Bayi ASI

Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir hingga Usia 1 Bulan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Ayudya Soemawinata, BMedSc (Hons)

Berapa porsi ASI yang ideal untuk bayi baru lahir? Pertanyaan ini kerap diajukan oleh ibu menyusui yang khawatir jika kebutuhan ASI bayinya tidak tercukupi. Secara medis memang terdapat takaran minimal yang direkomendasikan untuk bayi baru lahir. Namun, jumlah porsi ASI yang tepat untuk bayi baru lahir bisa sangat bervariasi, tergantung pada usia, berat badan, kondisi kesehatan, dan kebutuhan masing-masing bayi.

Selain menggunakan patokan yang direkomendasikan dokter anak, ibu menyusui juga bisa mengikuti tanda-tanda yang ditunjukan si kecil. Jika bayi terlihat lapar, rewel, atau tampak tidak puas setelah menyusu, mungkin bunda perlu mengevaluasi kualitas menyusui pada bayi atau meningkatkan frekuensi pemberian ASI. Sebaliknya, jika bayi terlihat kenyang atau tertidur saat menyusu, kemungkinan ASI yang diberikan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya. 

Untuk memberikan panduan bagi ibu yang baru pertama kali menyusui, artikel ini akan membahas kebutuhan ASI bayi baru lahir dalam satuan mililiter hingga frekuensi pemberiannya.

Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir dalam Mililiter (ml)

Banyak ibu menyusui yang khawatir karena produksi ASI sangat sedikit pada 5 hari pertama pasca-melahirkan. Padahal, kebutuhan ASI bayi di usia ini masih sangat sedikit. Alasannya selain karena ukuran lambung bayi yang masih sangat kecil, juga karena si kecil masih pada tahap belajar menyusu dan tubuh bunda juga masih beradaptasi untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang lebih banyak. Berikut ini adalah kebutuhan ASI bayi baru lahir hingga usia 1 bulan dalam mililiter:

1. Hari Pertama: 5-7 mL

Pada hari pertama setelah lahir, ukuran lambung bayi hanya sebesar kelereng, dan hanya dapat menampung sekitar 5-7 ml ASI atau hanya sebanyak 1 hingga 1 ½ sendok teh pada setiap pemberian.

2. Hari Ketiga: 22-27 mL

Pada hari ketiga, lambung bayi sudah membesar menjadi kira kira seukuran kelereng besar atau dapat menampung sekitar 22 hingga 27 ml ASI.

3. Hari Ketujuh: 45-60 mL

Setelah satu minggu, ukuran lambung bayi sudah sebesar bola pingpong atau dapat menampung sekitar 45 hingga 60 ml.

4. 1 Bulan

Setelah 30 hari, ukuran lambung bayi sudah menyerupai telur ayam atau dapat menampung ASI sebanyak 80 hingga 150 ml.

Frekuensi dan Lama Pemberian ASI

Seberapa sering sebaiknya ibu menyusui bayi baru lahir? Sebenarnya tidak ada ukuran pasti untuk pertanyaan tersebut. Sejumlah ahli meyakini bahwa frekuensi menyusui yang ideal untuk bayi usia 1 hari hingga 30 hari adalah 8-12 kali sehari. Namun, Kementerian Kesehatan memberikan batasan minimal pemberian ASI yakni 8 kali sehari dengan catatan bahwa berat badan bayi bertambah, urinnya berwarna kekuningan dan bayi buang air kecil minimal 6 kali sehari yang menandakan si kecil mendapatkan cukup ASI.

Bunda juga dapat melakukan eksperimen untuk mengetahui frekuensi pemberian ASI yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Selain itu, pastikan untuk rutin menyusui agar produksi ASI semakin meningkat.

Durasi menyusui dapat berbeda-beda. Namun, rata-rata bayi dapat menyusu selama 5-15 menit. Jika durasi menyusu berlangsung sangat lama (lebih dari 30 menit) atau sangat cepat (kurang dari 5 menit) bisa jadi merupakan pertanda masalah seperti kesulitan dalam melakukan pelekatan karena teknik menyusui yang tidak tepat atau karena kondisi kesehatan seperti tongue tie.

Untuk memastikan bayi mendapatkan asupan ASI yang tepat, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan panduan yang spesifik dan personal untuk bayi Anda, termasuk takaran dan frekuensi menyusui yang tepat berdasarkan usia, berat badan, kondisi kesehatan, dan kebutuhan masing-masing bayi. Dengan mendapatkan bimbingan yang tepat, ibu menyusui dapat memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang cukup dan mendukung perkembangan dan pertumbuhan yang optimal.

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/27/sudah-terampilkah-ibu-dalam-menyusui-bayinya

https://www.medela.us/breastfeeding/articles/how-much-breast-milk-does-a-baby-need

Artikel Terkait

Lihat Semua