Inspirasi Nama Bayi Perempuan

85 Nama Bayi Perempuan untuk Inspirasi Ayah dan Bunda

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Sebagai orang tua, tentu saja ayah dan bunda menginginkan anak perempuannya kelak menjadi wanita yang cantik baik secara fisik maupun kepribadiannya. Karena nama biasanya mengandung doa, harapan dan keyakinan religius dari orang tua, memilih sebuah nama untuk bayi perempuan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. 

Bagi ayah dan bunda yang sedang pusing memilih nama untuk bayi perempuan, berikut ini adalah kumpulan nama bayi perempuan yang mewakili sejumlah faktor yang biasa dipertimbangkan orang tua untuk memilih nama mulai dari religi dan tradisi, hingga sisi lain seperti keindahan, kecantikan dan sifat-sifat manis yang cocok dengan kepribadian sang anak kelak.

Untuk memudahkan dalam memilih, artikel ini akan memilah daftar nama berdasarkan beberapa kelompok. Mari kita mulai dari kelompok terpopuler.

Nama Bayi Perempuan Terpopuler di Indonesia

Sebagai catatan, urutan nama-nama bayi perempuan berikut ini tidak menunjukkan peringkat popularitas karena peringkat bisa berubah-ubah setiap saat.

  1. Zahra
  2. Aisha
  3. Naura
  4. Zara
  5. Zoya
  6. Aulia
  7. Almira
  8. Arissa
  9. Anisa
  10. Aqila
  11. Ayra
  12. Bella
  13. Dania
  14. Dinda
  15. Farah
  16. Fathia
  17. Hana
  18. Inara
  19. Insya
  20. Jannah
  21. Kaila
  22. Kayla
  23. Keisha
  24. Kiana
  25. Kirana
  26. Laila
  27. Layla
  28. Medina
  29. Nada
  30. Nadia
  31. Najwa
  32. Naura
  33. Naya
  34. Rania
  35. Rayna
  36. Reyhan
  37. Rizka
  38. Salsabila
  39. Sari
  40. Siti
  41. Sofia
  42. Syifa
  43. Syifa Aulia
  44. Syifa Nur
  45. Syifa Zahra
  46. Tiara
  47. Zahira
  48. Zalfa
  49. Zara Sofia
  50. Zulaikha

25 Nama Bayi Perempuan Islami yang Cantik

Seperti sudah disebutkan di awal artikel, religi dan tradisi seringkali menjadi faktor pertimbangan dalam memilih nama bayi. Berikut ini ini adalah 25 nama bayi perempuan islami dan maknanya.

  1. Aisyah Nurul - kombinasi nama Aisyah yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "kehidupan" dan Nurul yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "cahaya".
  2. Anisa Zahra - kombinasi nama Anisa yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "sahabat baik" dan Zahra yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "putih, bersih".
  3. Farida Amalia - kombinasi nama Farida yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "unik" dan Amalia yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "perbuatan baik".
  4. Hana Aulia - kombinasi nama Hana yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "kemakmuran" dan Aulia yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "kepercayaan".
  5. Inaya Rizki - kombinasi nama Inaya yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "perhatian" dan Rizki yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "rezeki".
  6. Jihan Nurul - kombinasi nama Jihan yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "dunia" dan Nurul yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "cahaya".
  7. Lathifah Diniyah - kombinasi nama Lathifah yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "lemah lembut" dan Diniyah yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "agama"
  8. Nadia Fitria - kombinasi nama Nadia yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "diceritakan" dan Fitria yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "alam yang asli".
  9. Nurul Khoirunnisa - kombinasi nama Nurul yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "cahaya" dan Khoirunnisa yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "wanita yang baik".
  10. Siti Aisyah - kombinasi nama Siti yang berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "wanita" dan Aisyah yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "kehidupan".
  11. Aisha Fatima - Aisha berasal dari bahasa Arab yang berarti "hidup". Fatima adalah nama putri Rasulullah SAW yang berarti "wanita yang terpuji".
  12. Amira Zahra - Amira berarti "putri yang terhormat" dalam bahasa Arab. Zahra berarti "bintang" atau "cahaya".
  13. Aulia Farhana - Aulia berarti "teman dekat" atau "pengikut" dalam bahasa Arab. Farhana berarti "gembira" atau "bahagia".
  14. Ayu Azizah - Ayu adalah nama yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti "cantik" atau "menarik". Azizah berarti "yang dihormati" dalam bahasa Arab.
  15. Daniah Rania - Daniah berarti "dekat" atau "dekat kepada Allah" dalam bahasa Arab. Rania berarti "penguasa" atau "ratu" dalam bahasa Arab.
  16. Dara Fatimah - Dara berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "putri". Fatimah adalah nama putri Rasulullah SAW yang berarti "wanita yang terpuji".
  17. Dinda Aisyah - Dinda berasal dari bahasa Jawa yang berarti "putri". Aisyah adalah nama istri Nabi Muhammad SAW yang berarti "hidup" atau "panjang umur".
  18. Farah Nurul - Farah berarti "kegembiraan" atau "kebahagiaan" dalam bahasa Arab. Nurul berarti "cahaya" dalam bahasa Arab.
  19. Fauzia Humaira - Fauzia berarti "yang mendapat kebahagiaan" atau "yang diberkahi" dalam bahasa Arab. Humaira berarti "merah muda" dalam bahasa Arab.
  20. Hana Nabilah - Hana berarti "kebun yang indah" atau "kebun surga" dalam bahasa Arab. Nabilah berarti "yang mulia" atau "yang terkenal" dalam bahasa Arab.
  21. Indah Sari - Indah berasal dari bahasa Indonesia yang berarti "cantik" atau "indah". Sari berarti "pakaian" atau "busana" dalam bahasa Indonesia.
  22. Intan Rahma - Intan berarti "permata" atau "batu mulia" dalam bahasa Indonesia. Rahma berarti "belas kasih" atau "pengampunan" dalam bahasa Arab.
  23. Jannah Aulia - Jannah berarti "taman surga" atau "surga" dalam bahasa Arab. Aulia berarti "teman dekat" atau "pengikut" dalam bahasa Arab.
  24. Kautsar Laila - Kautsar berarti "sungai surga" dalam bahasa Arab. Laila berarti "malam" dalam bahasa Arab.
  25. Khadijah Alia - Khadijah adalah nama istri pertama Nabi Muhammad SAW yang berarti "yang awal". Alia berarti "yang tinggi" atau "yang mulia" dalam bahasa Arab.

10 Nama Bayi Perempuan Modern

Berikut ini daftar nama bayi perempuan modern yang cocok dijadikan sebagai nama anak.

  1. Adelia - berasal dari kata "adel" yang dalam bahasa Jerman berarti "mulia".
  2. Amanda - berasal dari kata "amandus" dalam bahasa Latin yang berarti "yang dapat dipercayai".
  3. Bella - berasal dari kata "belle" dalam bahasa Prancis yang berarti "indah".
  4. Celine - berasal dari kata "celle" dalam bahasa Prancis yang berarti "surgawi".
  5. Dara - berasal dari bahasa Sanskrit yang berarti "putri".
  6. Elisa - berasal dari nama Elizabeth yang berarti "Allah adalah sumpahku" dalam bahasa Ibrani.
  7. Fiona - berasal dari kata "fionn" dalam bahasa Gaelik yang berarti "putih".
  8. Giselle - berasal dari bahasa Jerman yang berarti "sinar matahari".
  9. Keisha - berasal dari bahasa Swahili yang berarti "hidup".
  10. Maya - berasal dari bahasa Sanskrit yang berarti "ilusi".

Foto: Jonathan/ Pexels

Artikel Terkait

Lihat Semua