Bayi Merangkak

Cara Stimulasi yang Tepat agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Duduk dan merangkak adalah beberapa dari milestone atau hal yang harus dicapai dalam perkembangan awal bayi. Keduanya adalah kemampuan motorik yang bisa bayi kuasai sendiri dalam 6 bulan.

Beberapa bayi mungkin akan mengalami keterlambatan. Tapi AyBun tidak perlu khawatir, orang tua dapat membantu si kecil menguasai kemampuan duduk, kemudian merangkak dengan memberikan stimulasi. 

Nah, lantar bagaimana cara stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak? AyBun cek berikut ini untuk mengetahui selengkapnya.

Kapan bayi bisa duduk dan merangkak?

Setiap bayi mempelajari hal baru setiap harinya, mereka berkembang begitu cepat. Menurut Help Me Grow Minnesota, sebelum bisa duduk atau merangkak, bayi menguasai cara untuk mengangkat kepala mereka terlebih dahulu pada usia 2 bulan.

Kemudian pada usia 4 bulan, bayi dapat mengangkat kepalanya tanpa bantuan dari orang tua. Menginjak usia 6 bulan, bayi seharusnya bisa duduk dengan bantuan. Di saat yang sama, bayi juga akan menggoyangkan tangan dan lututnya, ini adalah langkah awal untuk merangkak. 

Lalu, pada usia 9 bulan bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan dan merangkak. Beberapa bayi mungkin akan menguasai merangkak dengan menyeret diri mereka sepanjang lantai dengan lengannya.

Penyebab bayi belum bisa duduk

Apabila bayi belum bisa duduk, maka perkembangan motorik lainnya juga terhambat. Tetapi, ada sejumlah penyebab mengapa bayi belum bisa duduk. Alasannya adalah sebagai berikut:

1. Bayi memiliki perkembangan motorik yang lambat

Dilansir dari Healthline, ketika bayi belum bisa duduk pada usia 9 bulan, maka ada kemungkinan bayi memiliki perkembangan motorik yang lambat. Hal tersebut dapat AyBun ketahui dari:

  • Otot bayi kaku dan tegang
  • Gerakan bayi floppy atau rentan
  • Kurangnya kontrol kepala yang kuat
  • Bayi meraih barang hanya dengan satu tangan di atas yang lain
  • Bayi tidak meraih atau membawa benda ke mulut

2. Faktor kelainan tulang di tubuh bayi

Perkembangan bayi memang berbeda-beda. Namun, ada milestone yang perlu dicapai bayi agar berkembang sesuai dengan target usia. Kemungkinan perkembangan bayi terlambat bisa jadi karena memiliki kelainan tulang ataupun si kecil pernah mengalami cedera.

Menurut Birth Injury Guide, bayi tidak bisa duduk kemungkinan ia memiliki cerebral palsy. Ini adalah kelainan neurologi yang terjadi pada otot dan koordinasi tubuh. Oleh sebab itu, AyBun dapat konsultasi ke dokter apabila bayi menunjukan keterlambatan dalam perkembangan.

3. Kurangnya stimulasi orang tua 

Selain itu, kurangnya stimulasi orang tua adalah salah satu penyebab bayi telat berkembang. Beberapa orang tua munkin lebih memilih meletakkan bayi di atas kasur, karena tidak ingin repot. Tapi, ini bisa membuat bayi malas untuk melatih tubuhnya.

Supaya bayi dapat menguasai duduk dan merangkak, AyBun perlu memberikan si kecil stimulasi. Berikan si kecil suasana menyenangkan saat belajar duduk dan merangkak agar bayi termotivasi untuk duduk dan merangkak secara mandiri.

Bagaimana cara stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak?

Di bawah ini adalah cara menstimulasi bayi agar cepat duduk dan merangkak menurut Medical News Today dan Healthline, diantaranya:

1. Dukung untuk memiliki tummy time

Tummy time adalah sesi latihan bayi untuk tengkurap. Bayi mulai tengkurap bisa dimulai dari minggu-minggu pertama kehidupan selama beberapa menit setiap hari. Pada awalnya, bayi mungkin tidak menyukainya, tapi mereka akan menyukainya setelah beberapa waktu.

Waktu tengkurap dapat mendorong bayi untuk mengangkat kepalanya supaya melihat sekelilingnya. Dalam proses tengkurap ini, mereka akan mengembangkan kekuatan leher dan tubuh bagian atas, proses yang penting untuk belajar duduk tanpa bantuan.

2. Duduk dengan bantuan orang tua

Setelah bayi dapat menahan kepalanya dengan stabil, AyBun dapat mulai mendudukkan bayi di pangkuannya. AyBun dapat coba goyang perlahan ke depan dan ke belakang, dorong bayi agar tubuh bagian atas tetap sejajar dengan tubuh bagian bawah.

Akan tetapi, kepala bayi mungkin masih bergoyang sesekali. Jadi, AyBun jangan lupa untuk memegang bayi erat-erat dan berikan penyangga untuk kepalanya.

3. Berlatih di lantai

Di lantai, bayi bisa belajar untuk duduk dan merangkak. AyBun dapat duduk di lantai dengan bayi di antara kedua kaki, kemudian beri mereka dukungan untuk belajar duduk dan merangkak.

Memiliki dukungan dari AyBun akan membantu bayi mengembangkan kontrol dan koordinasi otot yang diperlukan agar bayi dapat duduk dengan tegak. AyBun juga harus memperhatikan keamanan dan kebersihan lantai, agar bayi bisa aman dan nyaman.

Supaya lebih menarik lagi, AyBun dapat beri si kecil mainan untuk bermain di atas lantai. Bayi kemudian akan tertarik untuk mengambil mainan kesayangan mereka, ini akan menstimulasi mereka untuk bergerak atau merangkak. 

4. Berikan bantal untuk latihan

AyBun juga dapat membantu bayi untuk duduk dengan memberikan penopang di belakangnya. Bantal menjadi objek yang tepat untuk membantunya karena empuk, sehingga aman ketika bayi jatuh. 

5. Kurangi waktu bayi di bouncer

Bayi yang tidak menghabiskan banyak waktu di lantai mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kekuatan fisiknya untuk duduk ataupun merangkak. Oleh sebab itu, AyBun perlu kurangi waktu bayi seperti di ayunan bayi atau kursi bayi.

Alas yang tepat untuk bayi belajar duduk dan merangkak adalah di lantai. Dengan pengawasan dari AyBun, si kecil akan akan bereksplorasi di atas lantai. AyBun juga bisa berikan alas empuk di lantai agar bayi jatuh dengan aman.

Itulah informasi lengkap mengenai cara stimulasi cepat duduk dan merangkak. AyBun tidak perlu panik apabila bayi terlambat berkembang, semua bayi memiliki perbedaan waktu berkembang. Hanya saja, beri mereka stimulasi yang tepat agar perkembangan mereka sesuai dengan milestone.

AyBun jangan takut untuk menghubungi dokter untuk konsultasi perkembangan bayi. AyBun akan mendapatkan informasi dan saran untuk membantu perkembangan si bayi.  

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://helpmegrowmn.org/HMG/HelpfulRes/Articles/BabyMilestones/

https://www.healthline.com/health/parenting/when-can-babies-sit-up

https://www.birthinjuryguide.org/additional-resources/birth-injury-symptoms/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-help-a-baby-sit-up  

https://www.healthline.com/health/parenting/teaching-baby-to-crawl

Artikel Terkait

Lihat Semua