pencapaian bayi 6 bulan

Pencapaian Penting Bayi 6 Bulan yang Wajib Dipantau Ayah Bunda

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Tak terasa, sudah setengah tahun si kecil hadir di tengah-tengah ayah-bunda. Meskipun tantangan yang harus dihadapi selama 6 bulan terakhir tidak mudah, kehadiran si kecil tentu saja membawa kebahagiaan yang sangat besar bagi ayah-bunda sekeluarga, terlebih di bulan ini akan ada pencapaian-pencapaian penting yang menandai pertumbuhannya yang positif.

Tidak hanya tertawa dan bubbling, di usia 6 bulan bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan dalam waktu yang singkat. Mereka juga mulai mengkonsumsi makanan padat. Di malam hari, si kecil juga akan tidur lebih pulas dan lebih lama, sehingga kualitas tidur ayah-bunda juga semakin membaik.

Artikel kali ini akan fokus membahas perkembangan bayi 6 bulan, pencapaian penting yang akan diraih si kecil di usianya yang sekarang dan berbagai informasi penting yang harus diketahui ayah-bunda. Nah, untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut, yuk baca artikel selengkapnya.

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, di usianya sekarang, sekitar 75% bayi mampu melakukan sejumlah pencapaian penting berikut ini:

1. Pencapaian Sosial / Emosional

  • Bayi sudah mengenali wajah yang familiar seperti ayah-bunda serta orang terdekat yang berada di sekitarnya. Dia juga sudah bisa membedakan wajah yang familiar dan orang asing.
  • Pada usia 6 bulan, bayi Anda akan lebih sering tertawa dibandingkan saat mereka berusia 3-4 bulan. Tertawa adalah bagian dari perkembangan sosial dan emosional bayi, dan sering kali menjadi tanda bahagia dan kegembiraan.

2. Pencapaian Bahasa / Komunikasi

  • Memasuki 6 bulan pertamanya, si kecil sudah dapat mengenali namanya sendiri dan merespon ketika ayah-bunda memanggil namanya.
  • Blowing raspberries adalah ketika bayi mengeluarkan suara dengan menjulurkan lidah mereka ke luar mulut dan meniup udara melalui bibir pada saat bersamaan. Kebiasaan ini merupakan bagian dari perkembangan bicara dan kemampuan motorik halus bayi yang membantunya mengembangkan otot-otot bibir, mulut, dan lidah.

3. Pencapaian Kognitif

  • Saat sudah kenyang atau tidak ingin makan, bayi sudah belajar untuk menutup mulut dengan merapatkan bibirnya.
  • Mengambil mainan atau benda benda yang menarik minat dengan tangannya.
  • Memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya.

4. Pencapaian Perkembangan Fisik

  • Pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat berguling dari posisi terlentang ke posisi tengkurap atau sebaliknya.
  • Bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan orang dewasa dan bertumpu hanya dengan kedua tangannya.

Stimulasi Bayi Usia 6 Bulan

Perlu diingat bahwa setiap bayi berkembang dengan kecepatan berbeda. Jika bayi Anda belum mencapai beberapa milestone di atas terdapat sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kemampuan bayi. Berikut ini adalah contoh aktivitasnya:

1. Membacakan Buku

Selain bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan pendengarannya, membacakan buku untuk si kecil dapat mengasah kemampuan motorik halusnya. Saat membacakan buku, lakukanlah dengan perlahan dan pastikan untuk menambahkan emosi dan gestur saat membaca seperti tertawa, terkejut dan lain sebagainya untuk membuat aktivitas membaca jadi lebih punya interaksi.

2. Bernyanyi

Untuk mengasah kemampuan pendengaran dan bahasanya, ayah-bunda juga bisa menyanyikan lagu untuk si kecil. Nyanyikan lagu saat aktivitas tertentu seperti saat memandikan si kecil. 

3. Bermain Pesawat-pesawatan

Aktivitas selanjutnya yang dapat menstimulasi bayi Anda adalah dengan bermain pesawat-pesawatan. Namun, aktivitas ini harus dilakukan dengan hati-hati ya ayah-bunda. Caranya dengan menaruh bayi pada posisi tengkurap di kedua tangan Anda dan mengangkat serta menurunkannya secara lembut dan perlahan. Permainan ini dapat menstimulasi otot otot di seluruh tubuh bayi.

4. Bermain Gelembung Sabun

Bermain gelembung sabun dapat membantu mengasah kemampuan penglihatan dan konsentrasi si kecil. Ayah-bunda bisa membeli mainan gelembung sabun di toko mainan offline maupun online.

5. Bermain Cilukba

Tidak hanya menyenangkan bagi si kecil, bermain cilukba dapat membantu perkembangan motorik bayi. Permainan ini juga efektif untuk mengasah kemampuan kognitif bayi atau kemampuannya dalam berpikir, mengingat, membayangkan serta mengumpulkan dan mengatur informasi.

Itulah sejumlah aktivitas dan permainan untuk menstimulasi bayi usia 6 bulan. Bermain dan membaca buku memang menyenangkan bagi si kecil sekaligus bermanfaat bagi perkembangannya. Yuk, lakukan stimulasi secara berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Foto: Designed by Freepik

Sumber:

https://parenting.firstcry.com/articles/development-boosting-6-month-old-baby-activities/

https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-6mo.html

Artikel Terkait

Lihat Semua