Bayi Menelan Benda Asing

Awas Bayi Menelan Benda Asing! Gini Cara Menanganinya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Tingkah laku si Kecil terutama pada balita yang mulai aktif menjadi banyakanya kasus benda asing tak sengaja tertelan. Pada kondisi ini beberapa benda asing jika tertelan akan berbahaya bagi saluran cerna, pernapasan, atau bahkan berujung pada kematian. 

Lalu, bagaimana ya cara mengeluarkan benda asing yang tertelan? Berikut cara yang bisa Ayah Bunda lakukan:

Cara Menangani Benda Asing yang Tertelan

1. Kenali Gejalanya

Saat benda asing sudah terlanjur masuk ke dalam mulut anak penting untuk diwaspadai apakah objek yang tersangkut di kerongkongan menyebabkan gejala-gejala seperti berikut ini:

  • Sulit menelan makanan dan minuman
  • Sulit berbicara
  • Tersedak mendadak
  • Mengeluarkan banyak air liur
  • Memiliki napas berbunyi
  • Perut terasa sakit
  • Muntah dan mual

2. Pertolongan Pertama di Rumah

Jika Ayah Bunda bisa mengenali tanda-tanda atau gejala yang ditimbulkan pertolongan pertama atau perawatan di rumah bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak telon pada perut anak yang mual atau membawakannya ke dokter bila ada gejala parah lebih lanjut.

3. Tindakan Medis

Apabila benda yang tertelan menimbulkan rasa sakit serta gangguan pernapasan, maka yang harus dilakukan tindakan operasi. Pembedahan atau tindakan operasi dapat mengangkat benda tanpa menusuk kerongkongan maupun usus. Sebelum tindakan ini perlu adanya konsultasi medis dengan dokter.

5 Benda Asing yang Harus Dihindari Anak

1. Perhiasan

Penggunaan perhiasan berukuran kecil seperti anting atau cicin pada bayi ternyata tidak dianjurkan oleh American Academy of Pediatrics, selain mudah lepas, sebaiknya anak menggunakan perhiasan ketika mereka sudah dapat merawat dirinya sendiri.

2. Koin

Uang koin merupakan salah satu barang yang seringkali dimasukkan oleh anak ke dalam mulut, misalnya ia tertarik dengan suara yang tercipta saat koin terjatuh dan dilempar ke atas, berisiko menyangkut di mulut, tersangkut di tenggorokan yang akan mengganggu saluran napasnya.

3. Baterai Kancing

Benda-benda berbentuk bulan kecil menarik anak perhatian anak dan tidak sengaja ditelan, jika baterai kancing tertelan kandungan kimia berbahaya bisa berdampak mengganggu kesehatan anak, yaitu mengiritas dan melukai saluran cerna.

4. Water Beads

Manik-manik kecil yang berwarna menarik perhatian anak membuat ia penasaran dan akhirnya memasukkan beads ke dalam mulut ingin tahu teksturnya. Namun, hal yang membuatnya lebih berbahaya water beads ini akan menarik air jadi membuat amal dehidrasi

5. Jarum Pentul

Benda yang seringkali dipakai Ayah Bunda di rumah sangat membahayakan untuk Anak, memang jarum pentul tak jarang membantu menyelesaikan urusan bebersih atau menata rumah, terutama bagi Bunda yang berhijab, ketika sedang menggunakan jarum dengan menyelipkan di gigi kemudian tak sengaja tertelan misalnya kaget, atau sedang berbicara dengan teman bicaranya.

Nah, Ayah Bunda sudah menghindari adanya benda-benda itu pada si Kecil belum? Yuk, lebih berhati-hati lagi 🤗 Jangan lupa unduh dan gunakan aplikasi Tentang Anak untuk dampingi proses tumbuh kembang anak, aplikasi terlengkap dan tepercaya dari Ahlinya!

Foto: Freepik

Sumber:

Mesty Ariotedjo. 2023. Jauhkan dari Anak! Ini Benda Asing Paling Sering Tertelan. Instagram.

Sumber:


Ditinjau oleh:


Artikel Terkait

Lihat Semua