Menabung THR

Anak Dapat THR? Ajarkan Menabung dengan TIPS Ini

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Riza Selfiana, S.Psi, CFP, QWP

Salah satu hal yang disenangi anak-anak saat momen idulfitri tentu ketika mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya atau THR dari keluarga juga kerabat dekat. Anak bisa saja mengantongi uang hingga ratusan ribu rupiah dari pemberian THR tersebut.

Nah, jika anak sudah beranjak remaja biasanya dibiarkan oleh orang tuanya untuk mengelola uang THRnya sendiri. Sedangkan bila masih balita atau usia sekolah dasar, biasanya orang tua justru menyimpan uang THR anak.

Menabung merupakan sebuah kebiasaan yang perlu dibangun sejak dini, pendidikan finansial penting diketahui anak, agar kelak ia dapat mengelola keuangannya secara mandiri. Kebiasaan menabung ini ternyata bagus dibentuk pertama kali dari contoh yang diberikan oleh orang tua, lho!

Anak yang terbiasa menabung keuangannya akan sehat sehingga menciptakan cikal bakal masa depan yang baik. Nah, apa saja yang bisa AyBun lakukan?

1. Ajarkan bahwa setiap barang memiliki nilai dan jumlahnya terbatas

Dari hal ini sehingga perlu bekerja untuk dapat uang. Misalnya ceritakan pada anak kenapa Ayah/Bunda harus bekerja atau bermain peran berjualan

2. Contohkan anak cara mengelola uang yang baik

Misal: 

Ceritakan bahwa barang favorit AyBun dibeli dari hasil menabung

Ajak anak menabung di celengan 

Tidak menunjukkan sikap konsumtif dan boros dalam berbelanja

3. Ajarkan anak tentang ‘menunda kesenangan’

Tidak semua permintaan anak harus dipenuhi  walaupun nilainya kecil (tidak mahal)

Menabung dan berinvestasi merupakan bentuk delayed gratification, yaitu menunda kesenangan (menghabiskan uang saat ini) untuk memenuhi kebutuhan di masa depan

4. Kenalkan anak harga barang untuk berdiskusi

Jika memungkinkan, libatkan anak dalam pengambilan keputusan terkait pembelian barang pokok untuknya, misal ajak ke supermarket/pasar, minta bantuan utk memilih merk sabun.

Saat usia sekolah, ia mulai mampu berhitung dan berlogika sehingga AyBun dapat menawarkannya uang saku dan bebaskan ia untuk memilih penggunaannya sambil diarahkan.

“Bunda kasih 10 ribu ya Kak minggu ini. Minggu depan Bunda kasih lagi, tapi kalau nggak mau jajan dan ditabung buat mainan aja boleh, kok!”

Perlu diingat, tugas AyBun adalah untuk memberikan bekal dan pengarahan, serta jangan lupa untuk mencontohkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

5. Arahkan untuk Berbagi Kebaikan

Selain menabung, Ayah Bunda juga bisa ajak anak untuk menyisihkan uang untuk berbagi sesama dengan yang lebih membutuhkan.

Untuk tahu lebih lanjut soal pengasuhan anak usia dini dari Ahlinya yuk unduh dan gunakan aplikasi Tentang Anak!

Foto: Designed by freepik

Artikel Terkait

Lihat Semua