milestone-perkembangan-anak

Milestone Perkembangan Anak Menurut CDC & AAP Beserta Pembaruannya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog & Gianti Amanda, S.Psi, Mont. Diploma

Selain kesehatan anak, milestones perkembangan menjadi hal penting yang harus AyBun pantau setiap waktu. Milestones ini dapat membantu Ayah dan Bunda untuk memantau perkembangan anak. 

American Academy of Pediatrics (AAP) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) baru-baru ini memperbarui pedoman atau checklist terbaru untuk membantu Ayah dan Bunda mengidentifikasi keterlambatan perkembangan anak dan kemajuan dalam pertumbuhannya.

AAP dan CDC memperbarui pedoman ini sejak diluncurkan pada tahun 2005. Lalu, apa itu CDC dan APP, apa saja pembaruan milestones checklist yang harus Ayah dan Bunda tahu? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Milestone Perkembangan Anak

Milestone merupakan pencapaian tumbuh kembang anak, meliputi kemampuan fisik dan perilaku selama masa pertumbuhan dan perkembangannya. Seiring bertambahnya usia anak, kemajuan dalam perkembangan anak akan terus bertambah.

Namun, meski tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda, milestone anak dapat menjadi acuan bagi Ayah dan Bunda untuk memantau pertumbuhan anak berdasarkan rentang usia.

Apa itu CDC dan AAP

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC merupakan badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika yang berfungsi meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menyediakan informasi kesehatan dan melakukan kerja sama dengan departemen kesehatan lainnya. 

Salah satu organisasi yang bekerja sama dengan CDC adalah AAP. American Academy of Pediatrics (AAP) adalah asosiasi profesional pediatri atau dokter spesialis bayi dan anak.

CDC dan AAP bekerja sama dalam melakukan pembaruan dalam milestone perkembangan anak pada tahun 2022 agar Ayah dan Bunda dapat memantau perkembangan anak sekaligus mengetahui keterlambatan mereka selama pertumbuhannya.

Pembaruan Milestone CDC dan AAP

American Academy of Pediatrics (AAP) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah memperbarui milestone perkembangan anak pada tahun 2022. Ini merupakan pembaruan pertama pedoman sejak pertama kali rilis pada tahun 2005.

Dengan milestone ini, Ayah dan Bunda dapat mengidentifikasi perkembangan anak dan keterlambatan perkembangan anak mereka. Berikut ini merupakan milestone checklist terbaru dari CDC:Developmental Milestone Checklist for WIC - English

CDC dan AAP melakukan pembaruan agar Ayah dan Bunda mengetahui kondisi autimse anak lebih awal dan memberikan garis yang jelas untuk mengukur pencapaian dalam perkembangan anak. Mereka juga melakukan pembaruan dalam meningkatkan persentasi keberhasilan anak yang memenuhi milestone dari 50 persen menjadi 75 persen.

Selain itu, ada pembaruan lainnya yang dilakukan oleh CDC dan AAP, yakni sebagai berikut.

  • Menambahkan milestone checklist pada anak usia 15 dan 30 bulan;
  • Mengidentifikasi milestone sosial dan emosional tambahan (misalnya, tersenyum sendiri untuk menarik perhatian Ayah dan Bunda saat usia 4 bulan);
  • Menghapus bahasa yang tidak jelas seperti "mungkin" atau "dimulai" saat mengacu pada pencapaian tertentu;
  • Menghapus milestone yang duplikat;
  • Memberikan pertanyaan baru dan terbuka yang dapat dijawab oleh Ayah dan Bunda (misalnya, Apakah ada sesuatu yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh anak yang dapat mengkhawatirkan Ayah dan Bunda?);
  • Bahasa lebih sederhana.

Lalu, apa saja ya milestone perkembangan untuk anak usia 15 bulan?

  1. Bahasa
  • Berusaha ucapkan 1-2 kata lain selain panggilan Ayah Bunda
  • Mengikuti perintah verbal dan non-verbal (gestur) Misal: “Dik, beri Bunda mainannya” sambil Bunda menyodorkan tangan
  1. Motorik
  • Berjalan beberapa langkah secara mandiri
  • Menyuapkan makanan dengan jari untuk dirinya sendiri 
  1. Sosial-emosional
  • Meniru anak lain saat bermain
  • Tepuk tangan saat bersemangat
  • Menunjukkan kasih sayang: peluk, cium
  1. Kognitif
  • Mencoba menggunakan barang sesuai fungsinya, misal buku untuk dibaca
  • Menyusun 2 benda kecil misal balok

____________________________________________________________________________

Untuk lihat checklist lengkap terbaru, pantau dan cek selalu menu pencapaian atau milestone Tentang Anak di laman resmi CDC, ya! AyBun juga bisa download ceklisnya di link berikut ini: Developmental Milestone Checklist for WIC - English

Sumber:

Schering, Steve. “CDC, Tonggak Perkembangan Pembaruan AAP untuk Program Pengawasan.” Publications.aap.org, 8 Februari 2022. https://publications.aap.org/aapnews/news/19554/CDC-AAP-update-developmental-milestones_
Foto: Paxels.com

Ditinjau oleh:

Grace Eugenia Sameve, M.A, M.Psi, Psikolog & Gianti Amanda, S.Psi, Mont. Diploma

Artikel Terkait

Lihat Semua