Tidak Asal Sentuh Bayi

Tidak Asal Sentuh, Perhatikan Ini saat Ketemu Bayi di Kumpul Lebaran

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Hampir semua orang pasti sangat senang akan betemu bayi kecil yang menggemaskan. Ingin rasanya orang-orang menyentuh atau memegang bahkan mencium pipi bayi. 

Namun, bukan berarti Ayah Bunda bisa melakukan dan memperbolehkan orang lain menyentuh, mencium, atau menggendong bayi dengan bebas. Sebab ada risiko kesehatan saat bayi berkontakan dengan orang dewasa. Faktanya, menyentuh dan mencium bayi yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna bisa meningkatkan risiko tertular virus meningitis, penyakit kulit, simplex, dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Selain menyentuh dan menciumnya simak 4 hal yang perlu diperhatikan saat bertemu bayi

1.Tidak Asal Sentuh& Cium Bayi

Ketika momen kumpul lebaran dan bertemu bayi yang menggemaskan jangan sekali-kali Ayah Bunda coba menghibur dengan menyentuh bahkan mencium, karena kita tidak pernah tahu kondisi kulit bayi tersebut. Apabila Ayah Bunda ingin sekali menyentuh misalnya bayi keponakan mintalah persetujuan dari orang tuanya. Namun, memang dianjurkan tidak menyentuh sama sekali karena kuman yang ada di kulit AyBun bisa berpotensi pindah ke kulit bayi.

2. Jangan Sembarang Mengambil Gambar Bayi

Mengabadikan momen dengan kamera baik handphone maupun kamera merupakan hal yang lazim bagi kebanyakan orang, tak terkecuali mengambil gambar sosok bayi yang ingin terus dilihat. Tapi, tahukah AyBun tidak semua orang tua senang anaknya diabadikan dengan kamera, jadi penting untuk Ayah Bunda perhatikan hal ini dan harus mendapatkan izin upload.

3. Tidak Mencoba Menggendong Bayi

Untuk mencegah hal-hal yang berbahaya pada bayi Ayah Bunda selain tidak menyentuh dan mencium, yaitu tidak mencoba menggendong bayi karena kita tidak tahu apakah bayi tersebut nyaman, atau ada kondisi tubuh yang sedang ia rasakan, atau bahkan belum terbiasa bertemu orang baru bisa saja ia tantrum. 

4. Jangan Beri Makanan & Minuman

Anak yang sudah bisa makan mendorong Ayah Bunda ingin memberikan mereka makanan seperti camilan, kue, permenm, dan susu. Termyata hal ini sebaiknya tidak dilakukan ya AyBun, karena bisa jadi makanan atau minuman yang AyBun berikan tidak dapat dimakan oleh si Kecil. Ayah Bunda juga tidak terpikirkan misal anak tersebut memiliki alergi tertentu pada makanan, atau makanan itu belum sesuai usianya hingga mungkin menyebabkan ia sakit.

Nah, gimana Ayah Bunda sudah siapkan keempat hal tersebut sebelum ketemu bayi, selain itu untuk tahu tentang kesehatan bayi bisa cek di sini!

Foto: Designed by freepik

Sumber:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/anjani-eka-lestari/etika-ketika-bertemu-bayi-di-tempat-umum?page=all

Artikel Terkait

Lihat Semua