asam-folat-untuk-program-hamil

Bunda Ingin Hamil Sehat? Minum Asam Folat Sebelum Hamil Begini Anjurannya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Darrell Fernando, SpOG, MRCOG, MM, MARS, FICS

Ibu hamil wajib untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Sebab, makanan yang masuk ke tubuh Bunda juga akan dikonsumsi sang janin sebagai sumber energi dan pertumbuhannya. Makanan kaya nutrisi tentunya berdampak baik pada perkembangan janin. 

Salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi ibu hamil adalah asam folat. Nutrisi ini adalah versi sintetis dari vitamin folat atau B9. Konsumsi asam folat sangatlah penting untuk mencegah cacat lahir pada janin. Maka dari itu, asam folat dianjurkan untuk dikonsumsi sedini mungkin, yaitu sejak AyBun akan merencanakan kehamilan.

Asam folat bisa ditemukan di beberapa bahan makanan, seperti sayuran hijau (brokoli, kubis, kembang kol), jamur, buah-buahan (alpukat, pepaya, jeruk), hingga kacang-kacangan dan telur. Tapi, Bunda juga bisa memenuhi asupan asam folat dengan mengonsumsi suplemen asam folat. 

Untuk suplemen asam folat, jumlah asupan yang direkomendasikan adalah 400 mcg. Suplemen ini perlu dikonsumsi setiap hari sejak Bunda akan merencanakan kehamilan hingga usia kehamilan 13 minggu. Supaya Bunda tidak bingung, ini dia daftar rekomendasi merek asam folat terbaik untuk program hamil Bunda!

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Sebelum mengetahui lebih lanjut rekomendasi merek suplemen asam folat untuk ibu hamil, Bunda perlu mengenal dulu beragam manfaat penting dari asam folat. Baik dikonsumsi dari sumber makanan kaya asam folat maupun dari suplemen, keduanya sama-sama meningkatkan kesehatan janin dan ibu hamil. Simak ragam manfaatnya di sini!

1. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Perkembangan otak dan saraf janin sudah dimulai sejak awal kehamilan. Akan tetapi, masa-masa ini juga menjadi masa yang paling rentan bagi janin. Kurangnya asupan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi. Salah satu cacat tersebut adalah spinal bifida.

Kelainan spinal bifida pada bayi akan memunculkan celah pada ruas tulang belakang bayi. Akibatnya, bayi akan mengalami kesulitan berjalan hingga infeksi di bagian otak dan tulang belakang. Untuk menghindari kondisi ini, Bunda dapat mengonsumsi asam folat secara teratur setiap harinya. Tidak hanya itu, asam folat juga dapat mendukung pertumbuhan otak dan saraf janin selama kehamilan.

2. Mengatasi Anemia

Selama kehamilan, setiap bagian tubuh Bunda akan bekerja dua kali lipat untuk mencukupi kebutuhan janin. Hal ini termasuk pasokan sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Bunda yang tidak mendapatkan cukup nutrisi cenderung rentan mengalami anemia. 

Asam folat berperan dalam mendorong lebih banyak produksi sel darah merah sehat pada tubuh ibu hamil. Asupan asam folat dapat mencegah Bunda dari anemia dan menghasilkan sel darah merah yang cukup untuk ibu hamil dan janin. Bunda juga bisa menambahkan vitamin B12 dan zat besi untuk mendukung produksi sel darah merah di dalam tubuh.

3. Mencegah Risiko Komplikasi Kehamilan

Asam folat tidak hanya mendukung pertumbuhan otak dan saraf janin, tetapi juga mencegah terjadinya komplikasi kehamilan pada Bunda, yaitu preeklamsia. Ibu hamil yang menderita preeklamsia akan rentan mengalami kejang selama kehamilan, gangguan penglihatan, sakit kepala berat, hingga berisiko melahirkan secara prematur. 

Konsumsi asam folat secara berkala untuk ibu hamil dapat memperkuat janin serta menciptakan proses kehamilan yang sehat.

Pilihan Merek Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Memilih suplemen asam folat tidak bisa sembarangan, Bunda. Walaupun ada banyak rekomendasi asam folat untuk program kehamilan, Bunda juga perlu memperhatikan jumlah kandungan dalam merek asam folat agar mencukupi nutrisi yang dibutuhkan. Bunda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai merek asam folat yang bisa Bunda konsumsi.

1. Folarin

Rekomendasi merek asam folat untuk program hamil yang pertama adalah Folarin. Produk ini adalah suplemen kehamilan dalam bentuk tablet. Sebagai suplemen asam folat, Folarin berfungsi untuk mencegah cacat lahir pada janin, terutama cacat tabung saraf. Dalam setiap kemasannya, terdapat 100 tablet Folarin yang bisa Bunda konsumsi.

Setiap tablet Folarin mengandung asam folat sebanyak 400 mcg yang cukup untuk asupan asam folat sehari-hari. Folarin dianjurkan untuk diminum 1 tablet per hari. Terdapat beberapa efek samping yang mungkin dirasakan setelah mengonsumsi Folarin, seperti anoreksia, mual, perut kembung, reaksi alergi, dan tubuh lemas. Bunda bisa mendapatkan Folarin mulai dari harga Rp30.000.

2. Folavit

Folavit menjadi rekomendasi merek asam folat untuk program hamil berikutnya. Suplemen ini bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kekurangan asam folat pada ibu hamil dan menyusui. Folavit tersedia dalam 2 jenis, yaitu Folavit dengan kandungan asam folat 400 mcg (30 tablet) dan 1000 mcg (12 tablet). 

Kandungan asam folat di dalam Folavit berfungsi dalam memelihara sistem saraf yang sehat serta mendukung pertumbuhan janin selama kehamilan. Untuk konsumsi sehari-hari, Bunda bisa menggunakan Folavit 400 mcg, dengan anjuran konsumsi sebanyak 1 tablet per hari. Folavit 1000 mcg lebih ditujukan pada ibu yang menderita kekurangan asam folat.

Beberapa efek samping yang mungkin dirasakan dari Folavit adalah mual, sakit perut, hilang nafsu makan, rasa tidak enak di mulut, mudah marah, hingga kesulitan tidur. Folavit bisa Bunda dapatkan mulai dari harga Rp52.000.

3. Blackmores Suplement Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores telah menjadi merek langganan untuk suplemen kesehatan berkualitas dan terjamin. Blackmores juga mengeluarkan suplemen asam folat untuk menunjang kehamilan, yaitu Blackmores Suplement Pregnancy & Breastfeeding Gold. Suplemen ini tersedia dalam jumlah 60 kapsul dan 120 kapsul per kemasannya.

Suplemen Blackmores tidak hanya diperkaya dengan asam folat, tetapi juga nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Beberapa nutrisi tersebut adalah DHA, kalsium, dan zat besi. 

Setiap kapsul Blackmores mengandung 200 mcg asam folat yang bisa dikonsumsi setiap hari, dengan anjuran 2 kapsul per hari atau sesuai anjuran dokter. Bunda bisa mendapatkan Blackmores Suplement Pregnancy & Breastfeeding Gold mulai dari harga Rp255.000.

4. Nature Plus Folic Acid Hearts

Rekomendasi merek asam folat untuk program hamil selanjutnya adalah Nature Plus Folic Acid. Suplemen berbentuk kapsul ini terdiri atas asam folat, vitamin B6, dan B12 yang bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Kombinasi nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Nature Plus Folic Acid Hearts memiliki 90 kapsul dalam setiap kemasannya.

Bagi ibu hamil, konsumsi Nature Plus Folic Acid Hearts dapat membantu mencegah risiko cacat lahir pada janin dan memperbaiki laktasi pada ibu hamil. Kandungan asam folat dan vitamin dalam Nature Plus Folic Acid Hearts juga berperan dalam memerangi anemia dan menjaga kesehatan pencernaan.

Setiap kapsul Nature Plus Folic Acid Hearts mengandung 400 mcg asam folat untuk memenuhi asupan asam folat sehari-hari. Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen ini sebanyak 1 kapsul per hari. Dapatkan Nature Plus Folic Acid Hearts mulai dari harga Rp250.000.

5. Folamil Genio

Pilihan suplemen asam folat berikutnya adalah Folamil Genio. Suplemen ini memiliki 30 kapsul di setiap kemasannya. Folamil Genio juga mengandung berbagai nutrisi untuk melengkapi kebutuhan gizi harian ibu hamil, seperti asam folat, DHA, multivitamin, zat besi, hingga beta karoten. Kandungan asam folat di dalam Folamil Genio adalah 1000 mcg per kapsulnya.

Dengan kandungan kaya nutrisi tersebut, Folamil Genio berperan dalam mendukung pertumbuhan sistem saraf dan pertumbuhan otak janin. Suplemen ini dapat Bunda konsumsi sebanyak 1 kapsul per hari atau sesuai petunjuk dokter. Bunda bisa mendapatkan Folamil Genio mulai dari harga Rp130.000.

6. Now Foods Folic Acid

Contoh merek asam folat terbaik untuk ibu hamil selanjutnya adalah Now Foods Folic Acid. Komposisi dari suplemen ini adalah asam folat dengan kandungan vitamin B12 yang baik bagi ibu hamil dan janin. Satu botol Now Foods Folic Acid memiliki 250 tablet, dengan tiap tabletnya mengandung 800 mcg asam folat. 

Kandungan asam folat dan vitamin B12 dalam Now Foods Folic Acid bermanfaat dalam melancarkan proses pembentukan sel darah merah, mencukupi kebutuhan asupan asam folat ibu hamil dan menyusui, menunjang perkembangan otak, tengkorak, dan sumsum tulang belakang, hingga menghindarkan bayi dari risiko cacat lahir. 

Konsumsi Now Foods Folic Acid dianjurkan sebanyak 1 tablet per hari setelah makan. Bunda bisa mendapatkan Now Foods Folic Acid mulai dari harga Rp150.000 per botolnya.

Aturan Minum Asam Folat untuk Ibu Hamil

Meskipun asam folat disarankan untuk diminum oleh ibu hamil sejak dini, Bunda tetap harus mengetahui aturan minum asam folat untuk program hamil yang tepat. Hal ini bertujuan agar tidak berlebihan ataupun kurang. Hal ini juga berperan dalam memastikan asupan asam folat yang cukup dan optimal bagi ibu hamil dan janin.

Asam folat penting untuk mencegah cacat pada perkembangan otak dan tulang belakang bayi. Risiko cacat bisa dihindari dengan konsumsi asam folat secara rutin sejak awal perencanaan kehamilan. Baiknya, konsumsi asam folat dilakukan 3 bulan sebelum kehamilan dan selama 12 minggu kehamilan. Dosisnya pun dapat berubah sesuai dengan umur kehamilan.

Berikut adalah daftar dosis asam folat yang direkomendasikan sesuai umur kehamilan:

  • Saat merencanakan kehamilan: 400 mcg
  • 3 bulan pertama kehamilan: 400 mcg
  • Bulan ke-4 hingga ke-9: 600 mcg
  • Saat menyusui: 500 mcg

Selain mengikuti aturan minum asam folat di atas, ada pula beberapa aspek yang perlu Bunda perhatikan dalam menjalani proses kehamilan yang sehat. Aspek tersebut antara lain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi, cukup beristirahat, serta memperbanyak quality time dengan suami.

Bunda juga perlu mengkonsultasikan dosis asam folat yang bisa dikonsumsi jika Bunda mengalami kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, Bunda atau suami memiliki riwayat cacat lahir, hingga pernah mengalami kehamilan cacat tabung saraf sebelumnya.

Demikian rekomendasi merek asam folat terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain memenuhi asupan asam folat, Bunda juga perlu memenuhi asupan nutrisi lainnya untuk menyehatkan tubuh Bunda dan janin di perut, mulai dari asupan protein, karbohidrat, hingga vitamin dan mineral. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis asam folat yang bisa Bunda konsumsi, ya!

Foto : Photo by Pexels

Sumber:

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/

PMK No. 97 tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Kehamilan

Ditinjau oleh:

dr. Darrell Fernando, SpOG, MRCOG, MM, MARS, FICS

Artikel Terkait

Lihat Semua