Terapi garam

Efektifkah Salt Therapy untuk Atasi Masalah Pernapasan Anak?

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ganda Ilmana, Sp.A

Masalah pernapasan bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga pada si Kecil misalnya asma, masalah pernapasan akibat rokok hingga kondisi kulit eksim dan alergi. Salah satu cara untuk mengobatinya yaitu dengan melakukan terapi garam atau salt therapy.

Apa Itu Salt Therapy?

Terapi ini adalah pengobatan alami yang menggunakan garam kering untuk dihirup, biasanya dilakukan di dalam ruangan untuk mengobati alergi dan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara.

Bukan hanya itu, salt therapy mampu membantu meringankan gejala dengan meredakan peradangan pada saluran napas. Ia akan membuka saluran udara dan membersihkannya dari segala iritasi dan alergen memungkinkan anak-anak penderita croup bernapas lebih baik. Hal ini pada gilirannya membantu meringankan batuk yang terus-menerus dan melemahkan sehingga membantu mereka tidur lebih nyenyak.

Sejarah Salt Therapy

Terapi garam pertama kali ditemukan oleh dokter berasal dari Polandia tahun 1843 bernama Felix Boczkowski.

Ia menemukan bahwa orang-orang yang bekerja di tambang garam sangat sedikit mengalami masalah pernapasan daripada pekerja di bidang lain.

Kemudian, ia menghubungkan kejadian tersebut dengan aerosol garam yang dihirup para penambang. Waktu para pekerja menambang garam, partikel garam berukuran mikro tersebar ke udara.

Partikel mikro ini sangat mudah terhirup oleh para penambang. Dari sinilah ada keyakinan bahwa garam memang baik untuk kesehatan, terutama saluran pernapasan.

Seiring waktu, tempat penambangan garam pun banyak yang disulap menjadi tempat pengobatan terapeutik. Bahkan beberapa negara, misalnya di Polandia, Rusia, Belarusia, Rumanisa, Azerbaijan, Armenia, Slovakia, dan Ukraina secara terang-terangan melakukan hal ini.

Manfaat Terapi Garam

Garam memang mengandung antibakteri alami yang mampu menarik patigen, kotoran, dan polutan. Selain itu partikel garam bisa merangsang pergerakan silia yang akan membantu menjaga saluran pernapasan bersih. Pasalnya garam kering mampu menyedot kotoran, mengatur pH, dan meningkatkan bakteri baik pada kulit.

Dari penjabaran di atas terapi garam dapat mengobati infeksi paru-paru, infeksi tenggorokan, penyakit paru obstruktif, asma, radang, batuk pilek, bronkitis, alergi pernapasan, dan masalah pernapasan yang berhubungan dengan rokok.

Bagaimana Melakukan Salt Therapy

Yang perlu Ayah Bunda siapkan yaitu menyediakan garam bersih kering dan garam bersih yang basah. Untuk garam kering dapat dijadikan Haloterapi dengan bantuan mesin halogenerator untuk memecah garam yang bersirkulasi di dalam ruangan.

Sedangkan, garam basah Ayah Bunda bisa menerapkan saat si Kecil mandi dengan air, minum air asin, mengalirkan air asin lewat hidung, dan berkumur.

Penting juga dipertimbangkan sebagai terapi tambahan selain prosedur pengobatan standar antara lain pada asma, penyakit paru obstruktif kronik, psoriasis, dermatitis atopik. Selain itu, haloterapi mempunyai dampak positif terhadap perkembangan umum anak-anak karena meningkatkan pertumbuhan dan penambahan berat badan.

AyBun bisa gunakan aplikasi Tentang Anak untuk dampingi tumbuh kembang dan diskusi soal keluhan si Kecil bersama para Ahlinya. Unduh sekarang di Appstre/playstore!

Foto: Freepik

Sumber:
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28732433/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230823150841-255-989575/mengenal-salt-therapy-yang-dipakai-nikita-willy-untuk-tangkal-polutan

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33154632/
https://apcz.umk.pl/JEHS/article/view/40108

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8623171/

https://www.webmd.com/balance/what-is-halotherapy

https://www.webmd.com/balance/what-is-halotherapy

Artikel Terkait

Lihat Semua