Bayi Kembung

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Bagi Ayah Bunda yang baru punya bayi, pasti sering mengalami panik jika terjadi sesuatu yang membuat si kecil tidak nyaman. Salah satunya ketika bayi mengalami perut kembung. Meski bukan hal yang membahayakan, perut kembung bisa membuat bayi rewel bahkan menangis menjerit-jerit dalam waktu yang tidak sebentar. 

Penyebab perut kembung pada bayi cukup beragam, mulai dari terlalu banyak menelan udara ketika menangis dan menyusui, hingga sebagai reaksi alergi terhadap susu maupun makanan tertentu. Agar ayah-bunda tidak panik, dan tahu cara mengatasi persoalan ini, artikel kali ini akan membahas serba serbi perut kembung pada bayi, mulai dari penyebab, ciri-ciri hingga tips menghilangkan gas yang membuat perut bayi kembung. Yuk, kita mulai pembahasannya di bawah ini.

Ciri Perut Bayi Kembung

Ada sejumlah ciri yang menjadi pertanda bahwa perut si kecil kembung. Namun, perlu ayah-bunda pahami, gejala ini juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Perut bayi terasa kencang atau keras saat disentuh.
  • Sering menggeliat dan wajahnya terlihat merah.
  • Bayi menangis bahkan menjerit-jerit dalam waktu lama karena tidak nyaman.
  • Bayi kesulitan tidur atau terbangun dengan mudah.
  • Bayi menolak untuk makan atau minum susu.
  • Bayi sering kentut atau bersendawa

Makanan Penyebab Perut Kembung

Jika bunda masih menyusui si kecil, bisa jadi perut kembung yang dialaminya merupakan reaksi alergi terhadap makanan yang dikonsumsi oleh bunda. Berikut ini adalah sejumlah makanan yang dapat membuat perut bayi bergas:

  • Makanan yang kaya akan serat, contohnya seperti makanan yang mengandung bran (bekatul).
  • Beberapa buah seperti aprikot, persik, plum, jeruk, lemon dan buah pir.
  • Sayuran seperti brokoli, asparagus, kubis, kentang dan kol.
  • Pasta
  • Makanan berbahan susu sapi seperti keju.
  • Minuman berkarbonasi, minuman yang mengandung kafein dan coklat.

Cara Mengeluarkan Gas saat Perut Kembung

Ada sejumlah cara yang bisa ayah-bunda lakukan untuk membantu bayi yang kembung mengeluarkan gas dari perutnya. Sejumlah cara ini dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan tenaga medis sekalipun. Nah, berikut ini adalah sejumlah cara mengatasi perut kembung pada bayi:

1. Lakukan Posisi Mengayuh

Menggerakkan kaki bayi dengan cara mengayuh seperti saat bersepeda dapat membantu mempercepat pengeluaran gas dari perut bayi yang terperangkap. Metode ini sering disarankan oleh dokter anak dan praktisi kesehatan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan dan kembung pada bayi.

2. Berikan Pijatan pada Perut Bayi

Pijatan lembut pada perut bayi dapat membantu meredakan kembung dan memudahkan pengeluaran gas. Teknik pijatan yang tepat adalah dengan menekan perut bayi secara perlahan dengan gerakan memutar searah atau berlawanan arah jarum jam, dengan membiarkan reaksi bayi mengarahkan tekanan yang diberikan.

3. Buat Bayi Tengkurap

Banyak manfaat yang diperoleh bayi dari aktivitas tummy time atau tengkurap. Selain dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian atas dan merangsang mereka untuk mengangkat kepala, posisi tengkurap juga dapat membantu membebaskan gas yang terperangkap di dalam perut bayi. Namun, pastikan agar ayah-bunda mengawasi bayi saat tummy time.

4. Tepuk Lembut Punggung Bayi

Dengan menepuk punggung bayi, Anda juga bisa membantunya mengeluarkan gas yang terperangkap di perut. Berikut ini adalah 3 posisi yang bisa Anda lakukan:

  • Letakkan bayi di atas bahu Anda, sambil memegang kepala dan leher bayi dengan lembut. Usap atau tepuk punggung bayi dengan lembut sampai bayi bersendawa.
  • Dudukkan bayi di pangkuan Anda dengan posisi duduk. Pegang kepala bayi dengan satu tangan sementara tangan yang lain memberikan dukungan pada dada bayi. Kemudian, usap atau tepuk punggung bayi dengan lembut sampai bayi bersendawa.
  • Letakkan bayi di depan Anda dalam posisi jongkok dengan kepala bayi di bawah dada Anda. Pegang kepala bayi dengan lembut dan gunakan tangan yang lain untuk memberikan dukungan pada bokong bayi. Kemudian, usap atau tepuk punggung bayi dengan lembut sampai bayi bersendawa.

Nah, ayah-bunda, di atas adalah sejumlah metode ini sering disarankan oleh dokter anak dan praktisi kesehatan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat kembung pada bayi. Namun, jika bayi terlihat tidak nyaman dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk segera memeriksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Selamat mencoba!

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324725

Artikel Terkait

Lihat Semua