Vitamin Penting untuk Anak 1 Tahun

10 Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

AyBun sedang mencari vitamin untuk anak 1 tahun? Di usia ini si kecil memang membutuhkan berbagai vitamin untuk perkembangannya. Dengan mendapatkan cukup vitamin dan mineral, anak dapat memiliki kesehatan yang optimal.

Kandungan vitamin dan mineral dapat ditemukan di berbagai makanan dan minuman yang bergizi. Suplemen vitamin atau mineral biasanya tidak diperlukan untuk anak sehat yang mengonsumsi makanan seimbang. Namun, beberapa anak membutuhkan suplemen multivitamin untuk mencukupi kebutuhannya. 

AyBun bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral anak 1 tahun dengan memberi si kecil makanan dan minuman bergizi. Lantas, vitamin dan mineral apa saja yang diperlukan oleh anak 1 tahun? AyBun dapat temukan jawabannya di berikut ini.

Mengapa anak perlu vitamin yang seimbang?

Anak berusia 1 tahun membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang seimbang utamanya untuk perkembangan dan kesehatannya. Apabila si kecil tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, maka akan berefek pada keterlambatan pertumbuhan dan masalah kesehatan.

Menurut organisasi Raising Children Network,AyBun bisa mendapatkan vitamin dan mineral terbaik untuk si kecil dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, daging merah, ikan, ayam, telur, susu, yoghurt, hingga keju. 

Jenis-Jenis Vitamin yang Baik untuk Anak 1 Tahun

Lantas apa saja jenis-jenis vitamin yang baik untuk anak 1 tahun? AyBun dapat mengetahui selengkapnya di bawah ini.

1. Vitamin D

Anak berusia 1 tahun hanya mendapatkan sedikit vitamin D melalui ASI, beberapa orang tua juga ada yang menjemur anaknya di bawah sinar pagi matahari selama beberapa menit. Hal tersebut sangat baik, karena sumber vitamin D berasal dari vitamin D, tetapi AyBun perlu hati-hati dalam menjemurnya.

Vitamin D yang cukup akan membuat anak memiliki tulang yang sehat dan tubuh yang kuat. Vitamin D juga dapat ditemukan di minyak ikan, telur, jamur, mentega, dan kuning telur.

  • Usia anak 0-1 tahun 400 IU/hari
  • Anak lebih dari 1 tahun 600 IU/hari
  • Dewasa 19-50 tahun 600 IU/hari untuk pemeliharaan
  • Wanita hamil & menyusui 600 IU/hari untuk pemeliharaan

2. Vitamin A

Vitamin A memiliki khasiat untuk menjaga sistem imun bayi dan anak kecil. Vitamin A juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. AyBun dapat sumber vitamin A yang baik di produk susu, wortel, bayam, kubis, dan brokoli.

Dosis vitamin A untuk anak 1 tahun menurut rekomendasi internasional Bayi sampai anak usia 3 tahun: 300 mcg atau 1.000 IU (International Unit) per hari. Sedangkan dari Kementerian Kesehatan Kapsul Biru: dosis 100.000 IU untuk anak berusia 6–11 bulan. Kapsul Merah: dosis 200.000 Iu untuk anak berusia 12–59 bulan.

3. Vitamin C

Vitamin C juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Vitamin ini berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel darah merah dan jaringan tubuh, Vitamin C juga dapat menjaga kesehatan gusi anak.

AyBun bisa menemukan sumber vitamin C di berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti: jeruk, kiwi, stroberi, brokoli dan tomat. Untuk dosis vitamin C per hari.

Kebutuhan Vitamin

Usia

Kebutuhan (mg)

0-6 bulan*

40

7-12 bulan

50

1-3 tahun

15

4-8 tahun

25

9-13 tahun

45

14-18 tahun Perempuan dan Laki-Laki

65 dan 75

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin anak 1 tahun selanjutnya adalah vitamin B kompleks yang termasuk B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Pantothenic Acid), B6 (Pyridoxine), B9 (Asam Folat), dan B12 (Cobalamins). Semua vitamin B tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Secara keseluruhan vitamin B kompleks sangat penting untuk metabolisme dan perkembangan otak serta tubuh yang sehat. Vitamin B kompleks dapat ditemukan di susu, keju, ikan, kacang-kacangan, pisang, dan semangka.

5. Vitamin E

Menurut Baby Center, Vitamin E mendorong kesehatan imun dan membantu tubuh untuk melawan bakteri. Vitamin E membantu membuat pembuluh darah terbuka lebar agar darah dapat mengalir dengan bebas, dan membantu sel-sel tubuh bekerja sama untuk melakukan fungsinya.

Vitamin E bisa AyBun temukan di bayam, kacang almond, biji bunga matahari, minyak biji gandum, alpukat, brokoli, mangga, telur ikan laut, dan lain-lain. Vitamin E juga bisa dalam berbentuk suplemen, hanya saja perlu rekomendasi dokter apabila ingin meminumnya.

6. Vitamin K

Tahukah AyBun bahwa vitamin K juga sangat penting untuk si kecil? Menurut Kids Health Org, kecukupan vitamin K ini sangat vital ketika bayi baru lahir. Bayi yang dilahirkan dengan kekurangan vitamin K, akan mengalami pendarahan fatal yang menimbulkan memar serta pendarahan di seluruh organ tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk AyBun dalam memenuhi kandungan vitamin K untuk si kecil dari dalam kandungan hingga lahir. Sumber vitamin K biasanya berasal dari tumbuhan hijau seperti bayam, brokoli, kale, sawi, dan lain sebagainya.

7. Yodium

Yodium dibutuhkan oleh bayi, anak-anak, hingga dewasa. Yodium adalah sejenis mineral yang dapat ditemukan di dalam biota laut. Anak-anak membutuhkan yodium untuk memproduksi hormon yang mengendalikan metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan. 

Apabila kekurangan yodium, anak akan mengalami keterlambatan pertumbuhan, dan gangguan intelektual. Oleh sebab itu, AyBun perlu memberikan asupan yodium yang ideal untuk anak 1 tahun dan seterusnya. 

8. Zat Besi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk tubuh. Fungsi dari zat besi adalah membantu darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mineral ini juga dapat mendukung kemampuan anak belajar.

Kekurangan zat besi akan membuat anak mengalami anemia atau kekurangan darah. Anak 1 tahun dapat mengonsumsi daging merah, hati ayam, hati sapi, ikan, daging ayam, ataupun telur agar memiliki zat besi yang cukup di dalam tubuh. Dosis dari suplemen zat besi :

  • Bayi Berat badan baru lahir berat kurang dari 2500g dosisnya 3mg/kgBB/hari dengan lama pemberian usia 1 bulan sampai 2 tahun
  • Bayi cukup bulan dosisnya 2 mg/kgBB/hari dengan lama pemberian usia 4 bulan-2 tahun
  • Anak 2 - 12 tahun diberikan zat besi dengan dosis 1 mg/kgBB/hari dengan lama pemberian 2 kali seminggu selama 3 bulan berturut-turut tiap tahun
  • Anak usia 12-18 tahun dosis pemberian zat besi 60 mg/hari dengan lama pemberian 2 kali seminggu selama 3 bulan berturut-turut tiap tahun

9. Zinc

Kecukupan zinc atau seng sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Zinc bekerja dengan mengaktifkan sel darah putih untuk melawan bakteri, virus, dan jamur. Dengan begitu resiko anak menderita berbagai penyakit bisa menurun. 

Menurut Stanford Medicine, Zinc juga diperlukan untuk mencegah cacat bayi lahir. Karena itulah, ibu perlu mencukupi keperluan zinc dengan mengonsumsi kacang-kacangan, sereal, daging merah, susu, hingga coklat. 

Angka kebutuhan zinc harian anak

Usia 

Jumlah (mg)

0-6 bulan

1,1

6 bulan - 3 tahun

3

4-9 tahun

5

10-12 tahun

8

10. Kalsium

Di umur 1 tahun, anak sedang berada di pertumbuhan tulang yang penting. Salah satu mineral yang paling dibutuhkan dalam pembentukan tulang adalah kalsium. Dengan banyaknya kalsium yang anak dapatkan, maka tulangnya akan lebih kuat.

Menurut Kids Plus Pediatrics, kalsium bisa ditemukan di susu, salmon, sarden, sereal, sayuran hijau, dan lain-lain. Konsumsi kalsium yang ideal untuk anak 1–3 tahun adalah 700 mg/hari. 

Itulah berbagai vitamin anak 1 tahun yang penting untuk diketahui. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral si kecil memang bisa dengan mengonsumsi suplemen vitamin, hanya saja AyBun tidak boleh memberi suplemen sembarangan. Melainkan, AyBun harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral si kecil, AyBun perlu menyiapkan berbagai makanan dan minuman yang bergizi. Dengan asupan yang tepat, anak dapat tumbuh sehat dan bahagia. 

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://raisingchildren.net.au/teens/healthy-lifestyle/nutrients/vitamins-minerals

https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/vitamins-for-children/

https://www.babycenter.com/toddler/feeding/vitamin-e-in-your-childs-diet_10324697

https://kidshealth.org/en/parents/vitamin-k-shot

https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/vitamins-minerals/iron.htmlhttps://kidsplus.com/parent-resources/doctors-notes/calcium-for-kids/

Artikel Terkait

Lihat Semua