manfaat-minyak-ikan-untuk-ibu-hamil

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Darrell Fernando, Sp.OG, MRCOG, MM, MARS, FICS

Minyak ikan dikenal dengan manfaatnya yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Termasuk melawan peradangan, menurunkan lemak darah,mengurangi tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL (jenis baik), menurunkan kolesterol LDL (jenis buruk), dan menurunkan tekanan darah.

Tapi, apakah benar minyak ikan dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi selama di kandungan apabila di konsumsi ibu hamil?  

Ada beberapa mitos yang terkait dengan minyak ikan untuk ibu hamil dan bayi. Misalnya seperti minyak ikan dapat mempercepat pertumbuhan bayi dalam kandungan atau mitos terkait kemampuan minyak ikan untuk membantu meningkatkan kecerdasan calon buah hati. Apakah mitos-mitos itu benar atau hanya mitos belaka?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang manfaat minyak ikan untuk ibu hamil di bawah ini!

Kegunaan Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil dan Kandungan

Ada banyak penelitian yang mencakup apa cara terbaik untuk membantu si Kecil berkembang dengan baik selama dalam kandungan. Dalam hal ini, asam lemak omega-3 hampir selalu muncul sebagai salah satu nutrisi penting untuk membantu janin berkembang menjadi bayi yang sehat dan bahagia.

Studi menunjukkan bahwa kandungan omega-3 pada minyak ikan dapat menawarkan sejumlah manfaat selama kehamilan, termasuk mendukung perkembangan otak dan mata pada bayi dan membantu mencegah kelahiran prematur. 

Menurut beberapa penelitian, omega-3 bahkan dapat membantu mengurangi gejala depresi pada wanita dengan depresi perinatal.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak ikan untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungannya:

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung dan otak bayi.
  2. Mencegah terjadinya gangguan perkembangan otak pada bayi.
  3. Meningkatkan kualitas Air Susu Ibu (ASI).
  4. Membantu menjaga kesehatan ibu hamil dengan mengurangi terjadinya kejang-kejang dan preeklampsia (komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi).
  5. Menjaga kesehatan jantung ibu hamil. 

Mitos Seputar Manfaat Minyak Ikan

Beberapa dari Ayah Bunda masih banyak yang mempercayai bahwa suplemen minyak ikan mampu mendukung kecerdasan si Kecil, tapi ternyata hal tersebut hanyalah mitos belaka!

Minyak ikan memang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang diekstrak dari ikan dan dianggap bermanfaat untuk dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak bayi, tetapi tidak untuk meningkatkan kecerdasan atau mempercepat pertumbuhan si Kecil.

Namun demikian, tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan, karena minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak bayi, meningkatkan sistem syarat, hingga mengurangi risiko prematur.

Oleh karenanya, Bunda yang sedang hamil bisa mengonsumsi minyak ikan sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil. Kebutuhan DHA (omega-3) harian ibu hamil sebanyak 200 mg, tapi ini tentunya bisa didapatkan dari sumber makanan lain seperti ikan laut dan telur atau dilengkapi dari suplemen.

Sementara itu, hal yang membuktikan suplemen minyak ikan dan kecerdasan anak adalah mitos yaitu studi terbaru dari tahun 2021 lalu. Studi tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hasil yang bermakna antara anak dari ibu yang mengonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dengan yang tidak.

Lalu, Apa yang Bisa dilakukan Ayah dan Bunda untuk Mendukung Kecerdasan Anak?

Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda tentu menginginkan pertumbuhan kecerdasan anak yang optimal. Namun, ini bukan hanya dengan memberikannya suplemen minyak ikan, tetapi perlu memastikan bahwa si Kecil mendapatkan:

  • Pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang sejak kehamilan
  • Usahakan ASI Eksklusif
  • Pemberian perhatian, kasih sayang, dan stimulasi yang tepat sesuai usia 

Alternatif Minyak Ikan 

Jika Bunda tidak suka atau tidak dapat mengonsumsi minyak ikan, Bunda tidak perlu khawatir! Karena Bunda tetap dapat memperoleh manfaat omega-3 dari beberapa alternatif lainnya. Beberapa alternatif tersebut antara lain:

1. Kandungan omega-3 dari makanan lain

Untuk Bunda yang tidak dapat mengonsumsi minyak ikan, maka Bunda dapat mengonsumsi makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

2. Suplemen omega-3

Selain itu, Bunda juga dapat mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 yang tersedia di pasaran. Sebelum mengonsumsi suplemen omega-3, pastikan untuk membaca label produk dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Minyak nabati

Bunda tahu tidak kalau ternyata omega-3 juga dapat diperoleh dari minyak nabati, seperti minyak kedelai, minyak biji rami, atau minyak zaitun.

4. Makanan laut

Sumber omega-3 lainnya adalah makanan laut. Bunda dapat mengonsumsi makanan laut lain yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, ikan sarden, dan tiram.

Perlu diingat bahwa ibu hamil perlu membatasi jumlah makanan laut yang dikonsumsi dan tidak boleh mengonsumsi jenis ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi, seperti ikan paus, ikan hiu, dan ikan tuna jenis albacore. 

Itu dia pembahasan lengkap tentang manfaat minyak ikan untuk ibu hamil dan si Kecil yang ada di dalam kandungan. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun konsumsi minyak ikan perlu dibatasi. Ini karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda terkait asupan asam lemak omega-3. 

Oleh karenanya, Ayah dan Bunda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jumlah minyak ikan yang sesuai untuk dikonsumsi Bunda.

Foto: www.pexels.com

Sumber: 

Gould JF, Roberts RM, Makrides M. The Influence of Omega-3 Long-Chain Polyunsaturated Fatty Acid, Docosahexaenoic Acid, on Child Behavioral Functioning: A Review of Randomized Controlled Trials of DHA Supplementation in Pregnancy, the Neonatal Period and Infancy. Nutrients. 2021; 13(2):415. https://doi.org/10.3390/nu13020415

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/

Ditinjau oleh:

dr. Darrell Fernando, Sp.OG, MRCOG, MM, MARS, FICS

Artikel Terkait

Lihat Semua