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua perfeksionis yang terus-menerus melakukan intervensi untuk mencegah anak-anak mereka melakukan kesalahan memiliki risiko lebih besar terkena masalah psikologis seperti rendahnya harga diri dan ekspektasi tinggi yang tidak realistis terhadap diri mereka sendiri (Cha, 2016). 

Misalnya, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality yang melibatkan penelitian selama lima tahun terhadap 263 anak di Singapura menunjukkan bahwa 60 persen anak-anak yang orangtuanya sangat sering melakukan intervensi menjadi sangat kritis terhadap diri sendiri, sehingga mengakibatkan depresi, kecemasan, dan dalam kasus yang ekstrim, bunuh diri ( Cha, 2016). 

Namun, ketika orang tua memberikan kebebasan pada diri mereka sendiri untuk menjadi tidak sempurna, hal ini sebenarnya akan mempersiapkan anak-anak mereka untuk mendapatkan hasil psikologis yang lebih baik di kemudian hari.

Faktanya, anak-anak yang dibesarkan oleh ibu dan ayah yang terbuka tentang kekurangan dan kekurangan mereka belajar bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang aman, dan mereka menjadi lebih tangguh (Schwartz, 2015). Ketahanan dan adaptif adalah kemampuan untuk pulih dari berbagai macam kesulitan yang terjadi di kehidupannya.

Dengan kata lain, ketahanan membantu seseorang mengatasi banyak tantangan hidup dengan baik. Meskipun sikap perfeksionisme dalam mengasuh anak membuat anak rentan terhadap gangguan psikologis, bersikap terbuka terhadap ketidaksempurnaan, kesalahan, dan kesalahan orang tua akan membuat anak bahagia dan tahan banting secara emosional.

Daripada menuntut kesempurnaan, Ayah Bunda dapat membantu anak-anak menghadapi tekanan masyarakat dengan cara yang sehat dengan mengajari mereka bahwa kegagalan, atau ketidaksempurnaan, adalah bagian normal dan alami dari kehidupanmenyarankan orang tua yaitu dengan:

  • Komunikasikan kepada anak Anda bahwa Anda menghargai mereka tidak hanya berdasarkan apa yang mereka lakukan tetapi juga siapa mereka
  • Cobalah untuk tidak terlalu mengontrol, kritis, dan terlalu protektif terhadap anak dan tidak bergantung pada validasi orang lain
  • Ajari anak untuk bertoleransi dan belajar dari kesalahannya, bukan berfokus pada nilai ujian, tetapi pada pengembangan.
  • Tekankan kerja keras dan disiplin daripada mengejar kesempurnaan

Untuk tahu TIPS dan informasi akurat soal parenting anti toxic lainnya, yuk gunakan aplikasi Tentang Anak dan baca beragam artikelnya.

Foto: Freepik

Sumber:

https://www.apa.org/news/press/releases/2022/03/parental-expectations-perfectionism

Abramson, A. (2021, 1 Oktober). Dampak dari kelelahan orang tua. Monitor Psikologi52 (7). https://www.apa.org/monitor/2021/10/cover-parental-burnout

Hester, M. (2020, 30 April). Anak-anak menangkap stres orang tua. Pediatri Kontemporer. https://www.contemporarypediatrics.com/view/kids-pick-parents-stress

Travers, M. (2022, 12 September). Apakah perfeksionisme Anda menyebabkan kelelahan orang tua? Psikologi Hari Ini. https://www.psychologytoday.com/ca/blog/social-instincts/202209/is-your-perfectionism-leading-parental-burnout

Schwartz, M. (2015, 2 Februari). Membesarkan anak yang berketahanan: Kunci kehidupan bahagia dan sukses bagi anak Anda. Psikologi Hari Ini. https://www.psychologytoday.com/ca/blog/shift-mind/201502/raising-resilient-children

Koslowitz, R. (2019, 2 September). Kelelahan yang tidak bisa kita bicarakan: Kelelahan orang tua. Psikologi Hari Ini. https://www.psychologytoday.com/ca/blog/targeted-parenting/201909/the-burnout-we-cant-talk-about-parent-burnout

Cha, AE (2016, 27 Juni). Gaya pengasuhan perfeksionis Anda mungkin merugikan anak Anda. Washington Post. https://www.washingtonpost.com/news/to-your-health/wp/2016/06/27/dear-tiger-mom-your-perfectionist-parenting-style-may-be-detrimental-to-your- anak/

Artikel Terkait

Lihat Semua